, ,

Gajian Tiba, Ini Dia Cara Asik Mengalokasikan Dana Untuk Liburan

Horee, akhirnya gajian! Bagi sebagian pekerja, tanggal 25 memang tanggal penting yang selalu ditunggu di setiap bulan. Bukan cuma pundi-pundi kamu menjadi bertambah banyak, gajian adalah momen dimana semua modal untuk membangun impianmu bertambah, termasuk impian berlibur ke destinasi idaman.

Mau Bali, Derawan, atau daerah di timur Indonesia seperti Raja Empat sekalipun, bisa kamu jamah, Sobat Tiket. Kuncinya hanya satu, pengelolaan pendapatanmu setiap bulan. Sobat Tiket, kalian mungkin sebelumnya pernah membaca artikel tentang ini, di sini. Nah, jika kamu pernah membaca artikel serupa di blog Tiket.com, kali ini kami punya tips lainnya yang nggak kalah asik dalam mengalokasikan dana untuk liburanmu.

1. Buat Rekening Terpisah
Sifat boros adalah musuh utama bagi kamu yang ingin menabung. Semua bermula saat kamu berpikir “ah, uang di tabungan masih banyak”, dan kemudian di akhir bulan kamu tercengang karena sisa saldo yang ada lebih tipis dari yang kamu bayangkan. Nah, Membuat rekening terpisah bisa menjadi solusi tepat untuk kamu yang boros, Sobat Tiket. Dengan membuat rekening terpisah, kamu setidaknya bisa lebih mengontrol pengeluaran kamu. Apalagi jika kamu mengalokasikan dana tersebut ke rekening lain yang uangnya sulit untuk ditarik.

2. Celengan
Siapa bilang ide menabung di celengan itu sudah usang? Nggak juga, Sobat Tiket. Meskipun hasilnya nggak sedrastis investasi seperti reksadana, tapi menabung di celengan cukup membantu kamu dalam mengalokasikan uang pendapatan bulananmu ke dalam dana liburan. Bayangkan, jika rata-rata jumlah recehan yang kita abaikan dalam sehari mencapai Rp.5000, dan semua recehan tersebut kamu tabung ke dalam celengan, maka dalam sebulan kamu bisa mengumpulkan sekitar Rp.150.000. Lumayan lah untuk nambahin beli tiket pesawat.

3. Buka Usaha Dadakan
Jika kamu punya sisa uang lebih dari gajimu, selain menabung, nggak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuat usaha dadakan. Nggak perlu skala besar, membuat gorengan dan menawarkannya ke teman satu kantor juga dapat membantu kamu, kok. Nah, dengan begitu kamu bisa punya dana lebih yang bisa kamu alokasikan ke dalam biaya liburanmu. Nggak cuma itu, dengan mencoba usaha kecil-kecilan, kamu juga bisa belajar bagaimana rasanya berbisnis dan mengelola keuangan dengan lebih baik.

4. Atur Pola Bergaul
Jika kadar bergaul kamu masih dalam tahap wajar, mungkin hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika kamu tipe orang yang sulit untuk mengatur pengeluaran dalam bergaul, seperti makan, nonton, dan lain-lain, maka jangan harap kamu bisa punya dana lebih untuk liburan. Nah, jika kamu benar-benar ingin memiliki liburan yang berkesan dengan budget yang nggak pas-pasan, ada baiknya kamu mulai mengatur pola bergaul kamu. Jika nggak butuh-butuh banget, ya “nongkrong” nya ditunda aja, Sobat Tiket. Kan lumayan tuh, bisa buat nambahin budget liburan kamu.

Nah, kalau kamu sendiri, punya cara apa untuk mengumpulkan dana liburan? Tulis di kolom komentar, yuk.