Festival Ya'ahowu Pulau Nias

,

Festival Ya’ahowu di Pulau Nias, Tradisi Unik yang Nggak Boleh Dilewatkan Begitu Saja!

Festival Ya’ahowu Pulau Nias – Dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia tidak hanya menyimpan berjuta keindahan pantai yang mempesona. Tidak pula hanya sekedar keindahan alam berupa pegunungannya. Melainkan juga mengenai keindahan dan keberagaman budaya serta adat istiadatnya.

Keberagaman budaya dan adat inilah yang menjadikan Indonesia semakin dikenal dan digemari oleh para wisatawan mancanegara sebagai destinasi wisata. Seperti salah satunya festival budaya yang dimiliki Pulau Nias, yaitu Festival Ya’ahowu.

Sobat tiket sudah pernah dengar belum mengenai festival yang satu ini? Kalau belum, yuk simak ulasan dari tiket.com di bawah ini mengenai apa itu festival Ya’ahowu dari Pulau Nias.

Festival Ya’ahowu Pulau Nias, Tradisi Lompat Batu yang Mendunia

Jika sobat tiket masih sangat asing dengan nama festival budaya ini, maka kamu wajib banget untuk baca artikel tiket.com ini. Jangan lupa pula untuk datang memeriahkan Festival Ya’ahowu di tahun ini ya.

Festival Ya’ahowu merupakan festival tahunan Kepulauan Nias. Kata Ya’ahowu sendiri memiliki arti salam damai dan selamat. Àwal mula terjadinya tradisi ini adalah karena sering terjadinya perebutan wilayah yang dibentengi dengan batu atau bambu setinggi dua meter.

Selain keunikan dari tradisi ini, pemerintah setempat juga ingin menjadikan Festival Ya’ahowu sebagai daya tarik awal para wisatawan untuk datang ke Pulau Nias. Kamu pasti akan setuju deh, sobat tiket, kalau pulau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan!

Di tahun ini, Festival Ya’ahowu akan diselenggarakan pada bulan November 2019, tepatnya pada 16 November 2019 – 20 November 2019. Jadi, untuk kamu yang penasaran ingin menyaksikan keunikannya, rencanakan keberangkatan kamu dan saksikan keseruannya!

3 Tradisi di Festival Ya’ahowu Pulau Nias

Sobat tiket tau nggak sih? Kalau festival ini sudah masuk ke dalam 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia, lho! Selain ingin memperkenalkan tradisi ini lebih luas lagi, juga untuk mengenalkan keindahan alam di Pulau Nias.

Sedangkan untuk festival ini, terdapat 3 tradisi yang bisa kamu saksikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Atraksi Melompati Batu Kolosal

Atraksi yang satu ini sih memang atraksi utamanya ya, sobat tiket. Tradisi satu ini memang sudah ada sejak dulu dan menjadi turun-temurun. Perang untuk memperebutkan wilayah adalah hal yang memicu terjadi atraksi pelompatan batu kolosal ini. Masyarakat Pulau Nias juga biasa menyebutnya dengan nama Fahombo atau Hombo Batu.

2. Atraksi Tari Perang

Tidak hanya atraksi pelompatan batu saja yang wajib untuk kamu saksikan, sobat tiket. Melainkan atraksi tari perang yang dilakukan oleh penduduk asli Pulau Nias ini juga nggak boleh dilewatkan. Di momen ini, kamu akan melihat para penari yang memperagakan tari Fataele Nias yang unik.

Para penari ini akan mengenakan pakaian adat berwarna hitam dan kuning, yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris sebagai pelengkapnya. Diantaranya berupa tombak, tameng, dan juga tombak yang dikenal dengan nama Tologu. Tari perang ini berasal dari Desa Bawomataluo yang dilakukan sebelum memulai peperangan untuk merebut wilayah.

3. Parade Ya’ahowu

Atraksi ketiga yang menjadi serangkaian Festival Ya’ahowu adalah Parade. Mengingat tradisi ini melibatkan 5 Kabupaten/Kota di Pulau Nias, akan ada pawai budaya yang mengelilingi kota. Uniknya, di parade ini masing-masing Kabupaten/Kota menampilkan sesuatu yang khas dari wilayah mereka. Baik itu berupa busana, kendaraan, atau keunikan lainnya.

Saksikan Keunikan Festival Ya’ahowu di Pulau Nias

Sebagai salah satu bentuk untuk meningkatkan pariwisata di Pulau Nias, yuk liburan ke Pulau Nias dan saksikan festival budaya yang keren ini. Nggak perlu ragu soal tiket pesawat, karena kamu bisa beli tiket pesawat di tiket.com dengan metode pembayaran yang beragam.

Mau menyaksikn festival budaya seru di kota atau pulau lainnya? Kamu bisa pergi ke Lombok untuk menyaksikan Festival Bau Nyale di Pulau Lombok yang nggak kalah serunya!