Indonesian Cultural Festival

,

Jangan Lewatkan 8 Festival Budaya di Indonesia Ini di 2019

Festival Budaya di Indonesia – Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu bangsa Indonesia memiliki semboyan yang sangat terkenal yakni Bhinneka Tunggal Ika yang artinya “berbeda-beda tetapi tetap satu”. Selain itu keberagaman tersebut juga membuat negara Indonesia jadi memiliki banyak sekali festival, acara, dan upacara kebudayaan.

Daftar Festival Budaya di Indonesia Paling Meriah

Hampir di seluruh penjuru negara Indonesia, kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan festival untuk disaksikan. Jika kamu ingin pergi berlibur dan menghadiri salah satu festival budaya di Indonesia, maka daftar di bawah ini bisa membantumu menemukan inspirasi dan juga menyiapkan perjalanan untuk bisa datang dan berpartisipasi festival tersebut. Langsung saja, yuk simak daftarnya!

1. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Festival Budaya di Indonesia

Tak hanya di Indonesia saja, pada dasarnya hari kemerdekaan selalu disambut dengan suka cita di hampir seluruh negara di dunia. Bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus. Pada tanggal tersebut akan ada beberapa festival budaya di Indonesia yang bisa kamu temukan di hampir setiap kota. Bahkan di beberapa tempat ada yang memeriahkannya dengan cara mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung, atau di bawah laut.

2. Dieng Culture Festival

Festival Budaya di Indonesia

Dieng merupakan salah satu tempat yang berada di dataran tinggi paling populer di Indonesia. Di sini kamu bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan ditambah lagi dengan penghuni sekitar yang sangat ramah. Dieng memiliki tradisi mengadakan sebuah ritual unik yang disebut dengan ruwatan.

Menjadi festival budaya di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi, ruwatan merupakan sebuah prosesi memotong rambut gimbal dari seorang anak agar si anak ini bisa memiliki keturunan dengan rambut normal nantinya. Rambut tersebut kemudian dialirkan ke sungai yang bermuara ke arah selatan sebagai sebuah simbol bahwa rambut tersebut telah dikembalikan ke asalnya. Selain itu di festival ini juga biasanya mengadakan pertunjukan lain seperti tari Rodad & Lengger, Warokan, wayang kulit, serta pelepasan lampion.

3. Sekaten

Festival Budaya di Indonesia

Sekaten merupakan festival budaya di Indonesia yang berasal dari adat kebudayaan Jawa. Festival ini biasanya diselenggarakan selama satu minggu dengan mengadakan taman hiburan dan pasar malam. Sekaten diadakan untuk memperingati hari kelahiran dari Nabi Muhammad setiap tahunnya yang dimulai pada hari ke-5 hingga hari ke-12 di bulan Rabiul Awal pada kalender Islam.

Festival Sekaten biasanya digelar di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta dan juga Alun-Alun Utara Keraton Surakarta. Acara utama dari festival sekaten adalah Grebeg Maulid yang diadakan di hari ke-12 dan dimulai pada pagi hari.

4. Festival Lembah Baliem

Festival Budaya di Indonesia

Festival budaya di Indonesia yang satu ini disebut dengan Festival Lembah Baliem yang biasanya diadakan sekitar bulan Agustus oleh sejumlah suku berbeda yang ada di Papua. Festival ini sangat terkenal bahkan hingga di kalangan para turis mancanegara, dan mengundang rasa penasaran yang membuat mereka ingin datang dan menyaksikan festival ini.

Ada sebuah kepercayaan turun-temurun bahwa perang bukanlah hanya sebatas konflik belaka, namun juga sebuah simbol akan kesuburan dan kemakmuran. Festival budaya di Indonesia ini biasanya dirayakan dengan cara melakukan perang tiruan antara suku setempat, dengan lebih dari 20 suku berbeda. Setiap suku membawa 30 hingga 50 orang yang mengenakan pakaian dan perlengkapan perang tradisional. Tak hanya itu, di festival ini juga ada beberapa pertunjukan lain seperti tarian dan permainan adat, dan juga pameran makanan daerah.

5. Festival Bunga Tomohon

Festival Bunga Tomohon adalah sebuah festival kelas dunia yang diadakan setiap tahun di Tomohon, Sulawesi Utara. Festival budaya di Indonesia ini pertama kali diadakan pada tahun 2006 setiap dua tahun sekali. Namun pada tahun 2014, pemerintah menetapkan acara ini sebagai sebuah acara tahunan.

Festival ini terdiri dari empat acara utama yang antara lain adalah parade kendaraan yang dihiasi, kontes Ratu Bunga, Pameran Florikultura, dan pertunjukan seni dan budaya. Selain itu ada juga acara lainnya seperti seminar dan talk show yang membahas mengenai pariwisata.

6. Festival Rambu Solo

Festival Budaya di Indonesia

Festival Rambu Solo pada dasarnya adalah ritual kematian biasa yang diadakan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Ritual ini diadakan untuk menghormati para arwah yang telah meninggal. Arwah tersebut kembali ke keabadian bersama dengan para leluhurnya dalam alam bernama Puyo.

Festival budaya di Indonesia yang satu ini bisa dibilang adalah festival yang paling ditunggu-tunggu di Sulawesi. Hal tersebut dikarenakan festival ini diadakan selama beberapa hari dengan diikuti oleh sejumlah upacara lainnya. Meskipun festival ini merupakan prosesi pemakaman, akan tetapi warga setempat sudah terbiasa dengan adanya turis dan bahkan menyambut mereka sebagai tamu.

7. Festival Teluk Jailolo

Festival Teluk Jailolo adalah sebuah acara yang diadakan setiap tahun oleh para warga Halmahera Barat. Festival ini biasanya terdiri dari beberapa acara seperti memurnikan laut sebagai ritual pembukaan, dan kemudian diikuti dengan acara lainnya untuk menunjukkan keindahan dari Indonesia bagian timur.

Selain itu festival budaya di Indonesia ini juga mengadakan lomba foto dalam air yang sangat menarik minat para  pengunjung baik itu fotografer dalam negeri maupun luar negeri. Festival ini sangat diminati oleh para penyelam laut dan juga fotografer dari berbagai macam daerah.

8. Pasola Festival

Festival Budaya di Indonesia

Pasola adalah sebuah festival budaya di Indonesia yang berupa upacara ucapan terima kasih kepada para roh leluhur dan berasal dari Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Festival yang diadakan sekitar bulan Februari dan Maret ini melibatkan dua orang Sumba terpilih dari kelompok berbeda. Mereka akan menunggangi kuda yang telah dihias dan saling melemparkan tombak kayu satu sama lain.

Festival budaya di Indonesia ini memang sangat berbahaya, karena sering kali tombak tersebut mengenai sang penunggang kuda. Namun dalam kepercayaan Sumba, darah yang tumpah dipercaya dapat menyuburkan tanah dan menggandakan hasil padi.

Rayakan Festival dengan Penuh Semangat!

Menjadi negara yang memiliki banyak adat dan budaya membuat Indonesia memiliki banyak acara adat yang menarik. Beberapa festival budaya di Indonesia yang telah disebutkan di atas bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk berlibur dan mengunjungi suatu daerah untuk menyaksikan festival yang sedang berlangsung. Selain festival, simak juga pemandangan bawah laut Indonesia yang sangat menakjubkan. Pesan hotel murah di tiket.com bisa membantu kamu mengurangi pengeluaran untuk liburan, lho!