Cara Merayakan Idul Adha di Indonesia

, ,

7 Cara Merayakan Idul Adha di Indonesia yang Unik & Sakral

Kamu yang umat Muslim, bagaimana cara kamu merayakan Idul Adha? Hari Raya Idul Adha adalah salah satu momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Saat Hari Raya Idul Adha, biasanya dilakukan pemotongan hewan qurban seperti kambing atau sapi, lalu dibagi-bagikan kepada masyarakat.

Nah Sobat Tiket, kalau di kampung halaman kamu sendiri, kira-kira bagaimana cara masyarakat merayakan Idul Adha? Kamu tahu nggak sih kalau di Indonesia ada berbagai macam cara merayakan Idul Adha? Berikut ini ada 7 cara merayakan Idul Adha yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

Yuk, simak seperti apa cara merayakan Idul Adha di Indonesia yang unik dan sakral ini, Sobat Tiket.

7 Cara Merayakan Idul Adha yang Unik di Indonesia

  1. Tradisi Grebeg Gunungan, Jogja
Cara Merayakan Idul Adha - Tradisi Grebeg Gunungan Jogja
Tradisi Grebeg Gunungan Jogja (Source: shutterstock.com-titaperwitasari)

Cara merayakan Idul Adha ala masyarakat Kota Jogja ini memang berbeda dan lain daripada yang lain. Tradisi Grebeg Gunungan menjadi salah satu cara masyarakat merayakan Idul Adha yang ditunggu-tunggu setiap tahun. Acara yang digelar oleh pihak Keraton Yogyakarta bersama masyarakat Kota Pelajar ini sangat identik dengan arak-arakan gunungan gerbeg yang nantinya akan diperebutkan oleh warga karena dipercaya dapat mendatangkan berkah.

  1. Tradisi Toron (Mudik), Madura
Cara Merayakan Idul Adha - Tradisi Toron Madura
Tradisi Toron (Source: Shutterstock.com-Hioldaweges)

Siapa bilang tradisi mudik cuma bisa dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri? Saat Hari Raya Idul Adha, tradisi mudik atau yang biasa disebut “toron” juga dilakukan oleh warga asal Madura, Jawa Timur. Jadi, setiap kali Idul Adha, orang Madura akan melakukan “toron” alias mudik sambil membawa oleh-oleh. Konon, tradisi ini dibuat untuk menjaga ikatan sosial antara masyarakat Madura perantau dengan tanah kelahirannya. Unik dan penuh makna banget kan cara merayakan Idul Adha a la masyarakat Madura yang satu ini, Sobat Tiket.

  1. Tradisi Accera Kalompoang, Gowa

Cara Merayakan Idul Adha - Accera Kalompoang

Tradisi Accera Kalompoang adalah cara merayakan Idul Adha yang dilakukan oleh masyarakat Gowa, Sulawesi Selatan. Biasanya, setelah Hari Raya Idul Adha, prosesi adat ini dilakukan dengan pencucian benda-benda pusaka milik Kerajaan Gowa. Tentu saja, tradisi Accera Kalompoang Gowa ini menjadi salah satu cara merayakan Idul Adha yang berbeda dari daerah lainnya.

  1. Tradisi Manten Sapi, Pasuruan

Cara Merayakan Idul Adha - Manten Sapi

Kalau biasanya sapi dikurbankan saat Idul Adha, di Pasuruan Jawa Timur ada sebuah tradisi super unik di mana sapi akan didandani terlebih dahulu sebelum disembelih jadi qurban. Tradisi Manten Sapi di Pasuruan memang menjadi cara merayakan Idul Adha yang sudah diwariskan secara turun-temurun. Dalam ritual ini, sapi akan dimandikan kemudian dirias dengan bunga-bunga. Nggak cukup sampai di situ, sapi akan diarak keliling kampung sampai akhirnya dituntun ke halaman masjid. Kamu penasaran nggak buat menonton langsung tradisi Idul Adha yang satu ini, Sobat Tiket?

  1. Tradisi Apitan, Grobogan

Cara Merayakan Idul Adha - Tradisi Apitan Semarang

Masyarakat di Jawa Tengah tentunya juga punya cara merayakan Idul Adha yang menarik banget nih. Di Grobogan, ada yang disebut sebagai Tradisi Apitan. Tradisi yang juga disebut sebagai Tradisi Merti Bumi atau Sedekah Bumi ini digelar setiap tahun sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat terhadap anugerah dan rezeki dari Sang Pencipta.

  1. Tradisi Kaul Negeri dan Abda’u, Maluku Tengah

Cara merayakan Idul Adha yang patut disimak selanjutnya adalah Tradisi Kaul Negeri dan Abda’u yang digelar di Maluku Tengah. Tradisi untuk menyambut Hari Raya Idul Adha ini digelar di Negeri Tulehu dan biasanya selalu dipadati oleh warga masyarakat dari Ambon dan sekitarnya.

Tradisi ini adalah salah satu cara masyarakat merayakan Idul Adha yang dilakukan setelah sholat Idul Adha. Yang membuat unik, sebelum menyembelih hewan kurban yang berupa kambing, kambing tersebut akan digendong oleh pemuka adat dan pemuka agama dan diarak keliling wilayah Negeri Tulehu.

  1. Tradisi Meugang Aceh

Cara Merayakan Idul Adha - Tradisi Meugang

Di Aceh, cara masyarakat menyambut Idul Adha disebut sebagai Tradisi Meugang. Tradisi ini berupa acara memasak daging sapi untuk kemudian dinikmati bersama keluarga dan anak-anak yatim piatu. Tradisi ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu, Sobat Tiket. Tentu saja, selain bisa membagi kebahagiaan saat Hari Raya Idul Adha, Tradisi Meugang Aceh juga bisa meningkatkan rasa solidaritas masyarakat yang diharapkan untuk bisa makin terpupuk saat datang momen istimewa Hari Raya Idul Adha.

Nah, Sobat Tiket, tentunya sekarang udah terbukti kalau Indonesia memang kaya akan tradisi dan ritual unik karena keragaman di berbagai daerah. Kamu tentu udah punya rencana sendiri untuk merayakan Idul Adha di kampung halamanmu. Jangan lupa untuk selalu berbagi kebahagiaan dengan sesama untuk menyambut datangnya momen Hari Raya Idul Adha yang selalu ditunggu-tunggu ini, ya Sobat Tiket.

Oh ya, kalau setelah shalat ied dan potong daging kurban kamu mau bersilaturahmi ke rumah saudara jauhmu, pesan aja sewa mobil murah di tiket.com. Kalau kamu kebetulan mau merayakan Idul Adha ke kota lain dan bingung cara naik kereta api untuk pertama kali, baca artikel tentang cara naik kereta api pertama kali dengan aman dan mudah.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!