,

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencicipi Makanan Lokal Saat Liburan

Kalau traveling ke suatu tempat, aktivitas apa yang pertama kali kamu masukkan ke dalam itinerary, sobat tiket? Apakah kamu lebih suka buat berkeliling melihat spot unik, ataukah kamu malah menghabiskan list itinerary kamu dengan makan-makan alias kulineran? Hmm…

Sebenarnya nggak ada salahnya kok kalau kamu memasukkan “kulineran” sebagai salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat traveling ke suatu tempat. Bahkan bisa dibilang kalau kamu malah wajib untuk icip-icip makanan lokal saat liburan ke destinasi tersebut, sobat tiket.

Nah, kamu tahu nggak, apa alasan kamu harus mencicipi makanan lokal saat liburan ke suatu tempat? Kalau belum tahu kenapa, berikut ini alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan lokal saat liburan. Cek kuy apa aja daftarnya!

Ini nih alasan mengapa kamu harus meluangkan waktu dan bujet kamu untuk kulineran atau sekadar icip-icip makanan lokal di destinasi tujuan.

5 Alasan Harus Mencicipi Makanan Lokal Saat Traveling

1. Kamu Harus Mencicipi Citarasa Asli

Alasan Harus Mencicipi Makanan Lokal saat Traveling - Ayam Taliwang
Cicipi ayam taliwang saat jalan-jalan ke Lombok.

Sobat tiket, kamu pastinya pernah mendengar ada yang ngomong, “Ah, ngapain jauh-jauh ke sana, di sini juga ada kalau mau makan makanan khas daerah itu, kok.”

Eits, tunggu dulu! Sekalipun di kotamu ada makanan khas daerah tertentu, bisa aja ada perbedaan rasa meskipun hanya sedikit.

Misalnya nih, di kota kamu ada warung makan ayam taliwang, bisa aja citarasanya nggak sama persis dengan ayam taliwang di daerah asalnya, Lombok.

Bukannya lebih asik kalau kamu udah pernah ngerasain dua-duanya, yaitu ayam taliwang di kotamu plus yang ada di Lombok sana?

Kalau kayak gini, makin banyak yang bisa kamu ceritakan tentang pengalaman kuliner kamu, tentunya!

2. Banyak Makanan Lokal yang Mulai Langka

Alasan Harus Mencicipi Makanan Lokal Saat Traveling - Jalan-jalan di Indonesia
Berburu kuliner lokal bisa jadi pengalaman mengasyikkan.

Nggak semua makanan lokal bisa kamu temukan dengan mudah. Ada lho makanan lokal yang untuk menemukan penjualnya pun, kamu harus berjuang habis-habisan menerjang panas maupun hujan. Eaaa!

Misalnya nih, kamu sedang penasaran dengan kuliner pecel semanggi khas Surabaya. Kuliner yang terbuat dari sayur semanggi yang direbus dengan bumbu rebusan ketela rambat, gula merah, petis, dan kacang tanah ini, sekarang udah mulai langka di Surabaya.

Makanya nih, kamu harus bener-bener siap siaga untuk meluangkan waktu mencicipi makanan lokal langka seperti pecel semanggi Surabaya ini saat traveling.

Biar apa? Biar nggak nyesel pastinya.

3. Mencoba Hal Baru

Alasan Harus Mencicipi Makanan Lokal Saat Traveling - Jajanan Pasar
Udah pernah nyobain semua kue ini belum?

Memang sih, nggak semua kuliner di destinasi tujuan pasti akan cocok dengan lidahmu. Apalagi kalau kamu traveling jauh dari kampung halaman. Kemungkinan bahwa penduduk setempat memiliki selera yang berbeda dengan penduduk di daerahmu bisa saja terjadi.

Namun, kamu perlu ingat bahwa bukan hanya citarasa lezat yang harus kamu cari saat liburan ke suatu tempat, sobat tiket. Mencicipi rasa makanan lokal baru yang bahkan kadang namanya saja belum pernah kamu dengar, pasti akan jadi cerita tersendiri untuk kamu bawa pulang.

Eh, tapi ingat ya. Berhubung kamu bisa saja belum tahu makanan atau minuman apa yang bakal terhidang di depanmu, setidaknya kamu harus bertanya dulu pada penjual atau pelayan di tempat makan yang kamu datangi.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jika ternyata ada bagian dari komposisi dari makanan lokal tersebut yang bisa membuatmu alergi. Tetap teliti, ya!

4. Bisa Dibawa untuk Oleh-oleh

Alasan Harus Mencicipi Makanan Lokal Saat Traveling - Serabi Solo
Serabi Solo bisa jadi oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Beberapa makanan lokal baik kering maupun basah bisa dibawa jadi oleh-oleh. Misalnya nih, kalau kamu traveling ke Solo, ada serabi Solo yang terkenal banget dan wajib kamu cicipi.

Nah, pasti bakalan lebih lengkap kan pengalaman liburanmu jika kamu juga membawa oleh-oleh makanan lokal berupa serabi Solo untuk dibawa buat keluarga di rumah. Jadi, nggak cuma kamu aja yang bisa mencicipi kelezatannya.

Keluarga atau teman-temanmu yang menunggumu pulang, bisa ikutan senang dan kenyang juga!

5. Alasan Paling Mudah: Biar Nggak Lapar!

Alasan Harus Mencicipi Makanan Lokal Saat Traveling - Jalan-jalan
Jadi laper, nih…

Alasan ke-5 ini boleh dimasukkan atau boleh di-cut aja dari daftar 5 alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan lokal saat traveling.

Ya namanya juga jalan-jalan, pastinya kamu membutuhkan banyak energi agar bisa tetap keliling-keliling tanpa merasa lemah, lesu, dan lunglai. Makanya, kamu harus makan makanan lokal juga biar tenagamu tetap terisi. Hehehe!

Eh tapi kamu perlu tahu juga kalau rahasia nggak letih saat liburan itu bukan cuma cukup asupan nutrisi aja. Kamu juga harus pintar-pintar memilih alat transportasi agar bisa mengeksplorasi destinasi wisata tujuan kamu tanpa skip!

Untuk itu, pesan sewa mobil di tiket.com bisa jadi pilihan terbaikmu.

Pesan Sewa Mobil di tiket.com untuk Liburan Serumu

Sebagai salah satu Online Travel Agent (OTA), tiket.com menyediakan tiket pesawat, hotel, sewa mobil, dan tiket hiburan. Untuk keliling menjelajahi destinasi liburanmu, kamu bisa pesan sewa mobil via website maupun aplikasi tiket.com.

Selain itu, tiket.com juga punya banyak promo menarik untuk membuat liburanmu lebih hemat dan seru. Makanya, sewa mobil sekarang di tiket.com untuk liburanmu selanjutnya!

Baca juga artikel destinasi wisata kuliner di Indonesia biar bisa makin puas jalan-jalan sambil kulineran.