cara makan sushi

, ,

Bagaimana Cara Makan Sushi yang Benar? Simak Tips Berikut, yuk!

Jepang memang punya segudang keunikan budaya dan kuliner yang enggak dimiliki oleh negara lain. Iya, bahkan segala hal yang berjalan di dalamnya, mulai dari tata tertib, budaya dan adat, hingga interpretasi mereka dalam menjalani hidup, semuanya unik. Begitu halnya dengan kuliner. Jepang punya banyak kuliner khas, salah satunya adalah sushi. Sebagai makanan khas yang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia, sushi pun berkembang menjadi salah satu makanan terfavorit banyak orang.

Photo by Jonathan Forage via Unsplash

Meskipun penggemarnya banyak dan hampir seluruh orang di dunia itu pernah makan sushi, faktanya sebagian besar orang di luar Jepang masih sering salah dalam tata cara makan sushi. Terus, bagaimana sih cara makan sushi yang benar? Supaya enggak salah dan bikin malu, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu tahu tentang cara makan sushi yang benar.

1. Cuci Tangan Pakai Handuk Basah

Saat kamu berkunjung atau pergi makan sushi di restoran sushi, kamu pasti pernah menemukan sebuah handuk atau tissue basah. Pernahkah kamu bertanya untuk apa sih itu?

Nah, Sobat Tiket, handuk atau tissue basah tersebut digunakan sebagai pembersih tangan untuk sebelum dan sesudah makan sushi. Ya, karena sejatinya saat makan sushi itu, tak jarang tangan kita butuh bersentuhan langsung dengan sang makanan.

2. Siapkan Soy Sauce

Sebelum memulai semua kegiatan makan sushi, ada baiknya mempersiapkan dahulu semuanya. Karena makan sushi itu sebenarnya bukan hanya soal bikin perut kenyang, tetapi juga tata krama dan sopan santun.

 

Tahan dulu, Sobat Tiket. Sebelum kamu bergegas untuk menikmati hidangan sushi yang tersedia di hadapanmu, ada baiknya kamu menyiapkan berbagai pelengkap, seperti soy sauce (kecap asin Jepang), jahe, dan wasabi. Hal itu supaya proses makan kamu rapi, dan tidak terkesan seperti orang yang tidak tahu tata krama.

3. Kenali Tipe dan Jenis Sushi

Berbeda jenis sushi, berbeda pula cara makannya. Pada dasarnya, sushi itu terbagi ke dalam beberapa jenis. Sashimi untuk yang mentah, maki untuk yang digulung dengan rumput laut (nori), dan sushi roll yang digulung.

 

A post shared by SushiTooth (@sushitooth) on

Berbagai jenis sushi tersebut ada yang dimakan menggunakan sumpit dan menggunakan tangan. Biasanya, untuk maki dan sushi roll, makannya menggunakan sumpit.

4. Mencelupkan Soy Sauce Seperlunya

Yang satu ini, banyak banget orang yang salah, terutama mereka yang ada di Indonesia. Soy sauce atau kecap asin khas Jepang memang memberikan rasa tersendiri saat makan sushi. Namun, bukan berarti tanpa aturan, loh.

Kebanyakan dari kita sering memakan sushi dengan mencelupkan banyak soy sauce ke dalam sushi. Yang benar, mencelupkan soy sauce itu sedikit saja. Untuk jenis sushi sashimi, usahakan soy sauce jangan sampai kena nasi, karena dianggap kurang sopan.

5. Yang Betul itu Pakai Tangan

Pernahkah kamu memakan sushi berjenis sashimi? Sushi ini berupa irisan daging mentah yang dikepal bersama nasi. Sushi jenis ini memang enak banget (buat kamu yang doyan mentah), tapi ternyata ada banyak yang salah kaprah tentang cara makan sushi yang satu ini.

 

Mungkin terdengar aneh, tapi sesungguhnya saat kamu makan sushi sashimi, yang benar itu adalah menggunakan tangan. Bukan sumpit.

6. Dilahap Dalam Sekali Suap

Kebanyakan dari kita, memakan makanan tidak dalam sekali suap. Namun, saat memakan sushi, semuanya berbeda.

Saat kamu makan sushi, setiap potongan harus dilahap dalam satu kali suap, tanpa sisa. Menyisakan gigitan selain tidak sopan, juga dianggap jorok.

Nah, bagaimana Sobat Tiket? Sudahkah kalian makan sushi dengan benar?