,

Keindahan Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi

Pesona alam kota Bandung selalu bisa bikin pecintanya jatuh hati. Bandung adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak spot wisata air terjun. Salah satu objek wisata di Bandung yang memiliki pesona indah adalah Curug Cimahi. Penasaran dengan pesonanya?

Rute Menuju ke Curug Cimahi 

Sumber: shutterstock.com

Curug Cimahi berada di Desa Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, yang berjarak kurang lebih 20 km dari kota Bandung. Meskipun berada cukup jauh dari pusat kota, akses jalan menuju ke objek wisata ini cukup mudah ditempuh, baik dengan kendaraan pribadi maupun menaiki transportasi umum. 

Untuk sampai ke Curug Cimahi, kamu bisa mengarahkan kendaraan melalui Jalur Lembang – Parongpong, dan ikuti petunjuk jalan ke Terminal Cisarua, yang berada tak jauh dari gerbang Curug Cimahi. 

Tak perlu bingung memarkirkan kendaraan, karena tersedia area parkir yang cukup luas untuk para pengunjung Curug Cimahi. Kalau datang dengan mobil besar seperti Bus, kamu bisa memarkirkan kendaraan di Terminal Cisarua dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Curug Cimahi. 

Jika kamu  ingin menggunakan transportasi umum, silakan menaiki angkutan umum (angkot) jurusan Ledeng-Parongpong, lalu melanjutkan perjalanan dengan angkot jurusan Parongpong-Padalarang yang mengarahkan kamu ke pintu masuk Curug Cimahi. Mudah dijangkau, bukan?

Pesona Alam Curug Cimahi yang Memukau

Sumber: shutterstock.com

Sebelum dapat menikmati keindahan Curug Cimahi, sobat tiket akan terlebih dahulu disambut oleh susunan anak tangga yang mengarahkan perjalanan menuju salah satu air terjun tertinggi di Jawa Barat ini. Sambil menyusuri jalan, kamu bisa menikmati asrinya pemandangan sekitar yang bukan main indahnya.

Selagi kamu menuruni anak tangga, pemandangan Curug Cimahi akan mulai terlihat. Terdapat beberapa seeing spot yang menyajikan pemandangan indah air terjun setinggi 87 meter ini. Rasa lelah seperti tak terasa, saat berjalan sembari menikmati udara dengan suhu 18 – 22 derajat celcius. 

Banyaknya seeing spot atau gardu pandang juga dimanfaatkan oleh pengunjung untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan hingga sampai ke air terjun. Ini waktunya mengabadikan foto terbaik dengan latar pemandangan Curug Cimahi yang indah dan memukau. 

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu juga akan ditemani oleh sekumpulan monyet lucu yang berhabitat di hutan sekitar Curug Cimahi. Jangan terkecoh dengan kelucuannya,ya! Karena barang dan makanan yang kamu bawa bisa jadi incarannya. 

Setelah menyusuri jalan kurang lebih 15 sampai 20 menit, kamu akan sampai di ujung anak tangga yang berhadapan langsung dengan bagian bawah Curug Cimahi. Pemandangan indah dan suasana menenangkan akan langsung terasa. 

Terdapat kolam bebatuan luas untuk kamu yang ingin main air di sekitar air terjun. Bebatuannya agak licin, jadi ada baiknya untuk berhati-hati saat berpijak, ya. Apalagi jika sobat tiket berkunjung bersama anak-anak, harus lebih berhati-hati tentunya. 

Selain bermain air, ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Curug Cimahi. Saat perut mulai terasa lapar, kamu bisa mampir ke beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan. Selesai makan, buang sampah pada tempatnya agar kebersihan di area ini selalu terjaga. 

Keunikan dari Curug Cimahi bisa kamu lihat saat musim kemarau tiba. Saat musim penghujan, debit air sungai Cimahi yang cukup banyak akan membentuk satu luncuran air besar. Namun, saat air sungai surut, air terjun ini berubah menjadi air terjun bertingkat. Unik sekali pemandangannya! 

Keindahan Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi

Sumber: shutterstock.com

Jangan lewatkan kesempatan melihat fenomena unik yang bisa kamu saksikan di Curug Cimahi. Saat hari cerah, kamu dapat menyaksikan terbentuknya warna indah bagai pelangi yang terpantul di sekitar air terjun. Cantiknya bukan main!

Fenomena alam ini terjadi karena pertemuan sinar matahari dengan titik air yang kemudian membentuk spektrum warna indah dan membuat pemandangan semakin berkesan. Kalau ingin melihat fenomena ini, kamu bisa datang di jam 1 siang hingga jam 3 sore saat hari cerah. 

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen liburan di Curug Cimahi. Siapkan baterai handphone dan kamera kesayangan, agar siap digunakan untuk berfoto dan menambah koleksi foto keren untuk dipajang di media sosial. Jangan cemas, karena terdapat banyak spot foto yang bisa kamu pilih untuk mengabadikan momen saat berkunjung ke Curug Cimahi. 

Selain melihat keindahan pelangi di siang hari, sobat tiket yang berkunjung juga bisa melihat kemegahan pelangi Curug Cimahi di malam hari. Bagaimana bisa? 

Tentu saja bisa! Nama Air Terjun Pelangi ini berasal dari lampu warna warni yang dipasang di balik air terjun. Pantulan cahaya lampu warna warni terpancar pada air terjun dan menjadikan pemandangan air terjun semakin unik. 

Kemegahan Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi bisa dinikmati dari jam 5 sore hingga jam 8 malam. Keindahan warna ini bisa kamu lihat dari beberapa gardu pandang yang tersedia di area curug. Jangan lupa gunakan baju tebal ya, karena udara malam di Curug Cimahi akan terasa lebih dingin. 

Wisata ke Curug Cimahi, Bikin Hati Tenang! 

Sumber: shutterstock.com

Keindahan alam yang ada di Curug Cimahi sangat cocok untuk relaksasi. Selain menikmati asrinya pemandangan, kamu juga bisa menghirup udara sejuk yang menenangkan hati dan pikiran. Pas banget untuk menghilangkan stress karena pekerjaan. 

Keindahan alam di Curug Cimahi juga cocok dinikmati bersama teman dan keluarga. Suasananya yang teduh dan nyaman dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama di tempat ini. Tak hanya menikmati keindahan alam, kamu juga bisa berburu foto keren di berbagai spot instagramable dan kekinian banget! 

Fasilitas yang ada di objek wisata ini juga cukup lengkap. Mulai dari musala, toilet bersih, warung makan, area parkir luas, hingga pos penjagaan untuk menjaga dan memastikan keamanan pengunjung yang datang ke Curug Cimahi. Lengkap banget, bukan? 

Datang Ke Curug Cimahi!

Setelah puas menikmati keindahan Curug Cimahi, kamu bisa mampir ke 5 Tempat Relaksasi di Bandung. Cocok banget untuk sobat tiket yang ingin melepas penat karena kesibukan yang padat. Jangan lupa siapkan baju hangat ya, agar suasana liburan semakin nyaman dan menyenangkan. 

Supaya lebih puas dan leluasa keliling Bandung, kamu bisa sewa mobil melalui tiket.com.  Kamu juga punya kesempatan untuk mendapat berbagai promo dan diskon menarik yang sayang banget bila dilewatkan. Ayo rencanakan liburan ke Bandung dan nikmati suasana indahnya Curug Cimahi!