, ,

Mau Pergi Keliling Dunia? Ada Baiknya Simak Tips Ini Dulu

Nggak cuma Jackie Chan dan Sherina yang punya impian pergi mengelilingi dunia. Hampir setiap orang di muka bumi ini pasti pernah punya impian untuk pergi mengelilingi dunia, meskipun hanya sekadar ingin. Rasanya hampir setiap manusia pernah punya rasa penasaran akan budaya di belahan dunia yang berbeda, atau mencoba makanan asli langsung di negara asalnya.

Apapun alasannya, berkeliling dunia itu perlu persiapan yang matang. Nggak cuma persiapan mental, tapi juga kendala teknis dan hal lainnya yang bisa jadi diluar perkiraanmu. Nah, Sobat Tiket, jika kamu benar-benar ingin pergi keliling dunia, supaya kamu lebih siap, simak dulu tips berikut ini yuk.

1. Cobalah Bersabar Setiap Saat
Nggak semua hal terlaksana sesuai rencana. Bahkan seringkali terjadi hal diluar dugaanmu. Sayangnya, kebanyakan dari kita sering mengalami kepanikan jika itu terjadi menimpa kita. Untuk itu, cobalah untuk belajar bersabar dan berpikiran jernih dalam setiap situasi.

delayed
Via Travelsort

Faktanya, kepanikan hanya membuat keadaan semakin kacau dan membawa dirimu tersesat lebih jauh.

2. Buatlah Daftar Untuk Segalanya
Mencatat itu nggak pernah menjadi sebuah kesalahan. Jadi, catatlah semua hal mulai dari daftar barang bawaan, hingga kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan. Hal ini pastinya akan membuat kegiatanmu lebih teratur, dan bukan tidak mungkin kamu justru bisa lebih menghemat biaya.

BucketList

Membuat daftar yang rapi juga bisa membuatmu lebih teliti dan membantumu menangkap momen terbaik dalam setiap perjalananmu.

3. Pelajari Bahasa Warga Lokal
Nggak semua tempat dihuni oleh penduduk berbahasa Inggris, dan tersesat itu nggak seseru iklan National Geographic. Jadi, ada baiknya kamu mencoba mempelajari kalimat-kalimat dasar dalam bahasa lokal seperti “terima kasih”, “permisi”, dan perkenalan nama. Setidaknya hal itu cukup membantumu diterima di setiap wilayah yang kamu singgahi.

bule
Via clubmozambique.com

Meskipun tidak semuanya, tapi kebanyakan warga lokal akan menerima orang asing yang mampu berbicara bahasa mereka.

4. Siapkan Copy Dokumen Pentingmu
Namanya berpergian ke luar negeri, tentunya banyak hal berbeda yang akan kamu temui. Terutama soal administrasi. Nah, supaya nggak tersangkut masalah administrasi yang pastinya merepotkan, ada baiknya kamu menyediakan copy dokumen pentingmu seperti paspor dan KTP. Sekadar untuk jaga-jaga jika seandainya dokumen yang asli hilang di jalan.

passport
Via KunalTravel.com

Jangan sampai karena dokumen ini, perjalananmu menjadi terganggu. Nggak seru kan.

5. Selalu Membeli Travel Insurance
Ini hal yang penting jika kamu berpergian keliling dunia. Nggak harus keliling dunia, sih. Intinya setiap kamu berpergian jarak jauh, ada baiknya membeli travel insurance dalam setiap perjalananmu. Selain perjalananmu lebih tenang, keluargamu juga terlindungi seandainya hal paling buruk terjadi padamu.

socmed-blog-banner-610x319
Tiket.com Travel Insurance

Kebanyakan travel agent sekarang menyediakan pilihan asuransi perjalanan, kok. Salah satunya Tiket.com. Bahkan caranya gampang banget, hanya tinggal klik.

Bagaimana, Sobat Tiket? Siap untuk menjelajahi dunia?