Artjog 2019

,

Artjog 2019: Arts in Common, Bukan Festival Kesenian Biasa!

Di antara banyaknya festival kesenian yang digelar di Indonesia setiap tahunnya, Kota Jogja sebagai salah satu kota yang penuh seni juga menggelar satu festival seni yang berskala besar. Festival tersebut adalah Artjog.

Artjog merupakan sebuah festival kesenian yang digelar setiap tahun dan berpusat di Yogyakarta. Di festival ini kamu bisa menemukan pameran dan juga pasar seni rupa kontemporer. Kalau kamu suka dengan karya seni yang keren, unik, dan berbeda, maka kamu bisa datang ke festival ini.

Artjog 2019, Festival Wajib di Bulan Juli

Sumber: artjog.co.id

Artjog sudah diselenggarakan mulai dari tahun 2008. Pada saat itu, festival ini memiliki nama Jogja Art Fair yang merupakan pameran seni rupa kontemporer pertama di Indonesia. Terhitung ada 135 seniman yang ikut meramaikan festival tersebut. Pendaftaran seniman yang bisa mengikuti festival tersebut terbuka untuk umum tanpa ada proses seleksi. Hasilnya adalah pameran dengan jumlah lebih dari 450 karya seni yang ditampilkan secara bergantian setiap minggunya.

Kemudian pada tahun 2010, Jogja Art Fair semakin banyak menarik perhatian para penggiat seni di Indonesia dan mengganti nama festival tersebut dengan ARTJOG. Aminudin T.H. sebagai kurator dari festival tersebut mempersembahkan tajuk “Indonesian Art Now: The Strategies of Being”. Di tahun tersebut ada 160 seniman yang ikut berpartisipasi.

Nah, dimulai dari tahun ini, Artjog 2019 akan lebih mempertegas bahwa festival kesenian kesenian kontemporer ini memiliki skala internasional yang pusatnya berada di Jogja. Dalam festival ini kamu akan menemukan berbagai macam presentasi bentuk seni dari beragam disiplin.

Festival ini diselenggarakan sebagai sebuah bentuk komitmen agar batas-batas praktik dan pemaknaan dalam seni kian menipis. Selain itu festival ini juga dibuat agar dapat terus menumbuhkan dan juga menjaga hubungan baik antar para seniman, pasar, pemangku kebijakan, dan juga masyarakat luas.

Sumber: artjog.co.id

Festival yang diadakan setiap tahunnya ini terus menawarkan sudut pandang yang berbeda agar publik bisa melihat karya seni dari sudut yang lebih luas. Festival ini bahkan juga diikuti oleh banyak seniman, kolektor seni, hingga eksekutif galeri yang ada di Indonesia dan juga luar negeri.

Melalui proses pendaftaran yang terbuka, Artjog 2019 memberikan kesempatan besar bagi semua penggiat seni baik itu yang sudah lama, ataupun bagi mereka yang baru terjun di dunia ini. Hal ini sekaligus bisa jadi ajang untuk mencari bakat-bakat seni yang dimiliki oleh seniman generasi muda. Selain itu jenis media seni yang akan dipilih di sini juga sangat beragam, mulai dari lukisan, grafik, foto, instalasi, multi-dimensi, patung, mekanik-kinetik, seni pertunjukan, dan lain sebagainya.

Salah satu daya tarik dari Artjog yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya adalah perubahan wajah dari halaman depan tempat festival ini diselenggarakan. Artjog menugaskan sejumlah seniman untuk mengubah tampilan depan dari bangunan dan/atau halaman depan menjadi sesuatu yang unik dan keren sehingga sangat menarik untuk ditunggu.

Lokasi dan Jadwal Artjog 2019

Di tahun 2019 ini, Artjog akan diselenggarakan selama satu bulan atau 30 hari mulai dari tanggal 25 Juli hingga 25 Agustus. Ketika kamu menghadiri festival kesenian ini, kamu akan diajak untuk berkeliling ruang pameran yang dipandu oleh tim kurator dari Artjog di Jogja National Museum (JNM) Jalan Professor Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta atau lihat peta di sini.

Sumber: artjog.co.id

Tim kurator tersebut akan memberikan penjelasan lengkap mengenai konteks dan juga konsep dari setiap hasil karya yang ditampilkan. Hal tersebut dilakukan supaya para pengunjung festival bisa lebih dekat dengan karya seni yang ada sekaligus menjadi sarana belajar yang baik.

Tema besar yang akan diangkat dalam festival Artjog 2019 ini adalah “Arts in Common”. Jika diterjemahkan secara harfiah, ‘common’ memiliki arti ‘yang umum’ atau ‘yang biasa. Nah, perumusan tema Artjog 2019 tersebut ditujukan agar festival ini bisa semakin dekat dengan masyarakat luas dengan menghadirkan karya seni yang ramah dan membumi bagi semua pengunjung.

Tips Menuju ke Artjog 2019

Artjog ini ditujukan bagi siapa saja yang ingin menyaksikan hasil karya seni dari para seniman lokal atau mungkin bagi kamu yang ingin terjun ke industri ini. Nah, kalau kamu mau datang ke Artjog 2019, kamu bisa datang ke festival tersebut yang diadakan di Jogja National Museum. Ada banyak cara menuju ke tempat tersebut. Cara paling mudah dan paling cepat bagi kamu yang tinggal jauh dari kota Jogja, kamu bisa pesan tiket pesawat ke Bandara Internasional Adisutjipto Jogja. Museum Nasional Jogja hanya berjarak sekitar 40 menit saja dari bandara.

Ada juga alternatif transportasi darat yang tak kalah nyaman dan lebih terjangkau. Kamu bisa pesan tiket kereta api ke Jogja dan turun di salah satu stasiun baik itu Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Lempuyangan. Dari Stasiun Yogyakarta kamu bisa menuju ke Museum Nasional Jogja dengan menempuh jarak kurang lebih 10 menit saja, sedangkan dari Stasiun Lempuyangan kurang lebih 15-25 menit.

Nah, untuk tempat menginapnya, kamu tak perlu khawatir karena ada banyak sekali pilihan hotel di Jogja yang bisa memenuhi kebutuhan kamu. Mulai dari hotel murah di Jogja hingga hotel berbintang bisa kamu temukan di sini.

Ayo ke Artjog 2019 di Jogja

Sebagai salah satu kota di Jawa yang memiliki jiwa seni tinggi, Jogja memang sudah banyak menghasilkan sejumlah nama yang terkenal di dunia seni. Maka dari itu kamu bisa datang ke Artjog 2019 dan menyaksikan sendiri bakat-bakat seni yang muncul dari festival tersebut nantinya. Nah, mumpung di sana, jangan lupa buat mencicipi makanan khas Jogja yang bikin kangen selalu.