,

Melakukan Aktivitas Seru di Karimunjawa, Surga Kepulauan di Utara Pulau Jawa

Kalau di Kalimantan ada Kepulauan Derawan yang sangat memikat, maka di Jawa Tengah atau tepatnya di Jepara ada Kepulauan Karimun Jawa. Kawasan yang terletak di utara Pulau Jawa ini ternyata menyimpan pesona wisata yang luar biasa. Sobat Tiket bakal takjub dengan keindahan laut dan pulau-pulau yang dikelola dengan sangat apik.

Saat ini Kepulauan Karimunjawa sudah menjadi kawasan wisata laut yang dikenal oleh banyak wisatawan dunia. Setiap hari selalu ada traveler yang datang untuk menelusuri semua keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Kalau kamu juga ingin menikmati Karimun Jawa, beberapa hal menarik ini bisa kamu coba lakukan di sana. Sudah siap?

1. Berenang Bersama Hiu
Iya dong, buat apa jauh-jauh menjelajahi Laut Jawa bagian utara kalau tidak ingin berenang dengan Hiu. Di kawasan Karimun Jawa kamu bisa menemukan banyak sekali kolam penangkaran hiu yang dikelola oleh penduduk setempat. Biasanya, banyak wisatawan mendatangi tempat ini untuk sekadar melihat hiu atau menguji nyali dengan menceburkan diri di tengah kolam yang banyak hiunya.

Kolam hiu
Via @evanipertika

Kalau kamu ingin menguji nyali dengan berenang bersama hiu, usahakan agar tubuh tidak memiliki luka. Jangan ragu dan membuat gerakan aneh yang memancing hiu untuk mendekat. Terpenting dari semua, perhatikan arahan dari para pengelola agar kamu tidak mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan. Tapi tenang saja, Sobat Tiket, hiu di kawasan ini kabarnya masih tergolong ramah dan jinak, kok.

2. Snorkeling
Apalagi yang dicari ke Karimunjawa kalau tidak snorkeling di dalam air laut yang sangat jernih. Kalau kamu berwisata ke sini, empat spot snokeling bisa kamu dapatkan dengan mudah. Pertama ada di sekitaran Pulau Kecil, lokasi pulau ini berada di sebelah timur daratan utama Karimun Jawa. Di kawasan ini kamu bisa mendapatkan terumbu karang indah dan ikan warna-warni yang selalu berenang dengan bergerombol.

Snorkeling
Via @inekedesitarius

 

Spot selanjutnya adalah Pulau Tengah, di sini kamu bisa menemukan ragam biota laut memikat dan di pulau utama ada penangkaran hiu jenis Black Tip. Spot snorkeling selanjutnya yang akan membuatmu betah adalah Pulau Cemara kecil yang berada di barat dan Pulau Menjangan Kecil yang bisa dijangkau dengan kapal selama 20 menit.

3. Camping
Mengunjungi Karimun Jawa tentu tidak akan cukup hanya dengan 1 hari saja. Biasanya traveler menghabiskan 3-4 hari untuk bisa menjelajahi semua keindahan yang susah sekali untuk dijelaskan. Kalau kamu ingin menikmati kepulauan nan eksotis ini dengan berkemah atau camping, ada baiknya untuk membawa peralatan berkemah yang lengkap agar bisa tidur di pinggiran pantai yang indah.

Camping
Sumber

Di kawasan Karimun Jawa kamu bisa menemukan banyak sekali spot yang indah untuk camping. Yang diperlukan hanyalah kemampuan membangun tenda, masak, dan juga tahan angin pantai yang kadang besar. Kalau hal ini bisa kamu lakukan, seminggu di sana pun tidak masalah.

4. Kuliner Seru
Datang ke tempat baru belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner lokal yang kadang sangat unik dan rasanya nikmat. Di Karimun Jawa pun demikian, kamu bisa mencoba banyak makanan yang nikmat yang dimasak oleh penduduk lokal secara tradisional hingga rasa yang didapatkan benar-benar sempurna.

lontong krubyuk
Via @wndyhtbri :

Di sini kamu bisa mendapatkan pindang serani yang ikannya diolah dalam keadaan segar. Selanjutnya ada juga lontong krubyuk yang hanya bisa ditemui di sini dan yang terakhir ada juga tongseng cumi yang bisa membuatmu menghabiskan nasi satu bakul. Berani nguliner seru di Karimun Jawa?

5. Menjelajah Hutan Bakau dan Trekking
Hal terakhir yang bisa kamu lakukan di Karimun Jawa setelah empat pin di atas dan jalan-jalan di pasir putih adalah menjelajahi hutan mangrove (bakau). Kawasan Karimun Jawa banyak sekali menyimpan mangrove yang di dalamnya menyimpan banyak sekali flora seperti burung, kepiting, ular, dsb.

Mangrove
Via @gungmblung :

 

Selain menjelajahi mangrove, kamu juga bisa trekking tipis-tipis tapi seru di dua bukit yang cukup tinggi. Nama bukit yang bisa kamu jelajahi adalah Bukit Tengkorak dan Bukit Gajah. Oh ya, sebelum melakukan penjelajahan usahakan mengusap krim anti nyamuk pada kulit agar tidak diserbu oleh ribuan nyamuk di sekitaran hutan pesisir ini.

Inilah lima hal yang bisa Sobat Tiket lakukan di Kepulauan Karimunjawa yang sangat memikat. Bagaimana, siap mengunjungi kepulauan yang eksotis ini nggak?