, ,

Catat Tanggalnya, Beragam Festival Seni di Bulan September Menunggu Untuk Kamu Datangi

Bulan September selalu dipilih oleh banyak pihak untuk melakukan festival seni yang meriah. Alasan pemilihan bulan September bisa jadi karena di bulan ini turis dari berbagai negara mulai banyak membanjiri Indonesia. Summer atau musim panas di Eropa membuat banyak wisatawan mancanegara datang untuk traveling dan memburu festival seni yang unik di Indonesia.

Kalau Sobat Tiket kebetulan ada libur atau jatah cuti di bulan September 2016, cobalah datang ke festival seni ini. Di sana, kamu akan menemukan banyak hal menarik hingga rasanya ingin mengabadikan semuanya dalam sebuah foto. Berikut daftar festival seni di bulan September selengkapnya.

1. Malang
Sebagai salah satu pusat pariwisata di Jawa Timur, Malang selalu menampilkan banyak sekali festival seni yang sangat menarik setiap tahunnya. Pada bulan September 2016, Malang mengadakan Malang Flower Carnival. Acara ini digelar pada tanggal 4 September 2016, dengan menghadirkan banyak sekali desain baju karnival menarik. Oh ya, dalam festival ini juga ada kompetisi kostum terbaik dengan hadiah ratusan juta rupiah.

Malang Flower Carnival
Via http://www.indonesia-heritage.net/wp-content/uploads/2015/08/statik.tempo_.co_.jpg

September tahun ini, Malang juga akan mengadakan festival seni bertajuk Pekan Budaya Indonesia 2016. Festival ini akan diadakan se-Malang raya mulai dari Kabupaten hingga Kota. Acaranya sendiri berlangsung dari tanggal 1-5 September 2016 dengan menampilkan pentas musik, pameran, workshop, bioskop keliling, hingga diskusi budaya yang menarik.

2. Palu
Pada bulan September 2016 ini, Palu akan menggelar perhelatan besar di wilayahnya. Mereka akan mengadakan sebuah festival besar bernama Festival Pesona Palu Nomoni. Festival besar yang diadakan setiap tahun ini difungsikan untuk menarik lebih banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. Tahun ini ditargetkan akan ada lebih dari 500.000 orang yang datang dan menjadi Palu sebagai pusat wisata di Sulawesi Tengah.

Festival Palu
Via http://assets.kompas.com/data/photo/2016/06/21/2059071festival-2780×390.jpg

Festival besar yang diadakan di Palu ini akan didahului degan lomba maraton sejauh 42 kilometer dengan hadiah total 400 juta rupiah. Setelah maraton diadakan, para wisatawan yang hadir akan di bawa ke ragam wisata alam dan budaya yang ada di Palu hingga puas selama tiga hari sejak 24 September 2016.

3. Lombok
Setiap tahun pada bulan September akan diadakan Festival Senggigi di Kabupaten Lombok Barat. Festival ini diadakan untuk mempromosikan wisata di kabupaten ini dengan atraksi berbagai macam ada dan budaya daerah setempat. Kalau kamu datang ke sana pada tanggal 16-19 September 2016, aneka pameran budaya yang unik bisa kamu saksikan di sekitaran Pantai Senggigi yang sangat indah.

Festival Senggigi
Via http://lombokbaratkab.go.id/wp-content/uploads/2014/09/DSC_8202.jpg

Selain Festival Senggigi, festival lain yang diadakan pada bulan September 2016 adalah Festival Gili Indah. Pada acara yang berlangsung selama empat hari sejak 24 September ini kamu bisa menyaksikan para seni dan juga pesta kuliner. Selain dua hal menarik itu, kamu juga bisa menyaksikan lomba perahu layar yang diadakan di pantai dekat tiga gili terkenal di Lombok.

4. Yogyakarta
Pada bulan September tahun ini, Yogyakarta lagi-lagi akan menggelar Yogyakarta International Street Performance (JISP). Festival besar ini akan melibatkan banyak sekali seniman, koreografer, dan performing art dari dalam dan luar negeri. Acaranya sendiri diadakan di tengah jalan hingga semua orang bisa melihatnya dengan bebas. Oh ya, setiap tahun, seniman dari negara seperti Jepang, Tiongkok, India, hingga Belanda dan Meksiko kerap hadir untuk menghibur semua penonton.

Jogjakarta International Street Festival
Via http://farm6.static.flickr.com/5653/21675265230_6753d2671e.jpg

 

Selain JISP yang dipastikan akan sangat meriah. Yogyakarta juga akan mengadakan Asia Tri Festival. Pertunjukan ini berlangsung selama 3 hari dan akan menampilkan banyak selai seniman dari berbagai negara. Kalau kamu kebetulan sedang ada di Yogyakarta pada bulan September 2016, jangan sungkan untuk hadir di acara yang diselenggarakan secara gratis ini.

Kamu tertarik buat datang ke festival yang mana nih, Sobat Tiket? Yuk, berlibur!