Kampung Batik Semarang

,

Serunya Berlibur Sambil Berbelanja di Kampung Batik Semarang

Apakah kamu pernah melihat langsung proses membuat batik? Kini, ada banyak tempat yang memberikan kesempatan kepada para turis untuk menyaksikan proses tersebut. Bahkan, pengunjung juga bisa belajar membatik di tempat-tempat ini. Salah satunya, di Kampung Batik Semarang.

Kampung Batik Semarang terletak di Desa Bojong, Semarang Timur, tidak terlalu jauh dari kawasan Kota Lama dan Pasar Johar. Tepatnya di Bundaran Bubakan, kamu akan menemukan sebuah gapura yang menandai jalan masuk ke wilayah Kampung Batik Semarang.

Sejarah Kampung Batik Semarang

Tahukah kamu bahwa Kampung Batik Semarang telah ada sejak masa penjajahan? Bahkan, kampung ini pernah mengalami masa kejayaan hingga lokasinya terbakar habis pada 1942, tepat pada masa penjajahan Jepang. Peristiwa tersebut membuat Kampung Batik seolah-olah lenyap.

Pada 1980, masyarakat lokal berusaha untuk menghidupkan kembali Kampung Batik Semarang. Namun, hasilnya tidak bertahan lama. Baru pada 2006, tempat ini kembali menggeliat dan semakin berkembang hingga sekarang.

Meskipun tidak sepopuler batik dari Jogja, Solo, atau Pekalongan, batik dari Semarang ternyata telah mendunia. Berdasarkan sejarahnya, batik Semarang bahkan telah lebih dahulu ada yaitu sejak abad ke-18. 

Hal ini disebut oleh Robyn Maxwell, peneliti tekstil di Asia Tenggara, dalam bukunya yang berjudul Textiles of Southeast Asia. Menurut Maxwell, motif batik Semarang sangat berbeda dengan batik Jogja atau Solo.

Beberapa motif batik yang cukup populer adalah Tugu Muda, Lawang Sewu, Asam, dan sebagainya. Ciri khasnya sangat kuat yaitu paduan batik pesisir dengan budaya masyarakat Tionghoa.

Batik Semarang juga terkenal dengan motif lekukan pada kain di bagian bawah yang disebut lung-lungan. Pewarnaan batik pun sangat unik karena menampilkan gambaran kehidupan masyarakat di Semarang.

Mengunjungi Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang
Sumber: Shutterstock.com

Jika kamu berencana untuk berwisata ke Semarang, sempatkanlah waktu sejenak untuk berkunjung ke Kampung Batik Semarang. Kampung yang telah disulap menjadi tempat wisata ini menarik untuk dijelajahi. Nah, apa saja hal seru yang bakal kamu temukan di tempat ini?

1. Berbelanja Batik Langsung dari Perajin

Kamu dapat membeli kain atau pakaian batik di toko, butik, atau pasar-pasar tradisional yang menjual aneka produk fesyen. Namun, kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda jika membeli batik langsung di Kampung Batik Semarang. Di tempat seperti ini, pilihan motif batik yang tersedia lebih lengkap.

Sehelai kain batik di Kampung Batik Semarang dibanderol mulai Rp50.000 hingga Rp5 juta. Pada umumnya, batik tulis dihargai lebih mahal karena proses pembuatannya pun tidak gampang.

Selain berbelanja, kamu juga dapat berbincang akrab dengan para perajin batik. Kisah-kisah di balik proses pembuatan batik tersebut sangat menarik untuk didengarkan. Sebagai produk handmade, batik memiliki kisah yang unik pada setiap coraknya.

2. Belajar Membuat Batik

Bukan hanya membeli, kamu juga dapat belajar membuat batik di Kampung Batik Semarang. Proses belajar tersebut dimulai dari membuat pola, menorehkan malam dengan canting di atas kain, hingga mencucinya. 

Untuk mengikuti semua proses membuat batik, pemilik rumah batik biasanya mematok harga sekitar Rp25.000 per orang.

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu petik saat belajar membuat batik. Salah satunya, kamu dapat belajar mengelola kesabaran. Membuat batik sesungguhnya tidak mudah. Dibutuhkan ketelatenan dan ketelitian untuk menyelesaikan pola pada kain batik supaya hasilnya tampak cantik.

Ketika membuat batik, kamu juga dapat belajar untuk mengembangkan kreativitas. Pasalnya, pola batik tidak kaku dan terpaku pada aturan tertentu. Kamu bebas berkreasi sesuai selera. Kebebasan ini menciptakan karya seni yang artistik.   

3. Berburu Foto-Foto Instagrammable

Apakah kamu suka memotret? Kampung Batik Semarang adalah salah satu tempat yang menarik untuk dieksplorasi. Kamu dapat menelusuri jalan-jalan kampung yang temboknya dipenuhi oleh lukisan mural bertema batik. Semua spot ini menjadi favorit para wisatawan untuk berpose atau selfie.

Kamu juga dapat merekam aktivitas para perajin batik melalui lensa kamera. Kehidupan warga kampung yang hangat dan akrab pasti akan lebih berkesan jika berhasil diabadikan. Kelihaian para perajin saat sedang melakukan proses membatik pun seru untuk difoto.

Selain itu, rumah-rumah warga di Kampung Batik Semarang masih bergaya kuno. Namun, bagian depannya dicat berwarna-warni sehingga tampak menarik perhatian. Di beberapa lokasi, terdapat tempat duduk dari bambu yang dihias indah. Para pengunjung dapat berhenti untuk beristirahat di sini.

4. Membeli Aneka Aksesori Lucu

Aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Kampung Batik Semarang adalah berburu berbagai aksesori dari batik. Tersedia aneka perhiasan seperti gelang, kalung, dan macam-macam produk fesyen lain, seperti tas dan sepatu. Selain untuk dipakai sendiri, kamu dapat membeli aksesori lucu untuk oleh-oleh.

Tips Berkunjung ke Kampung Batik Semarang

Semarang memiliki sejumlah tempat wisata yang populer. Kawasan Kota Lama merupakan salah satu yang paling terkenal. Nah, sembari berkunjung ke Kota Lama, tidak ada salahnya melipir juga ke Kampung Batik Semarang karena jaraknya berdekatan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat berkunjung ke tempat wisata ini, yaitu:

1. Persiapkan Stamina

Saat berkunjung ke Kampung Batik Semarang, jangan lupa untuk mempersiapkan fisik terlebih dahulu. Pasalnya, kamu akan membutuhkan banyak energi untuk berkeliling melihat-lihat toko batik sekaligus menikmati lukisan mural yang artistik. Aktivitas ini akan lebih menantang jika dilakukan pada siang hari ketika cuaca sedang panas.

2. Mengobrol dengan Penduduk Lokal

Untuk mendapatkan cerita yang menarik tentang suatu tempat, kamu bisa menggalinya dari penduduk setempat. Ada banyak hal seru yang  bisa kamu dapatkan ketika berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal. Mengisi waktu dengan mengobrol santai akan membuat momen liburanmu semakin berkesan.

3. Persiapkan Uang Tunai

Persiapkan pula uang tunai ketika hendak berkunjung ke Kampung Batik Semarang. Meskipun metode digital payment sudah semakin banyak digunakan, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Bawalah uang secukupnya untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh.

4. Bebas Tetapi Sopan

Ketika berkunjung ke Kampung Batik Semarang, tetap ingat untuk menjaga sopan santun. Kamu bebas berekspresi saat berpose di depan lukisan mural, tetapi harus tetap mengedepankan etika yang berlaku. Selain itu, jagalah kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Berbelanja Sambil Belajar Membatik!

Kampung Batik Semarang adalah tempat wisata yang menarik, edukatif, sekaligus bersejarah. Karena itu, jika kamu berencana untuk vakansi ke Semarang, jangan lupa untuk memasukkan destinasi ini ke dalam itinerary liburanmu.

Sebagai persiapan, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat menuju Semarang terlebih dahulu. Kamu dapat memanfaatkan layanan dari tiket.com karena mudah dan praktis. Di sini, kamu juga berkesempatan untuk menikmati promo harga terbaik dari berbagai maskapai penerbangan. Nah, sampai jumpa di Semarang!