,

Ayo Kurangi Jejak Karbon Anda Saat Traveling

Take nothing but picture, leave nothing but footprints.”  Kalimat ini sering didengar terutama bagi Anda yang suka jalan-jalan. Yup, di zaman sustainable tourism (pariwisata berkelanjutan) Anda nampaknya harus berpikir ulang saat akan melakukan perjalanan liburan agar mampu memberikan dampak positif kepada lingkungan, masyarakat & ekonomi.

Liburan akan lebih bermakna apabila Anda tidak hanya bersenang-senang tapi juga menjaga keindahan yang Anda rasakan sekarang untuk diwariskan pada anak cucu Anda. Inilah beberapa langkah kecil yang bisa memberikan dampak besar jika dilakukan bersama-sama.

  1. Pergi bersama dengan teman-teman. Selain lebih efesien bahan bakar, hal ini juga lebih seru & menyenangkan.
  2. Naik transportasi umum. Tidak ada salahnya jika sesekali Anda mencoba melakukan perjalanan tanpa kendaraan pribadi Anda.
  3. Jangan lupa memeriksa jalur transit & rute tersingkat saat menggunakan transportasi umum. Anda juga dapat mengombinasikan berbagai moda transportasi umum seperti kereta api dan bis.
  4. Bersepeda keliling kota. Selain lebih ramah lingkungan, Anda bisa menikmati perjalanan dengan lebih sehat.
  5. Destinasi Anda dekat? Jalan kaki saja. Tantang diri Anda untuk melakukan hal yang berbeda saat berlibur.
  6. Manfaatkan teknologi. Cari informasi tentang lokasi yang akan dituju sehingga tidak perlu buang waktu dan bahan bakar saat Anda kebingungan mencari lokasi tersebut.
  7. Rencakan perjalanan Anda. Dengan demikian pengeluaran, waktu, dan tenaga Anda akan optimal. Simpan uang dan momennya untuk saat yang tepat.