, ,

Camping Di Pulau Tak Berpenghuni, Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

Pergi ke gunung, bersantai di pinggir pantai, menyelami bawah laut, atau sekadar menikmati lanskap kota, kami yakin ada banyak alternatif liburan yang Sobat Tiket bisa lakukan untuk refreshing di akhir pekan. Tapi bagi kalian yang ingin mencoba menyapa alam dengan level yang berbeda, berkemah di pulau kosong bisa jadi cara yang seru, loh. Saat ini, memang ada beberapa jasa travel yang menawarkan paket liburan di pulau pribadi. Beberapa pulau di Kepulauan Seribu Jakarta menjadi salah satu destinasi yang biasa ditawarkan.

Jika kamu seorang pecinta alam yang berpengalaman, tentunya berkemah sendirian di pulau tak berpenghuni bukan masalah yang sangat besar. Namun, jika ini adalah pengalaman pertama kamu, nampaknya beberapa hal berikut harus banget kamu perhatikan.

1. Mempersiapkan Mental
Mental adalah awal dari semuanya. Apapun yang akan kamu lakukan, mental yang kuat akan sangat membantu. Begitu juga dengan rencana perkemahan ini. Siapkan mentalmu terlebih dahulu. Ingat, rencana awalmu adalah untuk refreshing. Jangan sampai rencana ini justru membuatmu stres. Jika kamu rasa kamu belum siap, lebih baik urungkan dahulu niatmu untuk berkemah di pulau.

2. Pastikan Peralatan Penting Terbawa
Kamu akan berkemah, bukan jalan-jalan ke taman ria. Tentunya banyak keterbatasan fasilitas yang akan kamu hadapi. Jadi, alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan peralatan-peralatan penting yang bisa kamu bawa. Ingat, bawalah seperlunya saja, yang terpenting adalah peralatan tersebut berguna saat berkemah. Pastikan kamu membawa peralatan seperti korek api, baterai, pakaian ganti seperlunya, dan juga peralatan memasak yang sederhana. Tidak ketinggalan, baterai, alat komunikasi, dan senter yang memadai.

3. Hiburan
Siapa bilang berkemah itu tidak butuh hiburan? Namanya juga refreshing, artinya menyegarkan kembali pikiran kamu yang sedang jenuh. Namun, hiburan di sini bukan soal sound system yang megah atau gadget mewah dengan suara menggelegar. Karena nuansanya adalah berkemah, bawalah hiburan sederhana yang bisa membawa keceriaan untuk kamu dan teman-teman kamu. Gitar dan tambourine bisa menjadi pilihan sederhana untuk menghiburmu di tengah api unggun di malam hari.

4. Persediaan Makanan
Iya, kita memang akan berkemah, namun bukan berarti kamu pergi tanpa bekal makanan. Meskipun di sana kamu bisa berburu dan memancing,bukan berarti kamu harus mengandalkan itu saja untuk bertahan hidup. Berkemah di pulau tidak seekstrim itu kok. Jadi, supaya kamu punya tenaga yang cukup selama berkemah, pastikan kamu membawa perbekalan pokok seperti nasi, garam, mie instant, dan bahan makanan lainnya.

5. Baterai yang cukup
Di era modern seperti saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa kita tidak bisa lepas dari teknologi. Meskipun sedang berkemah, ada baiknya kamu menyiapkan baterai yang cukup untuk alat komunikasi kamu. Selain berguna di saat darurat, alat komunikasi seperti smartphone, yang memiliki senter juga bermanfaat untuk menerangi kamu di malam hari.