,

5 Masjid Unik yang Cuma Ada di Indonesia

Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia tentu saja memiliki banyak masjid dan musholla yang tersebar di hampir setiap sudut. Di bulan Ramadan ini, kegiatan umat muslim berada pada puncak tertinggi. Hampir semua umat muslim pasti beribadah dengan lebih serius. Bukan hanya artikel tentang tips ramadan saja yang ramai dikunjungi, bahkan masjid yang biasanya sepi pun mendadak menjadi lebih ramai dari biasanya.Tentu saja hal ini jadi sesuatu yang positif.

Bicara soal masjid, Indonesia juga punya banyak bangunan masjid unik yang mungkin saja tidak kamu temukan di tempat lain. Masjid apa sajakah itu?

1. Masjid Menara Kudus
Apa yang terlintas pertama kali saat kamu mendengar kata Masjid? Tentu saja kubahnya yang melengkung, dengan arsitektur khas timur tengah. Namun, tidak demikian dengan Masjid di Kota Kudus ini.

Kota Kudus memang punya Masjid unik yang tidak biasa. Namanya adalah Masjid Menara Kudus. Arsitektur bergaya Hindu kuno memang cukup kental di bangunan ini. Hal itu karena Masjid ini sudah berdiri sejak jaman Majapahit yang dahulu kala masih beragama Hindu. Tempat ini kemudian berubah menjadi Masjid ketika Sunan Kudus datang dan menyebarkan agama Islam di tempat ini.

2. Masjid Cheng Ho
Laksamana Cheng Ho. Pernahkah kamu mendengar nama ini? Tentu saja nama ini cukup familiar di telingamu. Laksamana Cheng Ho telah lama dikenal dalam sejarah, sebagai laksamana muslim yang sangat taat dan murah hati.

masjid unik di Indonesia
Sumber

Berbagai macam memorial yang berhubungan dengan dirinya pun masih ada sampai saat ini. Salah satunya adalah Masjid Cheng Ho yang berada di Kota Surabaya. Salah satu yang membuatnya unik adalah arsitektur bangunannya yang sangat kental dengan gaya Tiongkok. Bahkan, sekilas bangunan ini sama sekali tidak terlihat seperti Masjid pada umumnya.

3. Masjid 1000 Pintu
Tentu kamu pernah mendengar pepatah “banyak jalan menuju Roma”. Ya, seakan memberikan pesan yang mirip, masjid ini punya arsitektur yang menyiratkan bahwa banyak pintu untuk beribadah di Masjid.

Bernama asli Masjid Nurul Yaqin, Masjid ini dikenal juga sebagai Masjid 1000 pintu. Apalagi kalau bukan arsitekturnya yang memiliki begitu banyak pintu masuk.

4. Masjid Raya Sumatera Barat
Berdiri sejak Februari 2014, Masjir Raya Sumatera Barat ini tetap tidak meninggalkan bentuk arsitektur tradisional budaya Minang. Hal itu terlihat dari arsitekturnya yang modern, namun tetap memerhatikan bentuk-bentuk dan lekukan khas Minang.

Hal yang terlihat dengan jelas tentu saja dari atapnya yang melengkung khas Sumatera Barat. Begitu kita melihatnya, pasti kita melihatnya, pasti kita akan mengetahui bahwa gaya bangunan tersebut adalah gaya khas minang yang dipadukan dengan gaya dekorasi modern.

5. Masjid Tiban
Coba ingat-ingat lagi, seberapa tinggi masjid yang pernah kamu kunjungi? Ada berapa jumlah lantai tertinggi yang pernah kamu singgahi? Biasanya, paling tinggi kamu akan menemui sekitar 3 lantai saja. Namun tidak dengan masjid yang satu ini.

Sumber

Masjid Tiban di Kabupaten Malang ini punya tinggi sekitar 11 lantai! Iya, kamu nggak salah dengar kok. Lebih uniknya lagi, Masjid yang dahulunya adalah pesantren ini, hanya dibangun dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan beberapa orang percaya bahwa pembangunan Masjid ini dibantu oleh jin.