Angkringan Jogja

,

5 Angkringan Jogja yang Enak dan Terkenal, Pasti Bikin Kangen!

Angkringan Jogja – Kota Yogyakarta memang punya sesuatu yang selalu bikin kita ingin kembali ke sini untuk kesekian kalinya. Mulai dari suasana kotanya yang bikin kangen, hingga kulinernya yang sederhana tapi rasanya nempel di lidah dan di hati.

Ngomongin soal kuliner, sobat tiket yang udah pernah ke Jogja sebelumnya pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya angkringan. Betul, tempat makan bermodalkan gerobak ini menjajakan beragam jenis makanan mulai dari sate-satean, nasi, hingga minuman hangat.

Angkringan di Jogja buat Makan Enak dan Nongkrong Santai

Angkringan yang ada di Kota Jogja ada sangat banyak jumlahnya sampai mungkin kamu bisa menemukannya hampir di setiap sudut kota. Tapi kalau kamu cari yang terkenal, ada beberapa angkringan yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Ini dia daftarnya.

1. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Jogja yang pertama ini bisa dibilang sangat legendaris dan terkenal seantero kota. Pedagang dari Angkringan Kopi Jos Lik Man ini adalah generasi pertama dari orang-orang yang umumnya datang dari Klaten untuk membuka tempat makan di kota ini.

Nah, menu andalan yang juga membuat tempat ini istimewa adalah Kopi Jos. Bukan sembarang kopi, minuman ini disajikan dengan arang panas yang dicelupkan langsung ke dalam kopi. Hasilnya adalah kadar kafein yang turun karena sudah dinetralkan oleh arang.

Hasil itu juga didukung dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang sering datang ke sini untuk makan dan nongkrong bareng teman-teman. Diberi nama ‘jos’ karena suara yang ditimbulkan saat arang dimasukkan ke dalam kopi.

Alamat Angkringan Kopi Jos Lik Man: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

2. Angkringan Pak Jabrik

Angkringan Pak Jabrik atau lebih sering dikenal dengan sebutan Angkringan KR juga merupakan salah satu angkringan Jogja yang terkenal. KR didapat dari Kantor Kedaulatan Rakyat yang lokasinya berada tepat di depannya.

Tempat ini jarang sekali sepi, bukan hanya oleh warga setempat saja, tapi juga turis yang ingin mencoba makan di angkringan. Menu yang bisa kamu pilih ada sangat banyak mulai dari nasi kucing sambel teri, oseng tempe, oseng jamur, dan lainnya.

Meskipun tempatnya sederhana, di mana kamu akan menyantap makanan dengan lesehan, tapi yang datang ke tempat ini berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga orang kantoran.

Alamat Angkringan KR Pak Jabrik: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

3. Angkringan Kang Harjo Wijilan

Kawasan Wijilan yang ada di Jogja sangat terkenal dengan gudegnya. Di tempat ini ada angkringan yang terkenal bernama Angkringan Kang Harjo. Namun tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Angkringan Wijilan.

Setiap harinya, banyak sekali orang yang berdatangan untuk makan di sini, atau nongkrong dan ngobrol bersama teman-teman. Ditemani dengan minuman hangat seperti teh, kopi, atau jahe, ini jadi tempat nongkrong yang populer di kalangan orang Jogja.

Alamat Angkringan Wijilan: Jl. Wijilan, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

4. Angkringan Pak Jack

Sebagai kota yang sangat lekat dengan tempat makan angkringan, ada satu lagi yang terkenal dari banyaknya angkringan di Jogja. Memiliki lokasi yang strategis, Angkringan Pak Jack ini selalu dipenuhi oleh anak-anak muda untuk mengisi perut atau nongkrong. Di sini juga tersedia menu minuman kopi jos.

Alamat Angkringan Pak Jack: Jl. Jend. Sudirman No.44, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

5. Angkringan Pendopo Ndalem

Di Jogja ada juga angkringan yang dihadirkan dengan cara berbeda dari biasanya. Angkringan Pendopo Ndalem ini berada di dalam ruangan yang ber-ac dan dilengkapi juga dengan Wi-Fi. Bagi kamu yang ingin makan, ngobrol santai, atau membawa laptop, ini bisa jadi tempat yang cocok.

Alamat Angkringan Pendopo Ndalem: Jalan Sompilan Ngasem No.12, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

Nongkrong Seru dan Murah di Angkringan Jogja

Sayang banget kalau kamu lagi liburan ke Jogja tapi ngga menyempatkan buat mampir ke salah satu Angkringannya. Nah, kalau kamu kebetulan berada dekat di salah satu angkringan yang udah disebutin di atas, maka itu artinya kamu wajib mampir dan nyobain makan di sana. Butuh penginapan? Kamu bisa pesan hotel dekat Malioboro melalui tiket.com, lho! Sekalian beli tiket keretanya buat berangkat liburan ke Jogja, ya!