Bandara Terbesar di Indonesia

,

Urutan Bandara Terbesar di Indonesia 2019, Kamu Harus Tahu

Bandara Terbesar di Indonesia – sobat tiket pasti tahu bahwa kebutuhan manusia akan selalu meningkat setiap waktu. Sama halnya dengan kebutuhan akan transportasi yang digunakan baik itu untuk mengangkut penumpang maupun barang.

Hal tersebut membuat banyak sekali bandara yang ada di Indonesia melakukan perluasan, dan akhirnya munculah beberapa bandara terbesar. Tak hanya ukurannya saja yang sangat luas, keberadaannya pun sangat penting di Indonesia.

9 Bandara Terbesar yang ada di Indonesia

Kalau kamu punya kesempatan untuk datang ke salah satu bandara terbesar di Indonesia di bawah ini, kamu boleh meluangkan waktu sejenak untuk mengagumi betapa kerennya bandara tersebut, tak kalah dengan yang ada di luar negeri.

Nah, tanpa berlama-lama, tiket.com persembahkan nih buat semua sobat tiket daftar bandara di Indonesia yang termasuk terbesar di antara yang lainnya. Kalau sudah penasaran boleh langsung lihat daftarnya di bawah ini.

1. Bandara Soekarno Hatta

Bandara Terbesar di Indonesia

Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta melayani penerbangan dari dan ke Jakarta. Namanya diambil dari tokoh yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia, yakni Soekarno dan Mohammad Hatta, sang proklamator kemerdekaan.

Bandara ini terletak di kota Tangerang, Banten dan mulai beroperasi pada tahun 1986, di mana menggantikan Bandara Kemayoran yang saat itu sudah dirobohkan. Dengan luas yang mencapai 2.137 hektar, ada tiga terminal di bandara Soekarno Hatta dan banyak maskapai yang tersedia.

2. Bandara Kertajati

Bandara Kertajati yang diresmikan pada tanggal 24 Mei 2018 lalu ini merupakan bandara terbesar di Indonesia kedua setelah Soekarno Hatta. Luasnya hampir menyamai bandara yang ada di Jakarta tersebut yang mencapai 1.800 hektar.

Bandara yang juga disebut dengan julukan Bandara Internasional Jawa Barat ini letaknya ada di Kertajati Majalengka. Bandara ini diketahui dibangun untuk menggantikan Bandara Husein Sastranegara yang ada di Bandung.

3. Bandara Hang Nadim

Bandara Hang Nadim merupakan bandara bertaraf internasional yang berada di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Nama bandara ini diambil dari seorang laksamana terkenal dari Kesultanan Malaka bernama Hang Nadim.

Dengan luas sekitar 1.760 hektar, bandara ini termasuk ke dalam daftar bandar udara terbesar yang ada di Indonesia. Selain itu, Bandara Hang Nadim juga memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia dengan panjang 4.025 meter.

4. Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu bisa dibilang merupakan bandara baru di Indonesia. Nama bandara ini diambil dari kota lokasinya berada yakni di Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Luas bandara ini mencapai 1.365 hektar sehingga tak heran kalau Kualanamu menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia. Bandara ini memiliki satu landasan pacu yang bisa digunakan untuk lepas landas atau mendarat oleh pesawat dengan badan yang lebar.

5. Bandara Minangkabau

Bandara Minangkabau berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Dengan luas yang mencapai 482 hektar, bandara Minangkabau ini tetap terus mendapatkan pengembangan agar bisa menjadi bandara yang lebih luas dan megah.

Selain itu, bandara Minangkabau ini juga dilengkapi dengan moda transportasi kereta. Sama seperti dengan yang ada di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Kualanamu. Kereta tersebut mulai beroperasi pada 21 Mei 2018 lalu.

6. Bandara Juanda

Bandara Juanda terletak di Kota Surabaya dengan landasan pacu yang panjangnya 3.000 meter dan lebarnya 45 meter. Lokasi bandara ini tepatnya berada di Betro, Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sekitar 12 kilometer dari Surabaya.

Bandara yang termasuk ke dalam bandara terbesar di Indonesia dengan luas 477 hektar ini mendapatkan namanya dari seorang wakil perdana menteri terakhir Indonesia bernama Djuanda Kartawidjaja.

7. Bandara Sultan Hasanuddin

Bandara Sultan Hasanuddin ini lokasinya kira-kira 20 kilometer dari Kota Makassar. Dulunya bandara ini dijuluki dengan sebutan Lapangan Terbang Kadieng yang dibangun pada tahun 1935. Kini, bandara Sultan Hasanuddin menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia.

Selain itu, bandara ini juga masuk ke dalam daftar bandara terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 381 hektar. Tak hanya sampai di situ saja, bandara Sultan Hasanuddin juga merupakan salah satu bandara paling terkenal di Indonesia.

8. Bandara Sepinggan

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau yang lebih populer dengan sebutan Bandara Sepinggan ini juga turut ambil posisi dalam daftar bandara terbesar. Luasnya mencapai 300 hektar dan masih akan mendapatkan pengembangan ke depannya.

Selain itu, bandara Sepinggan juga memiliki desain interior yang sangat mewah yang bisa membuat para pengunjung betah untuk berada di sini sambil menunggu panggilan boarding untuk naik ke dalam pesawat.

9. Bandara Ngurah Rai

Bandara Terbesar di Indonesia

Terakhir, bandara terbesar di Indonesia ini berada di Pulau Bali dan sangat terkenal. Namanya adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai. Lokasinya kira-kira berjarak sekitar 12 kilometer dari Denpasar, ibukota Bali.

Bandara Ngurah Rai yang luasnya mencapai 285 hektar ini bisa melayani pesawat dengan ukuran kecil hingga Boeing. Gusti Ngurah Rai merupakan salah seorang tokoh di Bali yang gugur dalam perang melawan penjajah.

Perjalanan udara di Indonesia bisa dibilang sangat penting karena negara ini terdiri dari ribuan kepulauan. Dengan begitu kamu bisa pergi ke satu tempat ke tempat lain di Indonesia dengan lebih mudah. Oleh karena itu bandara terbesar di Indonesia yang sudah disebutkan di atas tadi hadir untuk menambah kenyamanan kamu dalam bertransportasi. Mau tau cara beli tiket pesawat dengan mudah dan murah? Langsung saja install aplikasi tiket.com di smartphone kamu.