embun es dieng

,

Embun Es Dieng, Disebut ‘Beracun’ Tapi Kok Diburu Turis?

Embun Es Dieng– Indonesia memang surganya wisata penuh keunikan. Belakangan ini netizen sempat dihebohkan oleh fenomena embun es Dieng yang bikin banyak orang penasaran. Mungkin juga Sobat Tiket juga salah satu dari mereka yang ingin melihat sendiri seperti apa fenomena langka yang satu ini. Bener, nggak?

Embun es Dieng atau disebut juga sebagai bun upas alias ‘embun beracun’ ini memang luar biasa cantiknya. Meskipun disebut ‘beracun’ oleh petani setempat, faktanya, melihat Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah yang sedang tertutup embun es bisa bikin wisatawan takjub. Kapan lagi coba kita bisa melihat embun es berjatuhan di negara tropis? Fenomena langka ini pasti worth it banget buat diabadikan di depan kamera.

Namun, sebelum kamu membulatkan tekad buat pergi ke Dataran Tinggi Dieng buat melihat embun es Dieng yang menghebohkan ini, simak dulu beberapa fakta tentang embun es Dieng yang harus kamu tahu sebelum berkunjung ke sana.

5 Fakta Embun Es Dieng: Cantik sih, tapi…?

  1. Muncul Karena Pengaruh Fenomena Aphelion?


Banyak orang yang penasaran mengapa embun es Dieng muncul nggak lama dari terjadinya fenomena aphelion saat bumi berada di titik terjauh dari matahari. Pertanyaannya, apa benar embun es Dieng ini terjadi karena pengaruh aphelion?

Ternyata pendapat itu nggak sepenuhnya tepat lho, Sobat Tiket. Menurut keterangan BMKG, penurunan suhu yang drastis sampai munculnya embun es ini lebih disebabkan karena wilayah Indonesia sedang mengalami puncak musim kemarau di Bulan Juli–Agustus. Nggak cuma itu, suhu dingin yang ekstrem ini juga disebabkan adanya aliran udara dingin dari Australia ke Indonesia. Yap, Australia memang mengalami musim dingin sejak Juni sampai Agustus.

Terus kenapa dong hanya di Dieng aja yang ada embun esnya? Ternyata itu disebabkan karena Dataran Tinggi Dieng memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, Sobat Tiket. Saat malam hari saat musim kemarau, suhu di sana bisa mencapai titik beku 0 derajat Celcius. Jadi, kalau ada uap air yang mengembun dan berjatuhan di daun atau rumput, tetesan air itu bakal cepat membeku jadi embun es. Menarik, kan?

    1. Mengapa Disebut ‘Beracun’?

Di balik pesonanya yang membuat geger netizen, ternyata munculnya embun es Dieng justru membuat petani kentang di Dieng panik, lho Sobat Tiket. Soalnya, fenomena ini membuat tanaman kentang milik para petani di sana menjadi layu dan mati. Selain menjadikan tanaman tertutup embun es, cuaca ekstrem di Dieng bersamaan dengan bun upas bisa bikin tanaman kentang dan beberapa sayuran lainnya jadi layu. Wah, gawat juga ya ternyata, Sobat Tiket?

  1. Indahnya Bak Negeri Dongeng

Netizen Indonesia biasanya emang paling cepet update kalau soal tempat wisata anti-mainstream. Nah, info tentang embun es Dieng ini ternyata cepet banget menyebar di kalangan para pecinta wisata. Rasanya kayak buah simalakama gitu, di satu sisi fenomena embun es Dieng ini mematikan tanaman petani. Eh, di sisi lain, embun es Dieng ini bikin wisatawan penasaran buat berbondong-bondong ke sana, lho.

Emang bener sih. Embun es Dieng ini bikin pemandangan dataran tinggi Dieng jadi makin cantik. Kalau kamu datang ke Dataran Tinggi Dieng pas embun es, kamu bakal ngerasa kayak di Negeri Dongeng yang dipenuhi kristal es. Menakjubkan!

  1. Butuh Persiapan Matang Sebelum Melihat Embun Es

Meskipun indah bak negeri dongeng, kamu tetap perlu persiapan ekstra sebelum berkunjung untuk melihat langsung fenomena embun es Dieng. Jangan lupa, karena suhu malam hingga dini hari sangat rendah, kamu harus membawa jaket tebal, penutup kepala, penutup telinga, dan membawa sarung tangan hangat. Jangan lupa, untuk alas kakinya, kamu harus menggunakan sepatu dan kaos kaki tebal.

Waktu terbaik untuk melihat embun es Dieng adalah sebelum matahari terbit. Makanya, kamu harus rela untuk bangun dini hari untuk melihat embun es ini. Biasanya jam 4 pagi sampai jam 6 masih ada kok embun esnya.

  1. Jadi ‘Bonus’ untuk Dieng Culture Festival 2018

Sobat Tiket tahu nggak kalau embun es Dieng ini bisa jadi ‘bonus spesial’ buat para pengunjung Dieng Culture Festival 2018. Dieng Culture Festival ini adalah event tahunan yang jadi daya tarik tersendiri buat para wisatawan untuk mengunjungi Dieng. Ada festival musik sampai pelepasan lampion ke langit Dataran Tinggi Dieng yang pastinya romantis abis. Belum lagi pas Dieng Culture Festival 2018 pada bulan Agustus nanti, kalau beruntung bakal ada bonus fenomena embun es sebelum fajar.

Wah, kita doain semoga masih ada embun esnya biar acaranya semakin seru, ya!

Kalau Sobat Tiket pengin jalan-jalan buat melihat sendiri embun es Dieng yang menghebohkan ini, kamu bisa pesan hotel dekat Dieng di tiket.com. Habis dari Dieng, mungkin kamu bisa lanjut mencari spot camping seru di Jawa Tengah biar momen liburanmu makin puasss. Jangan lupa, pesan hotel dan tiket keretanya cuma di tiket.com, ya!

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!