Feature - Air Terjun Sipiso-piso

,

Liburan Seru dengan Pemandangan Alam di Medan? Ke Air Terjun Sipiso-Piso Aja!

Halo sobat tiket!

Kali ini, tiket.com mau kasih kamu referensi tempat wisata di kota Medan, nih! Jadi, kalau kamu yang sedang merencanakan untuk berlibur ke Medan dalam waktu dekat, artikel ini cocok banget deh untuk kamu.

Saat pergi ke Medan, kamu mau ke mana nih, sobat tiket? Danau Toba mungkin akan menjadi salah satu destinasi yang mau kamu kunjungi ya. Danau Toba memang objek wisata di Medan yang terkenal, baik untuk kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Namun, Medan juga memiliki tempat wisata lainnya lho yang tidak kalah indahnya, seperti Air Terjun Sipiso-piso. Bagi masyarakat lokal, nama Air Terjun Sipiso-Piso memang sudah tidak asing, tapi untuk wisatawan, objek wisata ini masih sangat asing ya, sobat tiket.

Padahal, lokasi objek wisata ini tidak jauh lho dari Danau Toba. Jadi, setelah mengunjungi Danau Toba, kamu bisa sekalian berkunjung ke tempat ini deh!

Tentang Air Terjun Sipiso-piso

1 Air Terjun Sipiso-piso
Sumber: Shutterstock.com

Air terjun yang terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo ini mendapatkan predikat sebagai air terjun tertinggi keempat di Indonesia. Air terjun Sipiso-Piso terbentuk akibat reruntuhan dinding kaldera hasil tiga periode letusan gunung api dan memiliki ketinggian 120 meter.

Penamaan Air Terjun Sipiso-piso ini juga konon karena air terjunnya berbentuk seperti hujaman pisau. Derasnya air yang berjatuhan dari air terjun ini memang mirip dengan pisau yang tajam sih, sobat tiket. Selain itu, nama piso juga diambil dari curamnya jurang di sekitar air terjun jika dilihat dari atas bukit. Untuk itu, orang sekitar menyebutnya piso dari Tanah Karo.

Air terjun ini berasal dari aliran Sungai Pajanabolon dan bermuara ke Danau Toba. Tempatnya berada di area perbukitan pada ketinggian 800 mdpl dan dikelilingi dengan hutan pinus. Kamu bisa melihat air nampak berjatuhan di antara tebing secara vertikal.

Air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air untuk masyarakat sekitar lho, sobat tiket, seperti desa Pangambatan, Aek Hotang, dan sebagainya.

Kalau sobat tiket pertama kali berkunjung ke sana, sebaiknya kamu mampir dulu ke gardu pandang Air Terjun Sipiso Piso Medan. Melalui tempat ini, kamu bisa menikmati indahnya Air Terjun Sipiso Piso dari kejauhan. Dari sana juga akan terlihat keindahan Tanah Karo dan Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.

Setelah puas melihat dari jauh, kamu bisa merasakan percikan derasnya air terjun dari dasarnya. Normalnya, kamu butuh waktu sekitar 30-45 menit untuk sampai ke dasar air terjun. Sobat tiket harus berhati-hati karena anak tangga yang berjumlah ratusan ini curam dan berkelok-kelok.

Fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup memadai kok, sobat tiket. Ada lahan parkir dan warung-warung penjual makanan serta minuman di area ini. Namun, untuk penginapan kamu harus mencarinya di Desa Tongging atau Desa Kabanjahe.

Terdapat juga orang-orang yang menjual souvenir dengan kisaran harga mulai dari Rp10.000. Barang yang dijual pun berbagai. Mulai dari gantungan kunci, baju, syal, dan sandal.

Cara Menuju Ke Air Terjun Sipiso-piso

2 Air Terjun Sipiso-piso
Sumber: Shutterstock.com

Letak Air Terjun Sipiso-piso berada di Kabupaten Karo dan berdekatan dengan Desa Tongging. Untuk menuju ke Air Terjun Sipiso-piso, membutuhkan waktu perjalanan selama 3 jam dari Kota Medan dengan menggunakan mobil pribadi. Selain itu, untuk sobat tiket yang ingin menggunakan angkutan umum, kamu bisa menggunakan Bus Sinabung Jaya dengan tarif Rp25.000 dari Terminal Terpadu Amplas di Medan.

Sampai Kabanjahe, lanjutkan perjalanan menuju Desa Tongging, atau sekitar 24 kilometer ke utara, melewati Danau Toba. Kondisi jalan menuju Air Terjun Sipiso-piso ini terbilang tidak sulit kok sobat tiket. Sehingga perjalanan darat tersebut hanya akan memakan waktu sekitar 45 menit saja.

Setibanya di Tongging, kamu akan menemukan loket wisata menuju air terjun. Hanya dengan membayar Rp5.000, kamu sudah bisa masuk ke kawasan wisata satu ini. Sedangkan untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Objek Lain di Sekitar Air Terjun Sipiso-Piso

Selain itu, objek wisata lain yang layak kamu coba di sekitar Air Terjun Sipiso-Piso adalah Taman Simalem Resort. Objek wisata yang memiliki lahan seluas 206 hektar dan fasilitas taman bunga, kebun buah, serta ekosistem hutan pinus ini layak untuk dikunjungi.

Ada juga Taman Pelangi Sapo Juma dan Juma Ertuah, yang hanya berjarak 900 meter dari  Air Terjun Sipiso-piso. Dengan berjalan kaki, kamu hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk tiba di tempat ini.

Tempat tersebut menawarkan pemandangan indah Danau Toba dari ketinggian dan hamparan luas taman bunga. Ingin beristirahat sambil menikmati hidangan makanan? Tenang sobat tiket, karena ada coffee shop yang menyediakan aneka ragam makanan dan minuman. Seperti nasi goreng, mie goreng, bandrek, pisang goreng, kopi, dan juga teh bisa kamu pesan.

Keunikan yang bisa kamu temui dari Coffee shop ini adalah bahan-bahannya yang berasal dari kebun sendiri, sobat tiket. Jadi, sudah terjamin ya kesegarannya.

Gimana sobat tiket? Terbayang kan gimana serunya saat kamu berlibur ke kawasan wisata ini? Nah, untuk kamu yang ingin lebih dekat dengan Danau Toba, kamu bisa mencoba berkemah di daerah Paropo, Silalahi, dan Tongging.

Sedangkan untuk sobat tiket yang ingin mencoba suasana berenang di kolam dengan pemandangan Danau Toba, bisa juga langsung ke kolam enang Armina. Kolam renang ini merupakan kolam renang umum yang yang memang disediakan untuk wisatawan. Biaya masuknya hanya Rp20.000 per orang kok, sobat tiket. Murah kan?

Sejukkan Hati dengan Berlibur ke Air Terjun Sipiso-Piso

3 Air Terjun Sipiso-piso
Sumber: Shutterstock.com

Sekarang kamu sudah tau kan, sobat tiket, mengenai tempat wisata Air Terjun Sipiso-piso ini? Serta bagaimana cara untuk bisa menuju ke lokasi wisata ini? Ayo ajak keluarga, teman atau pasanganmu untuk berlibur ke Air Terjun Sipiso-piso.

Penting banget untuk dilakukan, mari lestarikan alam dan lingkungan di manapun kita berada ya sobat tiket. Dengan begitu, tempat wisata alam ini akan terus terjaga kebersihan dan keasriannya. Kalau terus terjaga, tentunya kamu pun akan bisa merasakan manfaatnya ya, sobat tiket.

Pergi liburan ke mana pun yang kamu inginkan, jadikan tiket.com sebagai partner perjalanan kamu ya. Mau pesan tiket pesawat ke Medan? Bisa! Mau sewa mobil untuk memudahkan kamu mobilisasi selama di Medan? Bisa! Apapun kebutuhan perjalanan kamu, percayakan pada tiket.com!

Memang kurang lengkap ya, sobat tiket, jika jalan-jalan ke suatu tempat tapi tidak mencoba kuliner dan eksplor tempat wisata lainnya. Ada tempat wisata di Medan lainnya yang wajib kamu eksplor juga nih. Apalagi untuk kamu yang liburan bareng keluarga, tentu akan semakin seru dong jika bisa eksplor lebih banyak tempat selama di Medan.

Selamat liburan, sobat tiket!