,

Serunya Nonton Pertunjukan Kabuki di Jepang, Unik Make-Up dan Kostumnya!

Pengen ngerasain pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke negeri Sakura? Kamu harus nonton Kabuki di Jepang! Itu lho, pementasan teater yang wajah para aktornya didandani sampai berwarna putih pekat.

Kamu akan terhibur dengan penampilan mereka yang heboh dan nggak santai mulai dari make-up sampai kostumnya. Kalau suka atau tertarik sama budaya Jepang, wajib ya nonton Kabuki. Ada pertunjukan yang bahkan menyediakan terjemahan bahasa Inggris. Mantap!

Banyak lho wisatawan asing yang menyempatkan waktunya untuk nonton. Kamu juga bisa berfoto di gedung pementasan yang beda deh dari gedung teater pada umumnya. Jangan lupa berkeliling ya!

Tentang Kabuki, Pertunjukan Teater Jepang

Kabuki adalah salah satu pementasan teater tradisional Jepang dimana aktornya mengenakan make-up sangat tebal dan mengenakan kostum yang meriah. Semua pemeran Kabuki ini laki-laki lho. Jadi peran wanita pun diperankan oleh aktor laki-laki.

Hal tersebut sudah menjadi sebuah tradisi sejak tahun 1600an! Luar biasa banget Jepang bisa mempertahankan tradisi ini hingga sekarang!

Cerita kabuki biasanya dramatis, sobat tiket. Dialognya juga kadang suka memakai bahasa Jepang kuno yang bahkan orang Jepang sendiri nggak paham.

Jadi, sebenarnya nggak masalah kalau kamu nggak bisa bahasa Jepang atau tidak ada subtitle yang tersedia saat pertunjukan. Dijamin kamu tetap bisa menikmati pertunjukannya karena unik dan nggak biasa deh. Gerak tubuh dan mimik wajah para aktornya juga akan membantumu memahami ceritanya.

Bisa dibilang, menikmati kabuki adalah menikmati penampilan para pemerannya yang super dramatis. Jalan cerita tetap penting, tapi bukan yang utama. Setidaknya untuk penonton pemula.

Topik ceritanya macam-macam. Ada yang mengenai balas dendam, cinta, konflik sejarah dan tragedi. Nah, di pementasan kabuki, biasanya momen-momen yang dramatis akan lebih ditonjolkan.

Karena pertunjukan kabuki itu nggak sebentar, biasanya di gedung teater ada beberapa restoran. Kamu bisa makan disana pas lagi break. Jadwal pertunjukan kabuki dan booking tiketnya bisa dilakukan melalui website ini.

Teater Kabuki di Jepang

Ada beberapa teater yang mementaskan kabuki secara rutin di Jepang, mulai dari Tokyo sampai Kyoto. Berikut ulasan tiket.com tentang beberapa teater yang bisa kamu kunjungi untuk nonton kabuki.

1.Teater Kabuki-za 

Teater ini adalah satu-satunya teater di dunia yang eksklusif buat pertunjukan kabuki saja. Ada berbagai layanan yang tersedia untuk membantu wisatawan asing menikmati pertunjukan kabuki seperti penjelasan tentang cerita, peran dan kostum yang bisa didengar lewat earphone selama pertunjukan.

Kamu juga bisa mendengarkan terjemahan dalam bahasa Inggris lewat earphone biar bisa paham isi dramanya!

Dalam sehari, di teater ini bisa ada lebih dari 5 pertunjukan. Kamu tinggal pilih mau nonton yang mana. Satu pertunjukan kabuki bisa berlangsung selama setengah hari sampai satu hari penuh. Akan tetapi, pertunjukan dibagi menjadi beberapa babak dan kamu bisa nonton satu babak saja.

Satu babak pertunjukan berlangsung antara 30 menit sampai 1,5 jam. Kebanyakan wisatawan asing dan penonton pemula juga biasanya hanya nonton satu babak. Ada 150 kursi yang tersedia untuk pertunjukan satu babak terdiri dari 90 kursi dan 60 berdiri.

Untuk menonton pertunjukan satu babak, kamu harus beli tiket Hitomaku-mi langsung di loket babak tunggal. Sayangnya, tiket satu babak nggak bisa dipesan terlebih dahulu. Selain itu, satu orang hanya boleh beli satu tiket. Kalau mau beli rombongan, semua harus hadir. Tiket ini populer banget lho dan cepet terjual habis.

Lokasi : KABUKIZA TOWER 4 Chome-12-15 Ginza, Chuo City, Tokyo 104-0061

Akses : Naik kereta turun di Stasiun Higashi Ginza dan keluar melalui Exit 3

Tiket   : mulai dari 600 yen/orang

2. Shochikuza

Sumber: Shutterstock.com

Gedung teater Shochikuza ini sangat unik, bergaya Néo-Renaissance seperti Arc de Triomphe di Perancis. Awalnya, gedung ini digunakan untuk pertunjukan opera lalu bioskop dan akhirnya untuk pertunjukan teater. Jadi nggak cuma kabuki saja yang ditampilkan disini, pertunjukan musikal sampai komedi juga ada.

Sayangnya, teater ini biasanya tidak menyewakan earphone untuk mendengarkan terjemahan. Pertunjukan kabuki juga nggak tiap hari, hanya beberapa kali dalam setahun dan berlangsung selama tiga sampai empat minggu.

Disini kebanyakan pertunjukan kabukinya merupakan drama klasik. Untuk mengetahui pertunjukan kabuki yang akan dimainkan, bisa cek di sini.

Lokasi : 1 Chome-9-19 Dotonbori, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka-fu

Akses : Naik kereta turun di Stasiun Namba atau Stasiun Osaka-Namba

Tiket   : mulai dari 4.000 yen/orang

3. National Theater of Japan

Teater ini terletak di pusat kota Tokyo dimana kamu bisa melihat nggak cuma pertunjukan kabuki, tapi juga noh, tari tradisional buyo, bunraku, dan lain-lain. Dibuka tahun 1966, tempat ini memang didedikasikan untuk melestarikan pertunjukan tradisional Jepang. Keren!

Pertunjukan kabuki sering diadakan disini, hampir tiap bulan. Teater ini juga menyewakan alat penerjemah buat penonton asing. Jadwal pertunjukan beserta dramanya bisa kamu cek di sini.

Oh ya, kamu juga bisa melihat sakura bermekaran disini pas musim semi. Pemandangannya bagus banget!

Lokasi : 4-1 Hayabusachō, Chiyoda City, Tokyo 102-8656

Akses : Naik kereta turun di stasiun Hanzomon, keluar di Exit 6

4. Yachiyo-za 

Berlokasi di Kumamoto, teater ini memiliki set-up panggung yang unik. Pas datang kesini, coba kamu cek area bawah lantainya karena di sana ada sebuah panggung berputar berukuran besar yang digunakan untuk mengangkut pemeran dari lantai bawah ke atas panggung.

Sumber: Shutterstock.com

Kalau nonton teater disini, kamu nggak akan duduk di atas kursi tapi di lantai beralaskan tatami. Selagi duduk, kamu bisa lihat di langit-langit ada banyak papan iklan yang digunakan untuk mengiklankan barang dan jasa mereka. Yachiyoza dibangun sejak tahun 1910, jadi bisa dibayangkan bahwa pada zaman dulu para pedagang lokal pasang iklannya di teater!

Di teater ini nggak cuma kabuki yang dipentaskan, konser musik klasik juga terkadang diadakan disini. Banyak turis yang mengunjungi Yachiyo-za untuk eksplor gedung teater. Mengenai jadwal pementasan, kamu bisa cek di website resmi teater di sini.

Lokasi : 1499 Yamaga, Kumamoto 861-0501

Akses : Bus Sanko jurusan terminal bus Yamaga, berhenti di Hot Spring Plaza

5. Minamiza

Minamiza merupakan sebuah teater tertua tertua di Jepang yang telah menjadi tempat pertunjukan kabuki selama lebih dari 400 tahun! Teater ini berlokasi di Kyoto yang merupakan tempat lahirnya kabuki.

Teater ini nggak cuma tempat untuk mementaskan kabuki tapi juga pertunjukan teater biasa. Tapi tetep, fokus teater ini adalah kabuki.

Ada beberapa pertunjukan yang dipentaskan setiap tahunnya. Setiap pertunjukan berlangsung selama tiga sampai empat minggu. Hanya saja, terjemahan untuk penonton asing tidak selalu ada, tergantung pertunjukannya.

Lokasi : 〒605-0075 Kyoto, Higashiyama Ward, 大和大路西入る中之町 198 Shijo Dori

Akses : Naik kereta turun di Stasiun Kawaramachi, keluar di Exit 1

Tiket   : mulai dari 3.000 yen/orang

Sudah bisa dibayangkan serunya? Makanya biar liburanmu makin seru dan menambah pengetahuanmu akan budaya serta tradisi Jepang, coba nonton pertunjukan kabuki. Tiket.com juga ada rekomendasi hotel kapsul di Tokyo nih buat kamu yang budget-nya mepet. Sudah cukup lengkap kan infonya? Jangan lupa ya pesan tiket pesawatmu di tiket.com sekalian hotel kapsulnya.