Cara Nyoblos di Luar Negeri

,

Cara Nyoblos di Luar Negeri 2019, Ayo Gunakan Hak Suaramu

Cara Nyoblos di Luar Negeri – Kalau di antara sobat tiket ada yang sedang berada di luar negeri dan bertepatan dengan pemilu presiden 2019, maka kalian wajib banget baca artikel ini supaya hak suaramu tidak mubazir.

Kalau kamu bertanya, “bisa nggak tetap ikut nyoblos meskipun kita sedang berada di luar negeri?” Jawabannya bisa banget, sobat tiket. Pemerintah Indonesia memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia yang sedang berada di luar negeri untuk tetap bisa ikut pesta demokrasi yang diadakan setiap lima tahun sekali ini.

Bagaimana Cara Nyoblos di Luar Negeri?

Lalu gimana cara supaya bisa tetap nyoblos di luar negeri? Nah, Komisi Pemilihan Umum alias KPU menerangkan bahwa ada tiga cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap menggunakan hak suara kamu di luar negeri.

Cara Nyoblos di Luar Negeri

Setiap pemilih yang memenuhi syarat boleh memilih satu di antara tiga metode yang disediakan oleh KPU. Nah, ayo langsung saja kita simak tiga cara yang membuat kamu tetap nyoblos meskipun sedang berada di luar negeri.

1. Datang ke TPS di KBRI atau KJRI

Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI menyediakan TPS (Tempat Pemungutan Suara) bagi semua warga negara Indonesia yang sedang berada di luar negeri untuk menggunakan hak pilihnya. Selain KBRI, Konsulat Jenderal Republik Indonesia atau KJRI juga melakukan hal yang sama.

Dengan demikian, kamu hanya perlu datang ke KBRI atau KJRI di negara tempat kamu berada, pilihlah salah satu yang paling dekat dengan posisi kamu. Kalau kebetulan tempat tinggal atau tempat menginap kamu jauh dari KBRI atau KJRI, kamu masih bisa gunakan dua metode lain di bawah ini.

2. Kotak Suara Keliling (Dropbox)

Cara nyoblos di luar negeri yang kedua adalah kota suara keliling atau sering juga disebut dengan istilah dropbox. Cara ini lebih memudahkan para calon pemilih karena kamu tak perlu jauh-jauh datang ke kantor kedutaan atau kedaulatan Indonesia.

Malahan, petugas dari KBRI atau KJRI yang akan datang membawakan kotak suara keliling bagi komunitas warga negara Indonesia, di jam-jam tertentu. Jangan lupa untuk cari tahu lokasi kotak suara keliling atau dropbox yang terdekat dengan posisi kamu ya.

3. Kirim Melalui Pos

Menurut Komisioner KPU, Hasyim Asyari, cara ketiga yang menggunakan pos ini adalah cara yang tahun lalu paling banyak peminatnya. Metode yang satu ini dikhususkan bagi warga negara Indonesia yang menetap di luar negeri.

Caranya sangat mudah. Kamu akan mendapatkan kiriman berupa surat suara yang kosong, lengkap beserta dengan amplop dan perangko. Kamu hanya tinggal nyoblos saja lalu dikirim kembali ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang sudah ditentukan.

Pemilu di Luar Negeri Beda Jadwal, Catat Tanggalnya!

Perlu kamu ketahui juga bahwa jadwal pemilu luar negeri sedikit berbeda dengan yang dilakukan di tanah air. Warga negara Indonesia yang berada di luar negeri sudah bisa mulai untuk memilih pemimpin negara pada tanggal 8 – 14 April 2019. Jadi jangan sampai kelewatan ya.

Selain itu, tips tambahan bagi semua sobat tiket yang berada di luar negeri, usahakan untuk tidak nyoblos terlalu mepet dengan jadwal berakhirnya pemilu di sana. Kemudian pastikan juga bahwa kamu yang datang ke TPS di jam kerja.

Nah, itu dia cara nyoblos di luar negeri. Jangan sampai kamu tidak menggunakan hak pilihmu ya, sobat tiket. Kalau kamu mau jalan-jalan ke luar negeri setelah pemilu, simak cara bikin paspor online. Kalau semuanya sudah siap, ayo pesan tiket pesawat murah ke luar negeri di tiket.com.