tips liburan

,

Pergi Jauh Cuma Bawa Satu Tas? Bisa, Begini Caranya

Sobat Tiket ada yang senang banget bepergian? Kalau ngomongin soal bepergian, apalagi kalau bepergian dalam rangka liburan, pasti salah satu masalah besarnya masih sama, yaitu soal packing atau barang bawaan. Saking seringnya masalah ini muncul ke permukaan, kami pun jadi bisa menebak bahwa kamu pasti sering banget pergi liburan membawa lebih dari satu tas. Iya, kan? Ngaku deh.

Entah dengan segudang alasan yang kamu punya, apalagi dengan alasan akan pergi jauh, kamu pasti sering banget memberikan kelonggaran untuk membawa barang lebih banyak. Akhirnya, kamu pun merasa bahwa kamu perlu membawa lebih dari satu buah tas. Padahal, pergi jauh ke mana saja itu bisa dengan satu tas. Bahkan kamu nggak perlu tips liburan yang canggih untuk hal ini.

Terus, jika hal ini nggak perlu tips liburan yang canggih, bagaimana caranya?

1. Pilih Tas Berbahan Duffel atau Carrier

Liburan dengan satu tas itu intinya adalah soal kepraktisan. Dan jika ini yang kamu cari, maka membawa sebuah tas yang fleksibel sangatlah diperlukan. Bahkan, bisa jadi hal ini adalah hal utama yang perlu kamu perhatikan.

tips liburan
Duffel Bag. Pic by Lauren Roberts

Tas berbahan Duffel atau Carrier bisa diandalkan bagi kamu yang menginginkan bepergian dengan satu tas. Meskipun dimensi dari tas ini sudah pasti, namun bahan dari tas ini memungkinkan banget untuk mengembang. Artinya, bentuk tas akan mampu mengembang sesuai dengan beban bawaan yang akan kamu bawa. Itu artinya akan ada banyak ruang untuk barang-barang kamu.

2. Perbanyak Pakaian yang tidak butuh disetrika

Membawa satu tas artinya ruang yang disediakan lebih terbatas. Namun kamu jangan menyerah dahulu karena hal ini. Karena keterbatasan ruang dalam tas itu bisa diakali.

Salah satu mengakali ruang dalam tas adalah dengan cara membawa banyak pakaian yang tidak perlu disetrika. Hal ini akan membuat kamu lebih leluasa dalam melakukan packing. Itu artinya, kamu bisa lebih mudah memanfaatkan setiap ruang dalam tas tanpa takut baju menjadi lecek atau kusut.

3. Tiga Setel untuk Masing-Masing Jenis Pakaian

Pakaian memang selalu menjadi momok bagi banyak traveler, termasuk kamu. Terkadang, kita sering kesulitan untuk menentukan jumlah yang tepat untuk barang bawaan kita. Terus, butuh berapa banyak sih baju yang harus kita bawa?

Jika kamu bingung akan hal ini,nggak perlu repot-repot membaca tips liburan, ada cara cukup ampuh akan hal ini. Salah satunya adalah dengan menyediakan 3 setel pakaian untuk setiap jenis pakaian. Misalnya, jenis pakaian untuk ke pantai, ke mall, dan ke acara resmi. Masing-masing 3 setel pakaian itu dengan asumsi ada satu setel pakaian untuk kamu pakai, satu setel pakaian untuk kamu cuci, dan satu setel pakaian yang dijemur. Jadi siklue berpakaian kamu tetap aman.

4. Pakaian Berlapis Vs Jaket Coat

Kendala lainnya saat bepergian tentu saja soal cuaca. Terkadang jika kita berkunjung ke tempat dingin, kita memerlukan pakaian yang dapat membuat kita tetap hangat. Dan sayangnya, pakaian hangat seperti jaket itu cukup memakan tempat dan ruang dalam tas.

Hal ini bisa banget kamu akalin kok, Sobat Tiket. Salah satunya adalah dengan lebih memilih menggunakan pakaian yang berlapis ketimbang jaket atau coat yang tebal. Dengan hal ini, kamu bisa lebih menghemat banyak ruang dalam tas. Tapi, jika kamu memang sedang berkunjung ke tempat yang super dingin, dan sangat memerlukan jaket atau coat, ya silakan saja.

5. Manfaatkan Ruang Ekstra, di manapun

Masalah ruang memang nyebelin banget. Terkadang kita tidak bisa membawa barang-barang tertentu hanya karena ruang dalam tas tidak cukup.

Padahal, ada banyak ruang dari setiap bawaan kita yang bisa kamu manfaatkan. Salah satu contohnya adalah lubang sepatu untuk memasukkan kaki, yang bisa kamu manfaatkan untuk menaruh beberapa barang kecil seperti kaos kaki atau dasi. Ya, kalau mau masukin charger jug bisa sih.

6. Lipat & Gulung

Teknik packing memang diperlukan banget untuk kamu yang sering bepergian ke berbagai tempat. Hal ini salah satunya berpengaruh pada pemanfaatan ruang yang lebih maksimal.

Salah satu cara pemanfaatan ruang dalam tas adalah dengan menggulung pakaianmu. Ya, pada beberapa jenis pakaian, terkadang menyimpannya dengan cara menggulung akan dapat menghemat banyak ruangan pada tas.

Nah, kan, siapa bilang bepergian itu ribet?
Jadi, mau liburan ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!