Makanan Khas Jogja

,

7 Makanan Khas Jogja yang Bikin Kamu Selalu Rindu Kota Yogyakarta

Makanan Khas Jogja – Saat pergi ke suatu kota, apa nih yang paling sobat tiket cari? Apakah tempat wisata di sana, atau kuliner khas kota tersebut yang menarik untuk dicoba? Hem, sepertinya sih keduanya ya, sobat tiket.

Sehabis puas berkeliling dan eksplor tempat wisata, langsung deh mampir untuk mencoba menu makanan khas dari kota tersebut. Seperti misalnya saat kamu pergi ke kota Jogja nih, sobat tiket.

Kota Jogja memang ngangenin ya? Apalagi soal suasana dan makanan khas nya. Berikut ini 7 makanan khas Jogja yang wajib kamu coba saat liburan ke sana. Ayo, kamu sudah pernah coba menu makanan khas Jogja di bawah ini belum?

7 Menu Makanan Khas Jogja, Rasanya Bikin Kangen!

Tidak bisa dipungkiri, Yogyakarta memang selalu berhasil membuat para wisatawan jatuh cinta dengan kota nya. Mulai dari adat istiadat, budaya, keramahan penduduk, hingga kuliner nya yang enak-enak.

Seperti makanan khas Jogja berikut ini, yang bisa bikin kamu jatuh cinta pada suapan pertama!

1. Gudeg

Gudeg menjadi salah satu ikon dari kota Jogja. Makanan berbahan dasar nangka muda satu ini menjadi makanan yang selalu dicari oleh para wisatawan saat berkunjung ke Kota Gudeg ini. Kamu yang sudah pernah mencoba langsung menu makanan khas Jogja satu ini, pastinya mau lagi dan lagi kan?

Makanan Khas Jogja - Gudeg

Makanan dengan rasa manis ini memang paling cocok jika kamu padukan dengan nasi hangat, krecek, telur, tahu, dan tempe bacem, serta siraman kuah opor ayam yang gurih. Hemmm, yakin nih kamu nggak tergoda dengan kelezatannya?

Gudeg Jogja juga memiliki dua jenis yang berbeda lho, sobat tiket, yaitu gudeg kering dan basah. Saat di Jogja, ada beberapa gudeg yang bisa menjadi referensi kamu. Seperti Gudeg Yu Djum, Gudeg Tugu, Gudeg Pawon, dan Gudeg Permata.

2. Oseng-Oseng Mercon

Hem, kamu udah bisa membayangkan belum nih, sobat tiket, jika baca dari nama menu makanan khas Jogja ini? Yep, daging oseng dengan bumbu cabai yang mampu menggoyang lidah ini cocok untuk kamu pecinta kuliner pedas.

Oseng-Oseng Mercon di Jogja yang paling terkenal adalah Oseng Mercon Bu Narti. Jadi, kalau kamu ingin mencicipi menu satu ini di tempat yang paling legendaris, kamu bisa mampir ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

3. Sate Klatak

Kamu pecinta kuliner berbahan daging kambing? Wah, itu tandanya kamu nggak boleh melewatkan menu makanan khas Jogja satu ini nih saat ke Jogja. Sate Klatak merupakan sate daging kambing yang ditusuk menggunakan jeruji besi diatas bara api.

Makanan Khas Jogja - Sate Klatak

Keunikan ini lah yang membuat banyak orang penasaran dengan rasa dari Sate Klatak. Dengan menggunakan tusuk sate berupa jeruji besi, dimaksudkan untuk menghantarkan panas dan membuat daging matang dengan merata dan sempurna.

Daging yang hanya dibumbui dengan garam ini menjadi sangat nikmat jika disajikan bersama kuah gulai. Dijamin kamu nggak akan kecewa dengan rasanya deh, sobat tiket.

4. Sego Kucing

Sego Kucing memang dapat kamu temui tidak hanya di Jogja saja ya, sobat tiket. Bahkan, di Jakarta pun Angkringan untuk makan sego kucing sudah banyak sekali jumlahnya. Namun, tentu akan berbeda rasanya dong, jika kamu mencoba nya langsung di kota asalnya.

Sego Kucing bisa menjadi alternatif makanan murah yang bisa menjadi santapan kamu saat berlibur ke Jogja dengan minim bujet. Banyak menu lauk-pauk yang bisa kamu pilih sebagai tambahannya lho, sobat tiket.

Mulai dari gorengan, sate telur puyuh, kepala ayam, sate kulit, sate usus, dan masih banyak lagi. Menu tambahan ini memang paling nikmat jika kamu padukan dengan sebungkus nasi kucing yang berisi nasi, ikan teri, sambal, dan tempe.

5.Krecek

Krecek merupakan makanan khas Jogja kedua yang banyak digemari oleh penduduk lokal maupun wisatawan. Terbuat dari bahan kerupuk kulit yang direndam dengan kuah sambal pedas gurih, memang menjadi pelengkap yang pas untuk gudeg yang manis.

Bahkan, jika kamu ingin menjadikan krecek sebagai lauk pauk yang dikombinasi dengan nasi hangat juga bisa menjadi makanan yang paling menggugah selera lho, sobat tiket.

6. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa menjadi ciri khas lain dari Kota Gudeg ini. Keunikan yang menjadi ciri khas dari Bakmi Jawa ini yang membuat cita rasanya tidak pernah berubah dan tak lekang dimakan zaman.

Terdapat dua versi dari penyajian Bakmi Jawa ini, yaitu rebus dan goreng. Bahkan, Bakmi Jawa ini terkenal sampai ke luar negeri lho, sobat tiket. Pembuatan Mi Jawa yang menggunakan tungku tanah liat dan juga arang menjadi ciri khas dari makanan khas Jogja satu ini.

Tambahan toping daging ayam kampung suwir, kol, hingga telur bebek menjadikan menu makanan satu ini semakin terasa nikmatnya.

7. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah bukan berarti makanan dari olahan daging gajah ya, sobat tiket. Jadi, makanan khas Jogja satu ini merupakan olahan daging kambing yang disajikan dalam porsi besar. Sehingga diperumpamakan seperti gajah yang besar.

Makanan Khas Jogja - Tengkleng Gajah

Untuk tengkleng gajah ini, kamu bisa memilih berbagai olahan lho, mulai dari daging kambing yang di tongseng atau di goreng, pedas, manis, atau gurih. Kamu wajib banget coba menu tengkleng ini ya, sobat tiket, saat berada di Jogja.

8. Keripik Belut

Sobat tiket yang suka ngemil makanan asin, cobain deh keripik belut asal Jogja satu ini. Keripil Belut Godean menjadi camilan favorit warga Jogja ataupun wisatawan yang datang ke Jogja untuk liburan ataupun sedang dalam urusan bisnis.

Bahkan, keripik belut juga cocok banget lho untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta untuk orang-orang tercinta. Belut utuh yang digoreng garing dengan tepung dijamin bisa bikin kamu ketagihan deh, sobat tiket!

9. Mie Lethek

Sobat tiket tau nggak sih, kalau Mie Lethek khas Bantul ini menjadi makanan favorit Barack Obama lho. Mie Lethek sendiri memiliki arti mie kotor. Eits, tapi bukan berarti cara pembuatan atau penyajiannya yang kotor atau di tempat yang kotor ya, sobat tiket.

Melainkan karena mie dalam olahan Mie Lethek ini berwarna kecoklatan, berbeda dengan sajian mie pada umumnya yang terlihat bersih dan bening. Hal ini karena Mie Lethek terbuat dari bahan tepung singkong dan geplek (singkong kering).

Disajikan dengan kuah ataupun kering, mie yang berisikan telur, suwiran daging ayam, irisan wortel, tomat, daun bawang, kubis, dan seledri ini memiliki rasa yang lezat dan membuat kamu ketagihan!

10. Rujak Es Krim

Rujak es krim? Iya, kamu nggak salah baca kok, sobat tiket. Mungkin, untuk sebagian orang menu makanan khas Yogyakarta ini masih belum familiar, tetapi untuk warga Jogja rujak es krim adalah legendaris.

Kalau kamu bosan dengan rasa es krim yang itu-itu saja, saat ke Jogja jangan lupa untuk mencicipi menu rujak es krim ini ya, sobat tiket. Kapan lagi kamu bisa mencicipi rujak dengan rasa asam, manis, pedas, yang dicampur dengan es krim dan serutan buah seperti nanas, mentimun, kedondong, dan bengkoang.

11. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto merupakan yang legendaris di kota Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Mangut Lele merupakan menu makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ikan lele yang diasap dengan campuran bumbu khas.

Uniknya dari tempat makan Mangut Lele Mbah Narto adalah para pembeli dapat menyaksikan langsung proses pembuatan mangut lele ini di dapurnya. Bahkan, kamu juga diperbolehkan lho untuk mengambil sendiri menu yang akan kamu makan.

Pokoknya, nggak lengkap deh pergi ke Jogja kalau kamu tidak menyempatkan untuk mencicipi menu Mangut Lele Mbah Marto ini.

Ke Jogja, Kurang Lengkap Kalau Nggak Coba Kulineran

Datang ke Jogja, jangan sampai melewatkan kulineran makanan khas Jogja ya, sobat tiket. Kamu bisa menyambangi semua kulineran yang terkenal di Jogja dengan mudah lho dengan sewa mobil di Jogja di tiket.com.

Selain kulineran di Jogja, cara asik untuk menikmati Kota Jogja adalah dengan mengunjungi tempat wisata malam di Jogja. Dijamin bisa bikin kamu kangen Jogja deh!