, ,

Menapak Tilas Peradaban Bangsa Lewat 5 Situs Sejarah Paling Keren Di Indonesia

Indonesia memang tidak pernah berhenti menghadirkan cerita dan rasa kagum. Ya, bangsa ini memang begitu kaya dan begitu hebat. Tidak hanya kaya akan suku dan budaya, namun juga kaya akan cerita tentang perjalanan sejarah peradaban bangsa yang nggak akan bosan untuk diceritakan.

Pergi traveling mengelilingi Indonesia pun rasanya kurang lengkap jika tidak menapak tilas sejarah peradaban bangsa ini. Belajar sejarah itu seru kok, Sobat Tiket. Lebih seru lagi kalau kamu ternyata bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang keren. Apa saja yah? Berikut ini adalah lokasi bersejarah yang keren dan bisa kamu kunjungi.

1. Candi Borobudur
Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur? Terletak sekitar 40 km di sebelah barat daya Kota Yogyakarta, Candi Borobudur merupakan bukti sejarah peradaban Buddha di tanah Nusantara. Tidak hanya memukau dunia lewat arsitekturnya, Candi Borobudur juga memiliki nilai sejarah yang kuat.

borobudur
Via manoharaborobudur.com

Selain dikenal sebagai pusat keagamaan agama Buddha di abad ke-8 masehi, Candi Bodobudur juga menjadi saksi bisu peradaban modern Jawa. Nggak heran situs ini pernah dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Setiap tahun, kamu bisa berkunjung ke Candi Borobudur untuk melihat upacara keagamaan umat Buddha, Waisak.

2. Lembah Bada
Lembah Bada terletak di Sulawesi Tengah, tepatnya di Poso. Di tempat ini, dibalik indahnya bukit dan lembah Sulawesi, tersimpan sebuah misteri peradaban manusia megalitikum di tanah nusantara. Di Lembah Bada, kamu akan menemukan sebuah situs sejarah jaman megalitikum yang ditandai dengan hadirnya sebuah arca tersenyum.

bada
Pelindo. Via Bintang.com

Orang lokal menyebutnya dengan “Pelindo”, yang dalam bahasa lokal berarti jenaka atau tertawa. Kamu bisa menemui arca ini di tengah padang rumput Desa Kolori, Kecamatan Lore Barat. Selain itu, ada beberapa situs bersejarah lainnya yang keren dan bisa kamu kunjungi di wilayah ini. Salah satunya adalah kubur batu di Situs Pokekea, yang konon kabarnya sudah dihuni manusia sejak 4000 tahun silam.

3. Benteng Rotterdam
Sejarah masa penjajahan memang masih seru untuk ditelusuri. Tidak hanya seru melihat bagaimana perjuangan bangsa kita melawan penjajah, tapi juga tentang segala macam memorial yang ditinggalkan. Salah satu bukti sejarah masa penjajahan yang masih keren untuk dikunjungi adalah Benteng Rotterdam.

rotterdam
Benteng Rotterdam. Via metrosulawesitours.com

Dikenal pula dengan nama Fort Rotterdam, benteng kokoh yang terdapat di Kota Makassar ini dibangun oleh Raja Gowa ke -9 pada tahun 1545 masehi. Benteng ini juga merupakan bentuk kerjasama kerajaan Gowa dan Belanda, sebagai bentuk pertahanan kerajaan Gowa. Nilai-nilai Kerajaan Gowa dapat dilihat dari bentuk benteng yang menyerupai penyu. Penyu merupakan simbol visi Kerajaan Gowa yang ingin berjaya di laut dan di darat.

4. Benteng Vrederburg
Nggak kalah dengan Benteng Rotterdam, Benteng Vrederburg juga bisa menjadi wisata sejarah yang nggak kalah keren untuk dikunjungi. Terletak di Yogyakarta, Benterng Vrederburg merupakan benteng yang dibangun oleh Belanda sebagai benteng perdamaian di wilayah kolonial. Nama Vrederburg sendiri berarti benteng damai, atau benteng persahabatan.

vrederburg
Via Visitingjogja.com

Benteng ini dibangun atas perintah gubernur Belanda untuk wilayah Jawa Utara, Nicolaas Harting, dan telah berkali-kali beralih fungsi. Salah satunya pada tahun 1947 dimana Ki Hajar Dewantara mengusulkan untuk menggunakannya sebagai institusi budaya. Kini, benteng tersebut aktif sebagai museum perjuangan.

5. Candi Prambanan
Bisa dibilang Candi Prambanan adalah saksi bisu kisah cinta manusia nusantara masa lampau. Setidaknya hal itu terlihat dari cerita yang menaunginya. Mungkin banyak dari Sobat Tiket yang tidak asing dengan Candi Prambanan dan cerita Roro Jonggrang yang menjadi latar belakangnya.

prambanan
Prambanan. Via telusuriindonesia.com

Selain kisah drama tentang seribu candi dan Roro Jonggrang, Candi Prambanan juga menyimpan keindahan tersendiri. Kamu bisa menikmati cantiknya Candi Prambanan di malam hari dengan berbagai hiburan teatrikal khas Jogja.