tradisi natal

,

Berbagai Tradisi Natal Unik yang Cuma Ada di Indonesia

Yeay! Akhirnya sukacita Natal telah tiba. Hari Raya Natal, memang selalu menghadirkan kebahagiaan dan damai. Tidak hanya bagi umat kristiani saja, namun juga bagi banyak kalangan. Bagaimana tidak, selain menghadirkan keceriaan, Natal juga identik dengan liburan akhir tahun dan tentu saja pesta perayaan.

Bicara soal perayaan hari raya, bisa jadi Indonesia adalah jagonya. Dengan beragam budaya dan suku di dalamnya, Indonesia punya banyak cara unik untuk merayakan hari raya. Tidak hanya hari raya seperti Idul Fitri saja, Indonesia juga memiliki tradisi natal yang unik saat merayakan hari raya Natal.

Sobat Tiket, berikut ini adalah beberapa tradisi unik yang dimiliki Indonesia yang cuma ada saat Natal tiba.

1. Bakar Batu, Papua.
Jika kamu berencana untuk menikmati libur Natal di Papua, sempatkanlah untuk melihat upacara ini. Setiap Natal tiba, orang Papua selalu merayakannya dengan tradisi bakar batu. Tradisi bakar batu adalah sebuah perayaan khas Papua dimana mereka melakukan acara memasak bersama menggunakan batu.

bakarbatu
Sumber

Prosesnya sederhana; beragam makanan seperti daging dan sayur dikumpulkan bersama dengan kayu bakar, lalu ditutup menggunakan kumpulan batu. Kayu tersebut kemudian dibakar dan panasnya diserap oleh kumpulan batu di atasnya. Hal ini membuat makanan di dalamnya menjadi matang sempurna. Setelah matang, makanan tersebut kemudian disajikan di atas daun untuk disantap beramai-ramai.

2. Kunci Taon, Manado
Berbeda dengan Papua, warga Manado punya cara tersendiri dalam merayakan Natal. Di Manado, orang biasa menyebutnya sebagai perayaan Kunci Taon. Masyarakat Manado memang melakukan perayaan natal sejak tanggal 1 Desember. Bagi mereka, sukacita Natal itu harus dirayakan sepanjang bulan.

parade santa
Sumber

Kunci Taon sendiri dalam Bahasa Indonesia berarti “Pengunci Tahun”. Artinya, perayaan ini juga dilakukan sebagai penanda penutupan perayaan Natal dan sekaligus perayaan tutup tahun. Dalam festival Kunci Taon ini, warga Manado merayakannya dengan berpesta kostum bertema Natal dan berpawai keliling Kota Manado.

3. Wayang Kulit Kristus, Yogyakarta.
Jika bicara soal budaya dan seni, Yogyakarta mungkin ahlinya. Rasanya hampir setiap denyut nadi Kota Yogyakarta itu dipenuhi dengan darah seni. Begitu juga tentang perayaan keagamaan. Tidak hanya berbau mistis, orang Jawa khususnya warga Yogyakarta memang sering menggunakan kesenian sebagai media perayaan hari raya. Salah satunya adalah kesenian wayang.

wayangkristus
Sumber

Mirip dengan hari raya lainnya, perayaan Natal di Yogyakarta juga dirayakan menggunakan kesenian wayang. Ceritanya? Tentu saja tentang kelahiran Yesus Kristus.

4. Ngejot Dan Penjor, Bali
Selalu ada hal indah di Bali. Rasanya hal tersebut memang benar adanya. Tidak hanya keindahan alam, Bali juga punya keindahan dalam budaya dan keragaman. Keindahan tersebut terpancar pula lewat perayaan Natal di pulau ini.

ngejot
Sumber

Di Bali, hari raya Natal dilakukan dalam sebuah perayaan bernama Ngejot dan Penjor. Ngejot adalah tradisi memberikan bingkisan makanan menu khas Bali. Sebenarnya tradisi ini biasa dilakukan oleh umat Hindu Bali saat perayaan Galungan. Namun saat natal, tradisi ini juga turut dilakukan oleh umat kristiani di Bali. Perayaan Natal di Bali juga dihiasi dengan Penjor atau sejenis janur kuning di setiap rumah mereka dan di gereja sebagai tanda perayaan natal.

5. Rabo-Rabo, Jakarta
Sebagai ibukota negara dan pusat kegiatan di Indonesia, tentunya membuat daerah ini kaya dengan beragam etnis dan budaya. Begitu pula dengan keragaman agama. Meskipun suku Betawi yang merupakan suku asli Jakarta tidak lekat dengan agama kristen, namun ternyata di daerah seperti Tugu, di Koja Jakarta Utara, punya tradisi natal yang unik.

raborabo
Sumber

Ya, suku asli Jakarta yang berada di Kampung Tugu memang banyak yang menganut agama Kristen. Tidak heran karena kampung ini memang dahulu sangat kental dengan pengaruh Portugis. Maka dari itu, budaya natal tidak asing di daerah ini. Di Kampung Tugu, umat kristiani merayakan natal dengan sebuah tradisi bernama Rabo-Rabo. Rabo-Rabo adalah sebuah tradisi memainkan lagu natal dengan musik keroncong, sambil berkeliling dari rumah ke rumah.

Nah itu dia beberapa perayaan Natal unik yang ada di Indonesia. Sudah siap menyambut sukacita Natal, Sobat Tiket?