Kuliner Osaka

,

10 Makanan Khas yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan di Osaka

Sebagai salah satu destinasi paling favorit di Jepang untuk liburan, Osaka juga punya julukan sebagai destinasi surga wisata kuliner. Di sini kamu bisa memanjakan perut dengan pilihan menu makanan yang sangat beragam.

Dari sekian banyak alasan orang pergi liburan ke Osaka, kuliner menjadi salah satu alasan kuat untuk itu. Nah, kali ini tiket.com mau kasih beberapa rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba selama kamu sedang liburan di Osaka.

Kuliner yang Wajib Dicicipi di Osaka

Osaka adalah kota yang sangat besar di Jepang. Pilihan makanannya juga ada sangat banyak. Agar kamu nggak kebingungan memilih kuliner apa untuk dicicipi, kamu bisa lihat contekan di bawah ini sebagai panduanmu.

1. Sushi & Sashimi

Sushi & Sashimi

Sushi & Sashimi memang makanan paling terkenal yang berasal dari Jepang. Karena itu kamu pun nggak boleh melewatkan menu makanan yang satu ini. Apalagi Osaka menjadi kota yang memiliki salah satu pasar ikan terbesar yang ada di Jepang.

Meskipun kamu bisa dengan mudah menemukan restoran sushi di berbagai penjuru dunia, pastinya nggak akan ada yang ngalahin keaslian rasa makanan ketika kamu menyantapnya di daerah asalnya.

2. Ramen

Ramen

Ramen menjadi salah satu makanan yang paling penting bukan hanya di Osaka, namun di seluruh Jepang. Banyak sekali orang Jepang yang rela mengantri panjang untuk bisa mencicipi ramen yang disajikan di restoran tertentu.

Mie yang digunakan sebagai bahan untuk ramen biasanya dibuat menggunakan gandum. Ditambah dengan racikan kuah yang tepat, semangkok ramen yang disajikan di depanmu pasti sudah bisa tercium kelezatannya.

3. Kari Jepang

Kari Jepang

Berbeda dengan kari yang sering kamu makan di Indonesia, kari khas Jepang ini kuahnya lebih gelap dan kental. Ada banyak sekali cara untuk menyajikan kari, namun yang paling populer adalah kari disajikan bersama udon atau nasi hangat.

Di Jepang, kari menjadi pilihan makanan yang bisa kamu santap kapanpun, entah itu untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Osaka tentu saja bisa jadi pilihan tempat yang tepat untuk mencicipi cita rasa khas ini.

4. Takoyaki

Takoyaki

Takoyaki juga menjadi makanan yang wajib banget kamu cicipi di Osaka. Makanan ini merupakan adonan berbentuk bulat seukuran bola golf yang didalamnya diisi dengan potongan daging gurita.

Bukan hanya sangat terkenal di Osaka saja, tapi juga terkenal di berbagai penjuru dunia. Kamu nggak akan kesulitan menemukan tempat makan yang menyajikan takoyaki di Osaka. Bahkan beberapa tempat makan itu tidak pernah sepi oleh pengunjung.

5. Oden

Oden

Oden sangat terkenal sebagai makanan yang lebih sering disajikan ketika musim dingin tiba. Makanan ini terdiri dari banyak kombinasi bahan yang dimasak dengan kuah. Pastinya sangat nikmat disajikan hangat ketika udara sedang dingin.

Satu hal yang menarik adalah, makanan ini disajikan oleh berbagai vendor mulai dari restoran berkelas hingga yang ada di pinggir jalan. Bahkan kamu juga bisa membeli oden di beberapa minimarket yang ada di Osaka.

6. Yakiniku

Yakiniku

Meskipun banyak sekali makanan khas Osaka yang disajikan menggunakan protein ikan, tetapi daging sapi juga cukup banyak dikonsumsi. Salah satu makanan khas Osaka yang wajib kamu cobain dengan protein sapi adalah yakiniku.

Yakiniku adalah cara khusus di Jepang dalam memanggang daging sapi, yakni dipanggang langsung di atas bara api yang diletakkan di atas meja makan. Bahan bakar yang digunakan untuk memanggang bukan gas, melainkan arang.

7. Udon

Udon

Udon adalah makanan berupa mie dengan tekstur yang kenyal dan tebal. Mie yang digunakan untuk udon terbuat dari tepung terigu dan bisa disajikan dengan beragam cara. Kamu bisa memakannya dengan atau tanpa kuah yang kemudian dilengkapi dengan beragam topping.

Kuah yang digunakan untuk udon ini juga berbeda dengan ramen. Tekstur kuahnya lebih sering berasa hambar, tidak sekuat kuah yang digunakan untuk ramen. Tapi bukan berarti udon tidak memiliki rasa yang lezat, justru kamu bisa ketagihan setelah mencicipi semangkuk udon.

8. Okonomiyaki

Okonomiyaki

Okonomiyaki merupakan panekuk dengan rasa gurih yang terbuat dari telur, tepung, ubi parut, dan juga kol parut. Nah, dari bahan-bahan dasar itu, masih bisa ditambahin lagi dengan bahan lain seperti daging, udang, keju, tomat, atau apapun.

Pada dasarnya, “okonomiyaki” artinya adalah “panggang apapun yang kamu suka”. Makanan ini menjadi salah satu menu yang populer di Osaka di mana kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan yang menjualnya.

9. Fugu

Fugu

Fugu atau ikan kembung adalah makanan spesial yang biasanya dimakan mentah. Menariknya, harus seorang ahli untuk mempersiapkan daging ikan ini karena jika tidak, maka dagingnya bisa sangat beracun. Tapi tenang, karena koki yang bisa menyiapkan ikan ini harus melewati latihan selama 3 tahun dan mendapatkan lisensi khusus.

Penyajian daging fugu biasanya berupa irisan tipis bersama dengan sejumlah sayuran. Tapi kamu bisa juga memakannya dengan gaya shabu shabu, tempura, sup sayur, atau bahkan digoreng. Selagi di Osaka, jangan lewatkan kesempatan makan menu ini ya.

10. Kushikatsu

Kushikatsu

Dengan kata lain, kushikatsu ini bisa dibilang adalah sate. Bahan seperti daging, seafood, atau sayur-sayuran ditusuk, dilapisi tepung roti kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Untuk memakannya kamu bisa mencelupkannya ke beragam jenis saus.

Bahan-bahan yang umum digunakan untuk membuat kushikatsu ini biasanya adalah daging babi, daging sapi, udang, labu, ubi, bawang bombay, telur puyuh, dan juga jamur shiitake. Meskipun terkenal di seluruh Jepang, tapi banyak yang percaya bahwa kushikatsu berasal dari Osaka.

Liburan ke Osaka, Perut Pasti Senang

Terkenal dengan banyak pilihan makanan yang lezat, Osaka harus jadi pilihan tempat liburanmu jika kamu ingin ke Jepang. Jangan lupa cobain semua makanan yang sudah disebutkan di atas biar kamu bisa pulang ke rumah dengan hati senang dan perut kenyang! Kuy, beli tiket pesawat ke Osaka di tiket.com!

 

Baca Juga:

Tempat Wisata di Osaka, Jangan Lupa ke Sini Saat Liburan di Jepang!

Menjelajahi Surga Belanja di Osaka, Awas Kalap!

Konichiwa, Ini Dia Tempat Wisata di Jepang yang Istimewa