,

Honeymoon di Rumah Tradisional Jepang, Seru dan Bikin Makin Mesra!

Sobat tiket lagi mikirin tempat untuk bulan madu yang super romantis dan dijamin bikin kalian berdua makin lengket dan happy? Ke Jepang aja dan menghabiskan honeymoon di rumah tradisional Jepang atau Ryokan

Menawarkan suasana yang asri dan tenang, ryokan cocok banget buat kamu yang lagi mesra-mesranya sama pasangan. Ryokan nggak akan cuma membuat kalian merasa nyaman tapi juga memberikan pengalaman liburan yang berbeda dan akan terkenang selamanya!

Nuansa tradisional, makanan khas Jepang, pemandian air panas dan yukata, atau kimono tipis, yang disediakan di ryokan untuk kamu pakai bersama pasangan pasti bikin makin bahagia deh. Alokasikan waktu dan budget untuk nginap di ryokan ya!

Apa itu Ryokan?

Ryokan adalah penginapan dengan bangunan berarsitektur Jepang dengan fasilitas dan pelayanan yang juga khas Jepang. Jenis penginapan ini kamarnya benar-benar seperti rumah tradisional dengan lantai beralaskan tatami. 

Pada umumnya ryokan memiliki onsen, baik yang campur maupun pribadi. Tarif penginapan ryokan sudah termasuk makan malam dan sarapan ala Jepang. Hanya ryokan kelas ekonomi yang nggak menyediakan makanan atau hanya sarapan saja. 

Setiap tamu akan dipinjamkan yukata yang dipakai sebagai baju tidur atau ke onsen. Mau jalan-jalan di seputar ryokan pake yukata? Bisa kok! Para tamu tidur di atas futon dan biasanya akan digelar setelah tamu selesai makan malam oleh pegawai ryokan. 

Hanya saja tarif untuk menginap di ryokan memang cukup mahal. Sobat tiket yang mau bulan madu di Jepang bisa coba nginap di ryokan semalam atau dua malam kalau memang budget agak terbatas. 

Tiket.com punya rekomendasi ryokan yang oke nih buat bulan madu. Disimak ya!

1. Shirakawa-go

Sumber: Shutterstock.com

Ini bukan nama ryokan tapi nama sebuah desa bersejarah di Gifu yang terkenal banget dengan pemandangan perbukitan yang penuh dengan pepohonan dan persawahan serta rumah tradisional bernama gassho-zukuri. 

Gassho-zukuri artinya dibangun seperti tangan yang sedang berdoa sesuai dengan ajaran agama Buddha, ciri-cirinya bentuk atap rumah yang miring melambangkan tangan orang yang sedang berdoa. 

Desa ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia dan kalau lagi bulan madu di Jepang, harus disempatkan kesini dan nginap semalam! Kamu dan pasangan pasti speechless deh saat sampai kesana. 

Ada lebih dari selusin gassho-zukuri yang ditawarkan sebagai penginapan untuk semalam! Seperti ryokan, gassho zukuri adalah rumah dengan lantai tatami dan tidurnya pun di futon. Untuk kamar mandi dan toilet, sudah modern kok cuma digunakan bersama tamu yang lain. 

Untuk sarapan dan makan malam sudah termasuk sama harga penginapan! Makananannya juga makanan lokal yang enak banget dan fresh. Walau terkesan sederhana, gassho zukuri ini populer banget sobat tiket karena memang bakal jadi pengalaman luar biasa bareng yang terkasih. Kamu harus booking jauh-jauh hari ya!

Selama menginap disini, kamu bisa jalan-jalan eksplor desa bersama pasangan. Kamu dan dia pasti akan terkagum-kagum dengan keindahan desa yang alami dan sangat tradisional. Percaya deh!

Rate    : mulai dari Rp1.000.000/orang (cash only)

Akses : naik bus dari Stasiun Shinjuku (West Exit) ke Stasiun Takayama dengan harga tiket sekitar Rp640.000. Perjalanan ditempuh selama 5 jam 30 menit, lalu lanjut dengan bus dari Stasiun Takayama dengan harga tiket sekitar Rp320.000 dan waktu tempuh 50 menit. 

Kalau punya budget lebih bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen dari stasiun Tokyo ke Stasiun Toyama dengan harga tiket sekitar Rp1.600.000 dan waktu tempuh hanya 2 jam. Lalu lanjut naik bus dengan harga tiket sekitar Rp210.000 dan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit.

Bisa pesan tiket kereta dan bus di sini.  

2. Gokayama

Gokayama adalah nama sebuah daerah yang tidak jauh dari Shirakawa-go. Gokayama memiliki dua desa tradisional yaitu desa Ainokura dan desa Suganuma. Kedua desa ini lebih tradisional lagi dan jauh lebih sepi. Suasana disini bener-bener intim, tenang dan bikin kalian merasa seperti travelling back in time deh. 

Desa ini dikelilingi perbukitan dan tentu saja ada gassho-zukuri buat para tamu menginap selama semalam! Fasilitasnya hampir sama dengan gassho-zukuri di Shirakawa-go. 

Biaya menginap sudah termasuk sarapan dan makan malam. Terus makan malamnya tuh lesehan di ruangan yang ada perapiannya. Apinya kalau pas lagi dingin sih pasti dinyalain. 

Oh ya, biarpun lebih sepi, desa ini juga punya cafe dan toko-toko kok. Penduduknya juga ramah-ramah. Kamu dan pasangan juga bisa trekking ke atas bukit di area Suganuma, cuma 10 menit. Pasti bikin geleng-geleng dan terkagum-kagum melihat pemandangannya!

Rate    : mulai dari Rp1.000.000/orang (cash only)

Akses : bus Katsueno dari Stasiun Takaoka. Bus ini rutenya ke desa Ainokura, desa Suganuma dan Shirakawago dengan harga mulai dari 1.000 yen tergantung tujuan. 

3. Gora Kansuiro

Sumber: Shutterstock.com

Gora Kansuiro menawarkan atmosfer yang menenangkan dengan dikelilingi pepohonan hijau yang rindang dan asri ala Hakone! Udaranya sejuk dan segar. Pas banget bikin kamu dan pasangan rileks!

Kamar disini luas dan menawarkan pemandangan kebun. Fasilitasnya juga lengkap ada TV dan AC serta toiletries. Ada onsen juga indoor dan outdoor. Yang indoor buka 24 jam lho. Kamu harus mandi di onsen yang outdoor. Sambil berendam air hangat, bisa melihat pemandangan luar biasa. 

Saat musim semi kamu bisa melihat warna dedaunan berubah kuning kemerahan, saat musim gugur kamu akan ngelihat daun-daun berguguran, saat musim panas pepohonan berwarna hijau dan saat musim dingin melihat pohon-pohon diselimuti salju. Percaya deh itu bagus banget. 

Oh ya onsenya untuk umum ya tapi laki-laki dan perempuan dipisah kok. 

Lokasi : 250-0408 Kanagawa, Hakone, Ashigarashimo District Gora 1300

Rate.   : mulai dari Rp6.300.000/malam (belum termasuk sarapan dan makan malam)

Akses : 3 menit jalan kaki dari Stasiun Gora

4. Ryokan Izuyasu

Sumber: Shutterstock.com

Kalau mau nginap di ryokan yang masih dekat sama pusat kota, Ryoka Izuyasu bisa nih di coba. Lokasinya dekat dengan stasiun Kyoto juga dengan beberapa destinasi wisata. 

Suasana di ryokan ini akan membuatmu seperti kembali ke Kyoto pada zaman dulu karena bangunannya cukup tua. Fasilitas di sini cukup lengkap dan kamarnya juga sudah ber AC dan ada iPadnya. Futonnya juga nyaman lho karena cukup tebal dan kamu bisa bikin teh hijau sendiri di kamar. 

Sarapan disediakan dan gratisss! Tapi jangan lupa pilih opsi yang termasuk sarapan ya saat booking. 

Tempat untuk mandi di sini private dan luas banget, dilengkapi dengan kolam kecil buat kamu berendam. Ada tiga tempat pemandian disini, 2 untuk sendiri dan 1 untuk pasangan yang bisa buat keluarga dan teman. 

Ryokan Izuyasu juga memiliki perpustakaan lho. Bukunya kebanyakan berbahasa Jepang sih tapi cocok buat bersantai dan kamu bisa cari buku yang banyak ilustrasinya. 

Kalau mau jalan-jalan, kamu bisa ke kuil Higashi Hongan-ji yang jaraknya cuma 2 menit jalan kaki dari ryokan.  

Lokasi : 600-8156 Kyoto, Kyoto, Shimogyo-ku Higashinotoin-dori Shimo Juzuyamachi-agaru Sasaya-cho 272

Rate    : mulai dari Rp4.200.000/malam 

Akses : 10 menit jalan kaki dari Stasiun Kyoto

Ugh, menarik dan romantis abiss. Makanya, bulan madu di Jepang aja. Segera booking tiket pesawat jauh-jauh hari di tiket.com ya! Sekalian nonton pertunjukan tradisional Jepang kabuki. Kamu dan dia pasti akan terhibur dan makin hepi! Happy Honeymoon 🙂