Makanan Khas Sunda

,

10 Makanan Khas Sunda, Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat Ke Jawa Barat

Makanan Khas Sunda – Hayo, siapa disini Sobat Tiket yang berasal dari tanah Sunda? Kalau kamu salah satunya, artikel ini akan membahas mengenai makanan khas Sunda loh. Selain terkenal dengan lalapannya, Jawa Barat juga merupakan daerah yang terkenal dengan aneka makanan ringan hingga sambal-sambalannya.

Kalau kamu sedang jalan-jalan ke Jawa Barat, yaitu Bogor, Bandung, dan sekitarnya, biasanya apa sih makanan khas Sunda yang kamu pilih? Ada banyak jenis makanan khas Sunda yang lezat dan pastinya menggoyang lidah lho, Sobat Tiket. Mulai dari makanan ringan, sampai menu makanan utama, baik yang berkuah, ataupun yang hanya goreng-gorengan.

Sobat Tiket masih belum tau apa aja deretan makanan khas Sunda? Itu artinya kamu harus baca artikel berikut ini, dan siap-siap BM makanan Sunda! Langsung aja yuk, kita move ke makanan khas Sunda yang rasanya lezat dan asli ngangenin berikut ini!

Makanan Khas Sunda yang Wajib Kamu Cicipi Saat ke Jawa Barat

  1. Mie Kocok

Makanan khas Sunda memang terkenal dengan kuah dan campuran mie, seperti contohnya makanan yang satu ini. Mie kocok, merupakan menu makanan yang menggunakan kaldu sapi sebagai bahan dari kuahnya. Dikenal dengan nama mie kocok, karena mie yang digunakan sebagai bahan olahan makanan ini proses masaknya adalah dengan cara di kocok-kocok dalam wadah khusus.

 

Makanan Khas Sunda - Mie Kocok

Sedangkan sebagai campurannya, dalam semangkuk mie kocok juga terdapat tauge, irisan kikil, bakso, dan babat. Dengan taburan daun bawang, seledri, dan juga bawang goreng, rasa dari mie kocok ini dijamin pecah banget di mulut deh, Sobat Tiket. Jangan lupa untuk menambahkan jeruk nipis, kecap, dan juga sambal agar rasanya semakin lezat!

  1. Sate Maranggi

Menu makanan satu ini berasal dari daerah Purwakarta, tapi kamu bisa menemukannya di berbagai wilayah Jawa Barat lainnya kok, Sobat Tiket. Sate yang sempat hits ini memang memiliki rasa yang sangat lezat. Selain dagingnya yang besar-besar, sate kambing dan sapi ini juga memiliki bumbu yang meresap.

Makanan Khas Sunda - Sate Maranggi

Hal ini dikarenakan sebelum proses pembakaran, daging dari sate maranggi direndam terlebih dahulu dalam bumbu khas hingga meresap. Jadi, penyajian tanpa bumbu tambahan pun tidak masalah, karena rasa bumbu yang sudah meresap tersebut. Kalau kamu belum pernah mencoba sate maranggi ini, harus banget cicipi saat datang ke Bandung ya, Sobat Tiket. Dijamin ketagihan deh!

  1. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan khas Sunda yang berasal dari Cirebon. Selain empal gentong, ada juga empal gepuk yang sama-sama berbahan dasar daging sapi. Bedanya, Empal gentong ini di masak dengan menggunakan gentong dan diberi kuah seperti gulai. Biasanya, untuk menyantap semangkuk empal gentong ini disajikan dengan lontong atau nasi hangat.

Makanan Khas Sunda - Empal Gentong

Menu makanan empal gentong ini bisa kamu temukan di kota manapun kok, Sobat Tiket. Kalau kamu belum pernah mencicipi menu yang satu ini, buruan deh cobain. Apalagi makannya di saat musim hujan, pastinya bisa bikin kamu ngerasa hangat.

  1. Karedok

Menu makanan khas Sunda satu ini seringkali di klaim sebagai menu makanan khas Jakarta. Karena, di Jakarta sendiri memang sudah banyak sekali penjaja makanan yang menjual menu karedok. Padahal, karedok merupakan makanan khas Sunda yang cukup dikenal dan memiliki rasa yang enak. Kalau kamu belum tau seperti apa karedok itu, karedok memiliki sedikit kemiripan dengan gado-gado Betawi.

Makanan Khas Sunda - Karedok

Menu makanan ini memang terbuat dari berbagai macam sayur-sayuran mentah yang dicampur dengan bumbu kacang tanah yang sudah diolah. Berbeda dengan gado-gado yang menggunakan sayur-sayuran yang sudah matang sebagai bahannya. Sayuran yang terdapat pada seporsi karedok diantaranya adalah timun, tauge, kacang panjang, terong bulat, kol, dan kemangi.

  1. Nasi Timbel

Kalau Sobat Tiket makan di rumah makan khas Sunda, pasti menu ini akan hampir selalu ada deh. Ciri khasnya, menu nasi timbel ini di bungkus dengan daun pisang dan disajikan lengkap dengan lalapan dan sambalnya. Untuk rumah makan khas Sunda yang berada di sekitar Jawa Barat, kamu akan merasakan sensasi makan nasi timbel dengan piring anyaman. Hal ini pastinya bikin kamu serasa seperti sedang makan di pedesaan.

Makanan Khas Sunda - Nasi Timbel

Makan nasi timbel emang paling enak deh, Sobat Tiket kalau didampingi dengan ikan asin, empal, ayam goreng, tahu dan tempe, lalapan, sambal, dan kerupuk. Hmm.. beneran kamu nggak laper ngebayanginnya?

  1. Seblak

Selain menu makanan utama, ada banyak pilihan menu makanan ringan yang berasal dari tanah Sunda. Sobat Tiket pasti sudah nggak asing lagi ya dengan menu makanan khas Sunda yang terbuat dari bahan aci? Yep, seperti cimol, cireng, cilor, dan lain sebagainya yang biasa dibuat untuk camilan. Selain menu makanan yang terbuat dari aci, ada juga nih menu makanan yang lagi rame banget belakangan ini.

Makanan Khas Sunda - Seblak

Seblak, merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari olahan kerupuk basah yang dimasak dengan campuran telur, daging ayam atau ceker, baso, sosis, macaroni, hingga sayuran. Seblak juga disajikan dengan 2 pilihan, yaitu seblak basah dan seblak kering. Rasa gurih dan pedas yang didapat dari seblak pastinya bikin kamu ketagihan deh.

Ayo, siapa disini Sobat Tiket yang penggemar seblak?

  1. Batagor

Siapa yang tidak tahu camilan satu ini? Tidak hanya di Jawa Barat, batagor juga tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan menu jajanan ini dimana pun, mulai dari pinggir jalan, tempat jajanan sekolah, hingga di restoran. Tapi, kamu tahu nggak sih sebelumnya, kalau batagor ini termasuk menu makanan khas Sunda?

Makanan Khas Sunda - Batagor

Batagor, atau yang diambil dari kata Baso Tahu Goreng ini merupakan makanan olahan daging ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu, telur, kulit pangsit, dan bumbu penyedap lainnya hingga berbentuk adonan. Batagor biasa disantap dengan campuran saus kacang, saus, kecap, dan jeruk nipis.

Rasanya yang enak dan harganya yang murah, membuat menu camilan satu ini menjadi menu makanan khas Sunda yang digemari oleh khalayak ramai.

  1. Ayam Bakakak

Ayam bakakak merupakan jenis makanan khas Sunda yang disajikan dengan bumbu manis, dan disajikan dengan cara dibakar. Meskipun racikan bumbu dari ayam bakakak ini sama dengan ayam bakar pada umumnya, namun ada yang berbeda dari menu satu ini.

Makanan Khas Sunda - Ayam Bakakak

Ayam bakakak biasanya disajikan pada acara-acara tertentu, seperti khitanan dan pernikahan, dan yang membuat terlihat istimewa adalah ayam yang di sajikan yaitu ayam utuh atau 1 ekor. Kalau Sobat Tiket berasal dari tanah Sunda, pasti hal ini sudah sangat akrab kan untuk kamu?

Nah, seiring berjalannya waktu, ayam bakakak ini tidak hanya disajikan untuk acara-acara tertentu saja, tapi juga tersedia di rumah makan khas Sunda yang tersebar di mana pun. Jadi, Sobat Tiket yang belum pernah coba menu ini, bisa mendapatkannya dengan mudah di rumah makan Sunda.

  1. Asinan Bogor

Hayo, siapa diantara Sobat Tiket yang belum tahu kalau asinan Bogor dan asinan Betawi itu dua jenis asinan yang berbeda? Yep, asinan Bogor dan asinan Betawi ini dibedakan dari segi kuahnya. Asinan Bogor memiliki kuah yang cair dan terbuat dari campuran gula, garam, cabai, dan cuka, sedangkan asinan Betawi memiliki kuah yang terbuat dari bumbu kacang.

Makanan Khas Sunda - Asinan Bogor

Asinan Bogor juga memiliki tiga varian, yaitu asinan sayur, buah, dan campur. Kamu bisa menemukan beragam menu asinan Bogor ini di mana pun kok, Sobat Tiket. Kalau kamu sedang main ke Bogor, kamu bisa mampir ke Jalan Ir. H. Juanda No. 90 untuk mencicipi menu asinan Aseli Bogor. Konon, tempat ini adalah tempat yang menjual asinan Bogor pertama kali, yaitu sejak tahun 1967.

  1. Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan makanan khas Sunda yang biasa digunakan sebagai menu sarapan. Kalau kamu datang ke daerah Jawa Barat, menemukan penjaja kupat tahu nggak sulit kok, Sobat Tiket. Makanan ini disajikan dengan bumbu kacang yang berisi ketupat atau lontong, tahu kuning goreng, tauge rebus, kerupuk, dan sambal.

Makanan Khas Sunda - Kupat Tahu

Selain di Bandung, menu makanan ini juga terdapat di Magelang dan Solo lho. Namun, yang membedakan kupat tahu khas Bandung dengan Magelang dan Solo terdiri dari isiannya. Kupat tahu Magelang terdapat isian kol, bakwan, dan mie. Namun rasanya tetap sama enaknya kok, Sobat Tiket.

Itu dia 10 makanan khas Sunda yang bisa kamu cicipi saat kamu berkunjung ke daerah Jawa Barat. Dari 10 menu di atas, mana nih, Sobat Tiket, yang paling menggugah selera kamu dan nggak sabar untuk mencicipi? Ke Bandung, pesan hotel di Bandung online di tiket.com lebih mudah dan cepat lho.

Jalan-jalan ke Bogor, jangan lupa beli oleh-oleh dong buat kerabat dan keluraga. Belum tau mau beli oleh-oleh apa? Ini dia referensi Oleh-Oleh Khas Bogor Kekinian yang bisa kamu beli.