phishing-03-min

Waspada Email Phising! Ayo Kenali Cara Menghindarinya

Oops! Tiket.com menemukan adanya pengiriman SPAM email menggunakan domain noreply@tiket.com sebagai sender-nya. Email ini berbentuk phishing.

Tahukah Anda mengenai email phishing? Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing), yang dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan (informasi akun kartu kredit) sampai kata sandi pengguna (password). Phising memiliki cara kerja dengan memancing Anda, dalam hal ini user, ke sebuah halaman web palsu yang serupa dengan situs aslinya, agar user, meng-klik suatu button dan selanjutnya user akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi ke dalam web palsu tersebut. Pengiriman ini bisa dilakukan oleh server email manapun dengan mudah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Tiket.com telah melakukan proses peningkatan keamanan dan penambahan policy pengiriman email sehingga semua informasi Anda akan aman dan tidak akan diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Lalu apa yang harus Anda lakukan?

1. Berhati-hati ketika Anda mendapatkan kiriman email yang berisi tautan email yang meminta Anda untuk mengisi informasi pribadi Anda. Cermati alamat URL yang ada di address bar. Tiket.com tidak pernah meminta data pribadi Anda melalui email noreply@tiket.com seperti password, data kartu kredit dan data-data pribadi lainnya.

2. Hanya mengetik data pribadi pada website yang aman. Anda perlu lebih berhati-hati setiap memberikan informasi pribadi Anda kepada pihak lain, sekalipun itu yang mengatasnamakan domain yang Anda kenal.

3. Khusus untuk email dengan alamat noreply@tiket.com, Anda tidak perlu membalasnya karena email yang dikirimkan oleh noreply biasanya adalah email yang bersifat informasi.

Untuk lebih lanjut, apabila Anda mendapatkan email yang terasa janggal dengan mengatasnamakan domain Tiket.com, segera hubungi Customer Service 24 jam Tiket.com melalui telepon di +62 21 2963 3600 atau ke email cs@tiket.com.

Tiket.com siap membantu Anda dalam memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Comments

comments

Dimas KurniaDitulis Oleh:

Orangnya gampang diajak jalan-jalan.