Istana Kepresidenan Indonesia

, ,

Berkenalan dengan 6 Istana Kepresidenan di Indonesia

Istana Kepresidenan Indonesia – Sebagai salah satu ‘rumah’ Presiden untuk menggerakan roda pemerintahan atau menjadi tempat beristirahat dan menjamu tamu-tamu negara. Istana Kepresidenan Republik Indonesia menyimpan nilai sejarah tentang perjalanan Bangsa Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda hingga kemerdekaan. Sampai sekarang pun, ‘rumah’ tersebut menyimpan berbagai kenangan dan kisah hidup Presiden. Sobat Tiket pasti sering bertanya-tanya kan, sebenarnya Istana Kepresidenan Republik Indonesia ada berapa ya? Ternyata, ada 6 Istana Kepresidenan Indonesia yang wajib Sobat Tiket ketahui. Mau tau ada dimana saja? Berikut ini ulasan Istana Kepresidenan Indonesia selengkapnya!

Istana Kepresidenan Indonesia Ada Berapa? Ini Dia 6 Istana Kepresidenan yang Wajib Kamu Ketahui!

  1. Istana Negara

Kamu tau nggak sih Sobat Tiket, kalau Istana Negara yang terletak di Jl Medan Merdeka Utara ini dibangun pada tahun 1796 lho. Istana Kepresidenan Indonesia ini awalanya menjadi kediaman pribadi seorang warga negara Belanda, bernama J.A van Braam. Hingga pada tahun 1816, bangunan ini diambil alih oleh pemerintah Hindia Belanda dan digunakan sebagai pusat kegiatan pemerintahan serta kediaman para Gubernur Jenderal Belanda. Saat ini, istana tersebut menjadi tempat Presiden untuk memusatkan pemerintahan, pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, tempat rapat kerja nasional, jamuan kenegaraan dan acara-acara yang bersifat kenegaraan lainnya.

Source : www.wikimedia.org
  1. Istana Merdeka

Memiliki peran yang sama penting dengan Istana Negara, Istana Merdeka merupakan tempat Presiden menerima surat-surat kepercayaan Duta Besar negara sahabat yang akan bertugas di Indonesia, penandatanganan naskah kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan negara lain, sampai upacara kenegaraan tiap tanggal 17 Agustus di halaman depannya. Di Istana Merdeka ini, Sobat Tiket juga bisa lho megikuti tur Istura (Istana Untuk Rakyat) untuk melihat bagian dalam Istana Merdeka. Di dalam Istana Kepresidenan Indonesia ini tersimpan banyak lukisan yang menggambarkan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda dan meraih kemerdekaan. Tiket masuknya gratis!

Source : www.wikimedia.org
  1. Istana Bogor

Istana yang berdiri sejak tahun 1744 awalnya dibangun sebagai tempat peristirahatan Gubernur dan petinggi Belanda di Batavia (Jakarta kala itu). Lepas kemerdekaan, bangunan itu pun kini menjadi tempat peristirahatan presiden jika sedang bertugas di Bogor. Istana ini juga menjadi saksi kunjungan presiden AS saat itu George W Bush pada November 2006. Sobat Tiket dapat melihat kemegahan istana ini dengan berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Source : www.wikimedia.org
  1. Istana Cipanas

Terletak di ketinggian 1.100 mdpl di kaki Gunung Gede, menjadikan Istana Cipanas tempat favorit Presiden untuk beristirahat. Betapa tidak, istana yang dibangun pada tahun 1740  memiliki tempat pemandian air panas, kolam pemacingan ikan, dan juga kebun yang luas. Istana ini punya luas sekitar 7.760 meter persegi juga menjadi saksi resepsi pernikahan antara Edhie Baskoro Yudhoyono, putra Presiden SBY, dengan Siti Ruby Aliya Rajasa.

Source : http://blog.tiket.com/wp-content/uploads/2016/04/Istana-cipanas-via-www.panoramio.com_.jpg
  1. Gedung Agung Yogyakarta

Jika sedang berada di Yogyakarta, cobalah Sobat Tiket singgah ke Museum Benteng Vredeburg. Sebab, tidak jauh dari sana, Sobat Tiket akan menemukan istana yang dibangun pada tahun 1869. Istana yang menjadi pusat pemerintahan Indonesia di kala Ibukota dipindahkan kesana. Istana ini juga menjadi tempat pelantikan Jenderal Soedirman sebagai Panglima Besar TNI pada tanggal 3 Juni 1947. Kini, bangunan tersebut berfungsi sebagai tempat menjamu tamu-tamu negara.

Source : www.kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id
  1. Istana Tampak Siring

Kala Istana Kepresidenan Indonesia sebelumnya dibangun pada masa pemerintahan Belanda. Istana yang satu ini dibangun pada masa pemerintahan Indonesia. Dibangun pada tahun 1963, pembangunannya merupakan hasil prakasa Presiden Soekarno. Kala itu, Presiden menginginkan adanya tempat peristirahatan bagi Presiden dan keluarga yang hawanya sejuk serta jauh dari perkotaan. Selain itu, juga sebagai tempat menjamu dan peristirahatan tamu-tamu negara.

Source : www.indonesia.go.id

Nah, Sobat Tiket, itulah 6 Istana Kepresidenan Indonesia yang selain menjadi pusat pemerintahan Presiden dalam melakukan serangkaian kegiatan kenegaraan, tapi juga sebagai rumah dinas bagi Presiden RI.

Baca 7 Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta, dan temukan keseruan wisata sejarah bareng teman kamu!

Cari kamar hotel sekitar Istana Kepresidenan di tiket.com, lebih cepat dan mudah.

Jadi, saat liburan panjang nanti, Sobat Tiket mau singgah di Istana Kepresidenan Indonesia yang mana?