Dawet Telasih Bu Dermi

, ,

Ternyata, Inilah Es Dawet Favorit Pak Jokowi Sejak Dulu

Setiap orang pasti punya kenangan masa kecil yang selalu hinggap di kepala dan menjadi bagian dalam perjalanan hidup kita. Bicara kenangan manis di masa lalu, kuliner atau jajanan sederhana dari kampung halaman pun turut melekat dan selalu menjadi bagian dalam perjalanan hidup kita. Siapapun kita, pasti pernah punya satu menu kuliner favorit masa kecil yang masih kita gemari bahkan ketika kita sudah dewasa. Ya, siapapun, termasuk Presiden kita, Bapak Joko Widodo. Siapa yang mengira, orang sehebat Pak Jokowi ternyata punya jajanan favorit yang sudah beliau gemari sejak lama. Es Dawet Bu Dermi, begitu kuliner ini dikenal. Es Dawet Bu Dermi terletak di tengah Pasar Gede Hardjonagro, Kota Solo, Jawa Tengah. Jika kamu sedang berkunjung atau traveling ke Kota Solo, mungkin es dawet di Pasar Gede Hardjonagro ini bisa menjadi salah satu pilihan kuliner kamu. Di pasar ini, memang dikenal memiliki banyak penjual es dawet yang tersebar di satu titik. Salah satu penjual yang terkenal adalah Es Dawet Bu Dermi.

Kesegaran Turun Temurun yang Unik Dari Kota Solo.

Es dawet di pasar ini bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan es dawet yang kita temui pada umumnya. Kamu akan menemukan kesegaran yang berbeda karena es dawet ini menggunakan campuran biji selasih yang mampu membuat tenggorokan kamu terbalut dengan rasa dingin yang meluncur deras hingga ke seluruh tubuh. Selain biji selasih, kamu juga akan menemukan campuran lain seperti tape ketan, ketan hitam, dan jenang sumsum. Untuk kuahnya sendiri, es ini tidak berbeda jauh dengan es dawet pada umumnya, yaitu masih berkutat pada santan dan gula merah yang bercampur dengan es batu serut.

Es Dawet Telasih di Kota Solo
Sumber

Dawetnya sendiri pun bisa dibilang berbeda dengan dawet-dawet lainnya yang ada di Jawa Tengah. Jika kamu pernah berkunjung ke beberapa daerah di Jawa Tengah seperti di Purworejo, kamu akan menemukan warna dawet yang agak kehitaman. Namun, di pasar ini, kamu akan menemukan warna dawet yang hijau cerah.

Suasana Es Dawet Telasih Bu Dermi
Sumber

Uniknya lagi, resep es dawet ini sudah diwariskan secara turun temurun di Kota Solo. Adalah Rut Tulus Subekti, sosok di balik jajanan Es Dawet Bu Dermi. Beliau sendiri adalah generasi ketiga yang kini meneruskan usaha es dawet yang mulai berjualan sejak tahun 1930-an di Pasar Gede. Ibu Utit, begitu beliau disapa, mengaku sudah sekitar 15 tahun berjualan es dawet di pasar ini.

Beliau pun juga bercerita tentang pengalamannya menyaksikan Pak Joko Widodo rela antre untuk sekadar memesan es dawet miliknya. Bahkan, dahulu sebelum beliau menjadi presiden seperti sekarang, Pak Jokowi sampai rela minuman sambil berdiri. Untuk harganya sendiri, kamu enggak perlu merogoh kocek mahal-mahal, Sobat Tiket. Cukup hanya dengan Rp 8000, kamu sudah bisa menikmati semangkok es dawet ini.

Oiya, sampai saat ini, kabarnya Pak Jokowi masih sering pesan es dawet di Bu Dermi, loh. Hanya saja, kali ini melalui orang perwakilannya.

Tuh, jika orang sekelas Pak Jokowi saja sampai rela antre, sudah kebayang dong enaknya es dawet ini. Mau coba, Sobat Tiket?

[fbcomments]