Fakta di Balik Foto Kemerdekaan

,

4 Fakta di Balik Foto Kemerdekaan Indonesia, Kamu Sudah Tahu Belum?

Menjelang Hari Kemerdekaan RI, kamu sudah mempersiapkan apa saja nih sobat tiket? Apakah kamu termasuk dalam kepanitiaan di acara 17 Agustus mendatang, atau kamu ikut menjadi bagian dari prosesi Upacara Pengibaran Bendera di daerah kamu?

Berbicara mengenai Hari Kemerdekaan, tentu saja akan bersinggungan dengan hal-hal mengenai sejarah ya, sobat tiket.

Seperti artikel kali ini, yang akan membahas mengenai Hari Kemerdekaan Indonesia. Kamu tentu sudah sering melihat dong foto Kemerdekaan RI? Di balik foto kemerdekaan tersebut, ada fakta-fakta menarik yang tersembunyi lho, sobat tiket.

Pasti kamu mau tahu kan apa aja fakta di balik foto Kemerdekaan RI itu? Langsung aja simak ulasan berikut ini ya, sobat tiket!

5 Fakta di Balik Foto Kemerdekaan RI

Ternyata, di balik foto-foto mengenai pembacaan naskah dan pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 1945 ada fakta-fakta menarik yang tersirat lho, sobat tiket. Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Ir. Soekarno Sakit Malaria

Dari foto yang beredar saat Ir. Soekarno membacakan naskah Proklamasi di depan banyak masyarakat pada masa itu, ternyata ada fakta di balik itu lho, sobat tiket. Faktanya, pada saat itu Presiden pertama Indonesia ini sedang dilanda sakit Malaria!

Fakta di Balik Foto Kemerdekaan
Sumber: https://min.wikipedia.org/wiki/Proklamasi_Kemerdekaan_Indonesia

Coba bayangkan sobat tiket, dengan kondisi kesehatannya yang sedang tidak memungkinkan, tetapi beliau tetap semangat untuk membacakan Proklamasi Kemerdekaan RI. Mengharukan sekaligus membanggakan banget kan, sobat tiket?

2. Rekaman Pembacaan Naskah Proklamasi Bukan Asli

Ternyata, ada beberapa kendala dan juga miscommunication lho, sobat tiket, sebelum pembacaan naskah Proklamasi ini dilaksanakan. Salah satunya adalah mengenai dokumentasi dari upacara Proklamasi Kemerdekaan ini.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Sukarno

Jadi saat itu, Latief Hendraningrat yang diberikan amanat untuk menghubungi Soetarto dari perusahaan film Jepang lupa untuk menyampaikannya. Sehingga, dokumentasi Proklamasi ini diambil alih secara dadakan oleh Mendur bersaudara, yaitu Frans dan Alex Mendur.

Dengan begitu, tidak ada video dokumentasi mengenai Proklamasi, dan hasil foto yang ada pun hanya 3 buah foto nih, sobat tiket. Termasuk suara rekaman Presiden Soekarno yang ternyata bukan lah suara asli saat pembacaan pertama kali. Melainkan rekaman suara tersebut direkam ulang pada tahun 1951 di Radio Republik Indonesia (RRI).

3. Bendera Merah Putih Dijahit Menggunakan Kain Sprei

Fakta di balik foto kemerdekaan selanjutnya adalah dari foto pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih. Sobat tiket tentu sudah tahu dong kalau bendera Indonesia pertama ini dijahit oleh istri dari Presiden Soekarno, yaitu Fatmawati.

Nah, fakta di balik dari Bendera Merah Putih ini, ternyata menggunakan kain sprei lho, sobat tiket. Sebetulnya, Fatmawati sudah menyiapkan kain yang sangat bagus untuk dijahit sebagai bendera Indonesia. Namun ternyata ukurannya sangat kecil dan tidak memungkinkan.

Fakta di Balik Foto Kemerdekaan

Sehingga, di waktu yang sangat mepet, Fatmawati mencari kain berwarna putih dari dalam lemari miliknya, dan dijahit dengan kain berwarna merah yang dibeli nya kepada seorang penjual soto bernama Lukas Kastaryo. Wah, betapa besar perjuangannya ya, sobat tiket.

4. Proklamasi Kemerdekaan Terjadi Saat Bulan Ramadhan

Kamu tahu nggak nih, sobat tiket, kalau ternyata selama proses persiapan kemerdekaan hingga momen pembacaan Proklamasi, terjadi saat bulan Ramadhan? Yup, pembacaan Proklamasi ini terjadi saat puasa di hari ke 8, sobat tiket.

Perjuangan yang berat banget ya, sobat tiket? Selain memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia, para Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia juga berjuang menahan lapar dan dahaga di Bulan Ramadhan.

Ayo Napak Tilas Ke Tempat Bersejarah di Indonesia

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, ayo sobat tiket kita napak tilas ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mengenang perjuangan para Pahlawan mengusir penjajah di Indonesia lho.

Kamu tinggal di Jakarta? Ayo, sempatkan untuk datang ke 7 Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta ini saat weekend nanti. Sekalian staycation di Jakarta juga bisa lho! Pesan hotel di Jakarta di tiket.com aja biar lebih simpel!