Cara Unik Memperingati Kemerdekaan

,

Cara Unik Memperingati Kemerdekaan di Berbagai Daerah, Ini Dia 5 Diantaranya!

Cara Unik Memperingati Kemerdekaan – Sebagai momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, tentunya berbagai daerah di Indonesia siap untuk ikut memeriahkannya ya, sobat tiket. Mulai dari Sabang hingga Merauke, berbagai perayaan akan diselenggarakan dengan begitu meriah.

Di kota kamu, ada perayaan khas apa nih, sobat tiket, sebagai momen untuk mengenang perjuangan para pahlawan? Pastinya bakal seru banget dooong? Mulai dari acara yang mengharukan seperti upacara bendera, sampai acara yang menggelak tawa seperti perlombaan-perlombaan.

Namun, kamu tahu nggak sih sobat tiket, kalau di 5 daerah ini, ada cara unik untuk memperingati kemerdekaan lho! Mau tau seperti apa dan di mana saja? Ayo scroll ke bawah ya!

Cara Unik Memperingati Kemerdekaan di 5 Daerah di Indonesia

Masing-masing daerah tentunya memiliki cara yang unik dan berbeda-beda ya sobat tiket dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ini. Beberapa contohnya adalah cara unik memperingati kemerdekaan dari 5 daerah di Indonesia ini nih!

1. Pacu Kude, Aceh

Cara unik memperingati kemerdekaan yang pertama datang dari Aceh nih, sobat tiket. Pacu Kude merupakan kegiatan yang sejak lama diselenggarakan oleh masyarakat Aceh sebagai peringatan 17 Agustus-an.

Cara Unik Memperingati Kemerdekaan di Berbagai Daerah - Pacu Kude

Kegiatan ini pun selalu sukses menarik perhatian masyarakat sekitar hingga turis yang datang berwisata ke Aceh. Uniknya, tidak semua bisa mendaftar kegiatan Pacu Kude di Aceh ini lho. Hanya mereka yang berusia 12-20 tahun saja yang bisa mendaftar sebagai peserta.

2. Sampan Layar, Batam

Sampan Layar juga menjadi salah satu cara unik memperingati kemerdekaan versi Kota Batam nih, sobat tiket. Acara ini selalu digelar tiap tahunnya oleh masyarakat Batam untuk memperingati 17 Agustus-an.

Cara Unik Memperingati Kemerdekaan - Sampan Layar

Nantinya, para peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3, 5, hingga 12 orang. Serunya, kegiatan ini juga dilombakan dan akan mendapatkan total hadiah jutaan rupiah!

3. Obor Estafet, Semarang

Obor Estafet ini menjadi tradisi yang seru banget dari Kota Semarang nih, sobat tiket. Selain sebagai kegiatan untuk ikut memperingati Hari Kemerdekaan RI, kegiatan ini juga memiliki filosofi yang bikin merinding!

Obor Estafet

Karena, cara unik untuk memperingati kemerdekaan satu ini memiliki arti sebagai terbakarnya semangat masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sama seperti api obor yang menjadi simbol dari semangat yang berapi-api. Gimana? Bikin merinding kan?

4. Peresean, Lombok

Peresean sebetulnya adalah permainan tradisional yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bahkan, Peresean ini juga menjadi salah satu bentuk pertunjukan yang ditujukan untuk para wisatawan sebagai ajang promosi wisata Lombok.

Peresean - Lombok

Namun, Peresean pada akhirnya diadakan pada tanggal 17 Agustus saja sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Permainan tradisional ini terdiri dari dua orang laki-laki yang bertarung dengan menggunakan rotan dan perisai sebagai senjatanya.

5. Sepak Bola Sarung, Makassar

Terakhir dan yang tidak kalah serunya adalah Bola Sarung yang berasal dari Makassar. Cara unik memperingati kemerdekaan ini mungkin sudah sering kamu lihat ya, sobat tiket? Di Makassar, Sepak Bola Sarung ini menjadi kegiatan yang paling dinanti untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan.

Bahkan, di beberapa kota juga ada kegiatan serupa, namun dengan menggunakan daster! Uniknya, permainan ini dimainkan oleh para laik-laki nih, sobat tiket. Hemm, coba bayangkan gimana susahnya main boleh dengan sarung atau daster ini. Namun tentunya akan selalu berhasil membuat kamu tertawa terbahak deh, sobat tiket!

Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Kegiatan yang Seru!

Gimana nih, sobat tiket? Seru-seru banget kan, cara memperingati kemerdekaan di 5 daerah tersebut? Kalau di daerah kamu, apa nih keunikan dan ciri khas dalam memperingati kemerdekaan?

Bukan hanya cara unik dalam memperingati kemerdekaan saja, ada juga lho menu makanan khas kemerdekaan yang mengingatkan kita pada zaman penjajahan dulu.

Mau mencicipi menu makanan khas kemerdekaan atau ikut menyaksikan kegiatan-kegiatan unik dalam memperingati kemerdekaan di atas? Bisa kok, tinggal pesan tiket pesawat di tiket.com untuk menuju kota-kota tersebut!