Eat Like A Local

, , ,

Eat Like A Local

Tidak hanya pemandangan atau kegiatan apa yang dapat dilakukan saja pada saat Anda melakukan sebuah perjalanan. Ada baiknya Anda juga mencoba makan layaknya warga setempat. ‘Eat like a local’ bukan sembarang imbauan. Jangan hanya memilih makan di restoran atau kafe saja, tapi juga cicipi aneka kuliner otentik yang biasa di konsumsi oleh warga lokal. Sebelum ikut makan dan berbaur dengan orang lokal, ikuti dulu 5 tips ini.

  1. Kumpulkan Informasi

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai kuliner khas daerah tersebut. Cari juga lokasi makanan terkenal yang paling enak dan diminati warga lokal. Jangan lupa cari info soal camilan dan minuman khas setempat. Anda juga dapat membuat menu makanan untuk 3 kali makan. Kumpulkan informasi mulai dari jam buka, harga, serta lokasi yang akan dituju.

  1. Bertanya warga lokal

Kesulitan mencari makanan atau lokasi penjual kuliner khas daerah tersebut. Jangan sungkan untuk bertanya dengan warga lokal. Tak perlu tanya ke sembarang orang, Anda dapat bertanya kepada supir taksi atau kendaraan umum yang sedang ditumpangi. Tanyakan pula, di mana tempat makan rekomendasi mereka untuk menu otentik setempat. Kalau tak puas bertanya pada satu orang, Anda bisa bertanya kepada beberapa orang lainnya.

  1. Makanan pinggir jalan

Sering makan pinggir jalan di daerah asal Anda. Jangan ragu untuk mencicipi makanan pinggir jalan di lokasi yang Anda tuju, karena makanan pinggir jalan pada dasarnya diciptakan untuk warga lokal. Bangkok, Hanoi dan Penang adalah tiga kota di Asia Tenggara yang terkenal punya makanan pinggir jalan super nikmat. Kalau di Indonesia, jangan ditanya. Anda bisa mendapati banyak makanan pinggir jalan murah dan enak di Bandung, Malang, Yogya, Solo, Medan, Aceh, dan masih banyak kota lainnya.

  1. Cek jadwal festival

Ingin mencicipi semua kuliner lokal dalam satu tempat. Festival makanan adalah surga bagi Anda yang tidak ingin repot-repot pindah lokasi saat ingin mencicipi semua kuliner lokal. Bulan puasa merupakan salah satu waktu yang tepat untuk menikmati festival makanan lokal. Pasar ramadhan biasa buka diberbagai daerah di Indonesia saat bulan ramadhan datang.

  1. Tur kuliner

Jika merasa masih kesulitan untuk menemukan kuliner khas lokal daerah yang dikunjungi. Anda dapat mencoba untuk ikut tur kuliner yang sudah ada di banyak kota. Tak ada salahnya, karena Anda akan menjelajahi  berbagai tempat untuk mencicipi aneka makanan. Tidak hanya tempat-tempat makan, Anda juga akan diajak ke pasar tradisional dan makanan kaki lima.

Jika sudah berhasil menemukan kuliner lokal yang dicari, jangan lupa untuk memastikan kebersihan dari makanan serta tempat menjualnya. Jika merasa tidak yakin, sebaiknya Anda tidak memakannya. Bawa juga tisu basah atau hand sanitizer, untuk bersih-bersih sebelum dan sesudah makan. Selamat wisata kuliner.