,

Main ke Amphawa Floating Market, Bisa Ngapain Aja?

Sobat tiket pencinta kuliner, penggila jelajah budaya, dan haus akan petualangan dan tantangan baru? Kalau iya, tidak ada tempat paling baik untuk mewujudkan ketiganya selain di Amphawa Floating Market di Bangkok, Thailand. 

Tempat ini adalah kombinasi dari budaya yang sangat unik, beragam kuliner dengan aroma dan rasa yang bercampur di udara, pun kaya akan pengalaman yang tidak terlupakan. Sangat ramai, terutama di akhir pekan.

Sekilas tentang Amphawa Floating Market

Memang, ada banyak sekali pasar apung atau floating market yang dimiliki Thailand. Namun, jika kamu menginginkan pasar dengan nuansa tradisional yang masih sangat kental, tidak ada yang mengalahkan Amphawa Floating Market.

Komunitas pertanian Amphawa menggunakan sungai sebagai pusat perdagangan dan mata pencaharian sehari-hari. Demi menunjang aktivitas itu, dibangunlah rumah-rumah dari kayu di sepanjang sungai tersebut. 

Paling khas dari tempat ini adalah budaya alami dan tradisi pasar terapung yang masih tradisional dan terjaga hingga saat ini. Padahal, ini bukan jadi satu-satunya sumber penghasilan penduduk setempat. 

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Amphawa Floating Market?

Sobat tiket perlu tahu kalau Amphawa Floating Market ini baru aktif beroperasi pada pukul 14.00 waktu setempat. Pasti akan muncul pertanyaan, “Kenapa enggak dari pagi aja sih? ‘Kan udaranya masih segar, nggak panas pula.”

Sebenarnya, nggak asal buka siang. Ini ada alasannya, karena aliran Sungai Mae Klong yang dipakai buat transportasi kapal dan tempat berdagang ini lokasinya dekat banget sama laut. Jadi, sudah pasti ikut kena dampak pasang surut air laut. 

Nah, dari pagi sampai siang, debit air di Sungai Mae Klong ini surut, dan perahu atau kapal jadi susah untuk berlayar, dong. Mendekati pukul 14.00 waktu setempat, debit airnya baru mulai pasang lagi, makanya aktivitas baru dimulai pada jam itu. 

Sobat tiket pasti tahu dong harus ngapain kalau sudah sampai di sini. Belum tahu? Kalau belum, ini kegiatan yang bisa kamu lakukan sesampainya di Amphawa Floating Market, pasar apung paling hits di Thailand:

1. Sudah Pasti Makan, Dong!

Sumber: Shutterstock.com

Sudah bisa dipastikan, Amphawa Floating Market jadi surga kuliner buat sobat tiket yang demen banget makan. Namun, karena pedagangnya ada di sepanjang aliran sungai, kamu harus sewa perahu dulu. Harganya sekitar 500 Baht atau Rp235.000, kapasitas maksimal 8 orang. 

Supaya lebih murah, kamu bisa gabung sama wisatawan lain, jadi bayarnya patungan. Ini cara paling mudah buat kamu yang bujetnya pas-pasan saat main ke Thailand. Selama naik perahu, kamu bisa puas jajan sambil menikmati pemandangan. 

Cobain kue ikan yang disajikan dengan saus manis. Harganya sekitar 20 Baht atau sekitar Rp9.200. Lebih enak lagi kalau dimakan selagi panas sambil kamu berkeliling pasar mencari jajanan lainnya. Mango sticky rice juga nggak boleh kamu lewatkan.

Jangan sampai lupa untuk mencoba seafood. Di Thailand, makanan satu ini beneran favorit, jadi kamu pasti nyesel kalo nggak nyobain. Harganya beragam, tergantung beratnya, tetapi kalau mau bocoran, lima udang ukuran besar adalah 300 Baht atau sekitar Rp139.000.

Kalau kamu suka sama makanan seperti bakpao, siomay, atau dimsum, Amphawa Floating Market juga menjualnya. Harga satu porsinya 20 Baht, sekitar Rp9.200. Camilan ini menggunakan bahan babi, kalau kamu tidak boleh makan, sebaiknya tanya dulu. 

Tidak hanya menjual makanan, Amphawa Floating Market juga memiliki sentra jualan buah tangan alias suvenir. Benda-benda unik khas Thailand bisa sobat tiket dapatkan di sini dengan harga yang sangat terjangkau. 

Mengajak buah hati main ke Amphawa Floating Market juga tidak ada salahnya, karena tempat ini juga sangat ramah anak. Selain banyaknya camilan manis, pasar apung ini juga menawarkan beragam mainan yang pasti disukai anak. 

Jangan cepat bosan kalau main ke Amphawa Floating Market, karena di malam hari, tempat ini akan semakin ciamik. Ikutlah berjalan menyusuri sungai, dan kamu bisa melihat ribuan cahaya dari kunang-kunang yang menerangi pepohonan. 

Sungai Mae Klong memang berdekatan dengan area hutan mangrove, dan area itu menjadi habitat bagi para kunang-kunang. Namun, kalau kunang-kunangnya nggak muncul, kamu nggak perlu sedih, karena cahaya bintang di langit juga nggak kalah cantiknya, kok!

2. Menjelajahi Wat Bang Khae Noi

Sumber: Shutterstock.com

Kalau sudah puas makan, kuy jalan-jalan lagi! Ada satu destinasi wisata yang lokasinya nggak jauh dari Amphawa Floating Market, yaitu Wat Bang Khae Noi. Kuil ini dibangun oleh Khunying Chui (Noi) Wongsarot pada tahun 1868 silam. 

Mulanya, bagian aula penahbisan atau Ubosot dari kuil ini dibangun di atas rakit bambu yang diikat ke pohon Bodhi di tepi aliran Sungai Mae Klong. Sekarang, kuil ini sudah dipugar dan menjadi sangat indah. 

Tetap saja, bagian paling menarik untuk sobat tiket datangi adalah aula penahbisannya. Kamu akan lihat, bagian dalam ruangan ini berupa ukiran kayu yang menceritakan sejarah, kelahiran, pencerahan, dan Nirwana Sang Buddha.

Kamu juga bisa menemukan cerita Jataka Sang Buddha atau Sepuluh Inkarnasi yang sangat sakral. Dibalut desain yang begitu indah dari sang pengrajin asal Phetchaburi, Wat Bang Khae Noi benar-benar kuil yang amat menawan. 

Alamat: Tambon Khwae Om, Amphoe Amphawa, Chang Wat Samut Songkhram, Thailand

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat

Harga Tiket: Gratis

Cara ke Amphawa Floating Market

Lokasi Amphawa Floating Market ada di Distrik Amphawa, Provinsi Samut Songkhram. Dari pusat Kota Bangkok, jaraknya sekitar 50 kilometer. Sobat tiket bisa naik kendaraan selama sekitar 1,5 jam ke sini. Kalau jam sibuk, waktu perjalanan tentu jadi lebih lama. 

Sobat tiket bisa sewa motor kalau pergi berdua pasangan atau sendirian. Kalau mainnya barengan sama teman, sewa mobil juga bisa. Kalau mau menikmati perjalanan atau cari-cari pengalaman, naik kendaraan umum dari Victory Monument aja. 

Waktu yang Tepat untuk Datang ke Amphawa Floating Market

Mayoritas pasar apung di Thailand mulai beroperasi pada pagi hari. Namun, Amphawa Floating Market adalah pasar apung akhir pekan yang buka mulai siang. Jadi, sudah pasti waktu paling baik untuk datang dan senang-senang adalah mulai siang sampai malam di akhir pekan.

Supaya lebih memudahkan main-mainnya di sini, sobat tiket bisa cari dan pesan tiket pesawat juga hotel di aplikasi tiket.com. Ada banyak pilihan hotel yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan tentu saja, isi dompet.

Main-Main ke mana Lagi di Thailand?

Sudah pasti banyak banget destinasi wisata di Thailand yang bisa kamu datangi, mau sama pasangan, teman, bahkan keluarga. Apalagi kalau sobat tiket suka banget sama belanja, ada banyak banget surga belanja di Bangkok, Thailand yang pasti oke banget. 

Mau pasar tradisional, pasar malam, sampai sentra belanja paling mewah, semua bisa kamu temui di Thailand. Cari informasi tentang destinasi dulu sebelum berangkat, supaya waktu jalan-jalannya jadi nggak sia-sia.