keep your money safe while on vacation

,

Cara Aman Menyimpan Uang Saat Liburan ke Luar Negeri

Pergi berlibur memang menyenangkan ya, sobat tiket. Terutama jika kamu sudah kenal betul dengan tempat kamu liburan. Namun lain halnya jika kamu pergi ke suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, seperti pergi ke luar negeri.

Kamu bisa saja berhadapan dengan perbedaan bahasa, perbedaan budaya, dan jalanan rumit yang bisa membuat kamu tersesat. Nah, di saat kamu kebingungan dan kurang waspada, hati-hati ada tangan jahil yang memanfaatkan ketidakwaspadaan kamu.

Tips Menyimpan Uang Saat Liburan

Supaya liburan kamu tetap menyenangkan, kali ini tiket.com mau bagi-bagi tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk membuat dompetmu aman. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko kecopetan ketika liburan di luar negeri. Simak tips berikut ini.

1. Bawa Cadangan Uang

Tips Menyimpan Uang Saat Liburan

Ke manapun kamu pergi, sebaiknya kamu membawa cadangan uang. Terutama, kalau kamu ke luar negeri, kamu harus membawa cadangan uang dalam bentuk dolar. Hal tersebut dikarenakan mata uang dolar diterima di hampir semua negara di dunia dan mudah untuk ditukar.

Kemudian simpan uang cadangan tersebut di beberapa tempat berbeda. Contohnya kamu mencadangan uang sebanyak 200 dolar. Kamu bisa membaginya dan disimpan di beberapa tempat seperti di bagian bawah tas, di koper, di tas kecil, atau bisa juga di sepatu.

Dengan demikian, jika (jangan sampai) tas kamu diambil orang, maka kamu masih ada dana cadangan yang bisa kamu gunakan untuk keperluan lain seperti menginap, makan, ongkos menelepon, dan lain sebagainya.

2. Jangan Bawa Semuanya Sekaligus

Memang alangkah lebih baiknya jika kamu sudah menarik uang dari ATM atau bank di Indonesia terlebih dahulu. Karena jika kamu tarik tunai di luar negeri kemungkinan akan dikenakan charge yang tidak murah juga.

Namun demikian, kamu sebaiknya tidak membawa semua uang tersebut sekaligus ke manapun kamu pergi. Ketika kamu jalan-jalan menjelajah tempat wisata, kamu cukup membawa uang seperlunya saja, serta sejumlah uang cadangan untuk kebutuhan darurat.

3. Foto Dokumen Penting Kamu Sebelum Berangkat

Tips Menyimpan Uang Saat Liburan

Sangat-sangat disarankan untuk mengambil foto semua dokumen penting yang akan kamu bawa liburan ke luar negeri, sebelum kamu berangkat. Jangan lupa juga kirimkan gambar tersebut ke email kamu sendiri, atau simpan di cloud storage.

Pastikan kamu mengambil foto kartu kredit, kartu debit, paspor, visa, dan lain sebagainya. Dengan begitu, jika kamu kehilangan barang, selama kamu masih bisa mengakses internet maka kamu bisa melihat nomor penting dari dokumen tersebut untuk keperluan darurat.

4. Bawa Dompet Tipuan

Jika kamu pergi ke luar negeri di mana angka kriminalitas seperti pencopetan, perampasan, atau pemerasan sangat tinggi, maka kamu bisa membawa dompet bohongan untuk mengelabui penjahat.

Jika kamu didekati oleh seseorang dan diminta untuk menyerahkan dompet, kamu bisa berikan dompet bohongan tersebut. Untuk membuat tampak seperti dompet kamu yang sesungguhnya, kamu bisa memasukkan beberapa dolar dan kartu-kartu yang sudah tidak terpakai.

5. Gunakan Tas atau Pakaian dengan Kantong Tersembunyi

Jika pergi liburan ke luar negeri, sebaiknya kamu tidak menggunakan tas pinggang. Kenapa? Karena selain tidak nyaman, tas pinggang juga menjadi sasaran utama para pelaku kriminal, di mana mereka akan berpikir bahwa kamu menyimpan uang di dalamnya.

Untungnya, sekarang sudah banyak produsen tas atau pakaian yang menyertakan kantong tersembunyi di mana kamu bisa menyembunyikan uangmu, dan juga tidak membuat kamu repot seperti halnya kamu menggunakan tas pinggang.

6. Gunakan Mesin ATM di Dalam Bank

Tips Menyimpan Uang Saat Liburan

Jika kamu harus menarik uang di negara tujuan kamu berlibur, maka sebaiknya untuk menambah tingkat keamanannya kamu tidak menggunakan mesin ATM yang ada di pinggir jalan. Kamu bisa menggunakan mesin ATM yang ada di dalam bank.

Selain risiko perampasan, menggunakan ATM di tempat terbuka juga rawan akan skimmer atau pencurian data nasabah melalui mesin ATM. Selain itu pada umumnya di dalam bank juga ada petugas keamanan sehingga akan lebih aman buat kamu untuk menarik tunai.

7. Gunakan Brankas yang Ada di Penginapan

Nah, kalau semua tips aman membawa uang ketika kamu sedang jalan-jalan di luar negeri di atas sudah kamu terapkan, poin terakhir ini juga tak boleh kamu lupakan agar barang atau uang yang kamu tinggal di hotel juga tetap aman.

Jika kebetulan hotel yang kamu sewa menyediakan brankas, maka gunakanlah brankas tersebut untuk menyimpan barang-barang penting dan juga uang yang kamu bawa ke luar negeri.

Jika tidak ada brankas di hotel yang kamu sewa, maka kamu bisa menyembunyikan uang di tempat-tempat tersembunyi seperti lemari di dalam kamar mandi atau di bawah kasur.

Liburan ke Luar Negeri dengan Nyaman dan Aman

Dengan tips di atas, semoga liburanmu ke luar negeri bisa selalu menyenangkan dan pulang dengan selamat tanpa ada barang yang hilang. Simak juga tips mengenai waktu yang tepat untuk tukar uang sebelum kamu pergi liburan ke luar negeri. Pesan hotel untuk menginap di luar negeri bisa lebih murah melalui tiket.com yang banyak promo tentunya!