, ,

Mau Jadi Penyelam? Perhatikan Dulu 5 Hal Dasar Ini

Alam bawah laut itu memang menyimpan keindahan yang luar biasa. Nggak cuma indah, alam bawah laut juga menyimpan segudang misteri yang belum terpecahkan. Ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk menikmati alam bawah laut, salah satunya adalah dengan menyelam. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan hal itu. Meskipun bagi sebagian orang, menyelam itu bisa dilakukan kapan saja dan mendadak, namun tetap saja menyelam itu seharusnya butuh persiapan.

Sobat Tiket, kamu bisa saja merasa lebih jago dari Michael Phelps soal berenang, tapi tetap saja kamu itu bukan titisan Dewa Poseidon, sang penguasa laut dalam mitologi Yunani. Jadi, pastinya kamu tetap butuh persiapan yang matang jika kamu ingin melakukan kegiatan ini.

Di dunia ini, banyak tempat-tempat indah yang bisa kamu datangi untuk pergi scuba diving. Nah, di manapun lokasi yang kamu pilih, supaya kegiatan menyelam kamu makin asyik dan nggak mengorbankan keselamatanmu, lebih baik pahami dahulu hal dasar yang harus dilakukan untuk menjadi seorang penyelam. Apa saja yah?

1. Kenali Perlengkapannya
Jika kamu ingin menjadi penyelam, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berkenalan dengan perlengkapannya terlebih dahulu. Ya, meskipun kelihatannya sederhana, namun menyelam yang aman itu sesungguhnya perlu perlengkapan yang cukup banyak.

gambar-alat-scuba-diving
Via cintalaut.com

Ada banyak perlengkapan yang dibutuhkan dalam proses menyelam. Mulai dari tabung udara, regulator, hingga masker khusus yang digunakan. Dengan berkenalan dan memahami kebutuhan masing-masing perlengkapan, kamu bisa menyelam dengan lebih tenang dan tahu perlengkapan apa yang harus dipakai dalam keadaan tertentu.

2. Pahami Teknik Dasarnya
Menyelam dan berenang di kolam renang itu merupakan kegiatan yang sangat berbeda. Selain jangkauan kedalaman yang berbeda, menyelam di laut juga memiliki kandungan air serta tekanan yang berbeda. Untuk itu, ada baiknya kamu mempelajari beberapa teknik dasar menyelam.

teknikpernafasan
Via loop.co.id

Yang paling mendasar adalah teknik bernapas dengan masker. Saat menyelam, penting untukmu bernapas perlahan dan mendalam. Selain itu, teknik mengayun pada kaki juga sedikit berbeda dengan berenang biasa. Saat menyelam, gerakan kaki lebih ditekankan pada gaya dorongan kaki, bukan kencangnya kibasan kaki.

3. Tenangkan Pikiran
Banyak dari kita yang takut dan grogi saat melakukan kegiatan menyelam untuk pertama kali. Tidak hanya menyelam, bahkan ada beberapa orang yang sangat grogi saat pertama kali melakukan snorkeling. Akibatnya, tidak hanya banyak air yang masuk ke mulut dan hidungmu, tapi keseimbanganmu juga menjadi goyah dan itu cukup membahayakan.

nyelamkursus
Via Scubafroggy

Maka dari itu, ketenangan dan kesiapan mental sangatlah dibutuhkan. Buatlah dirimu nyaman dan yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja.
4. Kenali Batasanmu
Kamu sangat ingin pergi menyelam, namun kondisi kamu tidak memungkinkan? Ada baiknya menunda dulu keinginanmu, Sobat Tiket. Pergi menyelam bukan satu-satunya hal keren yang bisa kamu lakukan, kok. Jadi, sebelum pergi menyelam, alangkah baiknya kamu memahami batasan yang ada pada dirimu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

diveve
Via divetulamben.com

Karena semangat saja belum cukup, Sobat Tiket. Terkadang ada hal diluar kendali kita yang tidak bisa kita lawan.

5. Ikut Tes Sertifikasi
Diantara semua hal dasar yang harus dilakukan, ini adalah hal yang paling penting. Kenapa? Karena dengan memiliki sertifikat penyelam, kamu bisa melakukan kegiatan menyelam di manapun kamu mau.

balidive
Via Baliocean.com

Jangan sampai kamu sudah mempelajari segala hal tentang menyelam, namun kamu lupa untuk memiliki sertifikat menyelam. Percuma kan, sudah jago menyelam tapi nggak bisa menyelam.

Jadi, bagaimana, kapan nih kita pergi menyelam bareng, Sobat Tiket?