, ,

Gajian Datang, Inilah Tips Menyisihkan Dana Untuk Liburan

Coba lihat di sekeliling kamu. Ada berapa banyak teman kamu yang ingin liburan, tapi mengeluh soal gaji yang tidak cukup, atau sulit mengatur anggaran liburan? Sobat Tiket, sebenarnya tidak ada istilah “liburan itu mahal”, apalagi sampai mengeluhkan tentang sulitnya menyisihkan dana liburan. Tahukah kamu, ada banyak cara untuk menyisihkan dana pendapatan kamu demi mewujudkan liburan impian. Nggak percaya? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba :

1. Menentukan tujuan liburan sejak awal.
Intinya adalah memfokuskan tujuan. Jika kamu sudah memiliki tujuan destinasi liburan yang kamu inginkan, tentu hal itu akan membuat kamu lebih fokus dalam merencanakan liburan. Terutama soal dana yang diperlukan. Fokuskan tujuan liburan kamu, tentukan target, dan browsing lebih soal budget yang diperlukan. Dengan begitu kamu tentu bisa lebih memperhitungkan berapa nilai tabungan yang diperlukan.

2. Menyisihkan keperluan saat gajian tiba.
Problem utama yang sering ditemui para pekerja, terutama karyawan yang masih dalam masa-masa awal bekerja adalah sifat boros saat gajian tiba. Iya, ngaku deh, sadar atau tidak, pasti kita sering membelanjakan gaji kita lebih banyak saat gajian tiba. Hindari hal itu, Sobat Tiket. Ada baiknya kamu mengelompokan dahulu pendapatan kamu, baik untuk keperluan utama, investasi, dan tabungan liburan.

3. Melakukan investasi
Selain menabung, kamu juga bisa melakukan investasi jangka pendek yang khusus untuk memenuhi kebutuhan liburan kamu. Selain bunganya yang lebih tinggi dari tabungan biasa, investasi jangka pendek juga bisa menghadirkan dana lebih cepat dan cukup mudah untuk dicairkan. Reksadana adalah salah satu jenis investasi jangka pendek yang bisa kamu coba.
Tapi, sebelum mencoba investasi, ada baiknya kamu pelajari dahulu segala risiko dan aturan mainnya, supaya kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mencari pekerjaan yang lebih baik
Semua cara di atas sudah kamu coba, dan kamu tetap tidak punya dana lebih untuk ditabung dan liburan? Itu artinya kamu harus mencoba mencari pekerjaan yang lebih baik. Bener deh, coba kamu bayangkan. Idealnya, minimal kamu harus menyisihkan 10% dari pendapatan kamu untuk menabung. Jika pendapatan kamu untuk itu saja tidak bisa, jangankan berlibur, untuk tabungan masa depan pun akan sangat sulit.

Nah, Sudah punya tujuan berlibur, Sobat Tiket? Kalau bingung soal tiket perjalanan, klik di sini aja.