, ,

Icip-icip Makanan Khas Magelang

Berkeliling kota Magelang selepas mengikuti acara perayaan Waisak di Candi Borobudur adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Anda dapat menikmati kehangatan kota Magelang sembari mencicipi berbagai macam makanan khas Magelang. Setidaknya ada 5 makanan khas kota Magelang yang wajib untuk Anda cicipi, berikut ini daftar makanannya.

Kupat Tahu Pak Pangat

Terletak di jalan Senopati, panganan tradisional berbahan dasar kupat dan tahu yang satu ini mungkin pernah Anda cicipi  & dapat ditemukan diberbagai daerah. Jika sedang di Magelang, Anda bisa menikmati Kupat Tahu Pak Pangat. Berbahan dasar potongan kupat berpadu dengan potongan tahu yang sudah digoreng. Diguyur bumbu kecap encer serta tambahan tumbukan kacang tanah, dan rempah lainnya membuat Kupat Tahu khas Magelang memiliki cita rasa khas tersendiri. Tidak ketinggalan taburan kecambah, irisan kol, seledri dan bawang goreng yang membuatnya semakin nikmat untuk disantap.

kupat-tahu-

Mangut Lele Warung Purnama

Ikan tawar goreng berpadu dengan kuah santan berwarna kuning kemerahan merupakan ciri khas dari makanan bernama mangut. Racikan kuah santan dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, kunir, cabai rawit dan merah dan lain-lain akan menambah cita rasa makanan khas yang satu ini. Pertemuan antara ikan tawar goreng dengan kuah santan yang gurih akan membuat Anda merasa sayang untuk dilewatkan. Anda dapat mencicipi mangut Lele yang jadi menu andalan Warung Purnama di Dusun Tangkilan yang sudah buka sejak tahun 1965.

trip-smg-jog-6843

Sop Senerek Bu Atmo

Sop berbahan dasar kacang merah mungkin pernah Anda cicipi. Namun jika sop tersebut ditambahkan bayam apakah Anda pernah mencicipinya? Jika belum, nampaknya Anda harus mencicipi sop senerek milik Bu Atmo di Jalan Mangkubumi. Dari segi komposisi, sop senerek tidak jauh berbeda dengan sayur sop pada umumnya. Bahan utamanya tentu saja wortel, kacang merah, daun bawang dan bayam membuat sop senerek memiliki ciri khasnya tersendiri. Kuah kaldu sop yang bening terasa ringan ditambah potongan-potongan daging yang empuk pastinya membuat lidah yang mencicipi bergoyang.

trip-smg-jog-7008

Warung Sego Godog Pak Broto

Jika diartikan ke dalam bahasa indonesia, Sego godog berarti nasi rebus. Memang cukup aneh rasanya untuk sebagian orang. Namun, ini adalah salah satu masakan terkenal di Magelang yang  sayang untuk dilewatkan. Nasi yang sudah masak berpadu dengan kuah kaya akan bumbu rempah-rempah. Tidak ketinggalan sayur dan potongan daging ayam kampung yang pastinya membuat Anda menikmati citarasa makanan ini. Salah satu warung sego godog yang terkenal di Magelang namanya Warung Sego Godog Pak Broto. Letaknya di Noyoditan, Banjarnegoro (Mertoyudan), Magelang, kalau dari SMA Taruna Nusantara, jalan ke selatan sedikit lalu belok kiri.

IMG_1247_resize-735385

Getuk Trio

Berkeliling kota Magelang tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk dibawa pulang. Salah satu panganan yang bisa dijadikan buah tangan adalah Getuk Trio yang terletak di JL.Mataram. Disebut Getuk Trio (tiga) karena memang secara fisik getuk ini seolah-olah terbagi menjadi tiga bagian yang dipisahkan oleh warna. Dalam pewarnaanya sendiri Getuk Trio biasanya berwarna kecoklatan dibagian tengah diapit dengan warna putih pada kedua sisinya. Terbuat dari bahan utama dari ketela pohon (ubi) dicampur dengan gula pasir yang berfungsi sebagai pengawet alami menjadikan Getuk Trio mempunyai rasa yang manis dan legit.

Getuk Trio ( Masakan Simbok )

Itulah 5 makanan khas yang bisa Anda cicipi selama berada di Kota Magelang. Temukan berbagai penawaran hotel menarik untuk menginap di Kota Magelang hanya di Tiket.com