, ,

Surga Indah Itu Bernama Sawai

Bagian timur Indonesia memang tidak pernah kehabisan pesona. Selalu saja ada keindahan alam yang bisa kita jumpai dan kita ceritakan ke semua orang. Kali ini, ada surga indah yang cukup tersembunyi di tanah Maluku. Surga indah yang tidak hanya damai, tapi juga membuat kita enggan pulang lebih cepat. Sawai, begitu orang sekitar menyebutnya.
Sebuah desa di tepi laut yang secara administratif masih terletak di Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah ini, punya banyak tempat yang membuat kita damai dan bahagia. Kira-kira apa saja yah yang bisa kita temui di wilayah ini?

1. Pantai Ora
Pantai Ora bisa dibilang sebagai aktor utama dalam rangkaian pesona wilayah Sawai. Seperti Bali yang lebih dikenal ketimbang Indonesia, Pantai Ora memiliki popularitas yang lebih ketimbang Sawai. Bahkan, keindahan Pantai Ora saat ini sedang hangat dibicarakan di dunia maya.

Pantai Ora. Via http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?51321-Ora-Beach-Seram-Central-Maluku
Pantai Ora. Via http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?51321-Ora-Beach-Seram-Central-Maluku

Di sini, Sobat Tiket nggak cuma bisa menemukan spot sunset yang indah, tapi juga laut yang jernih berwarna hijau toska dengan kualitas trumbu karang yang sangat dekat dengan bibir pantai. Saking dekatnya, Sobat Tiket bisa melakukan snorkeling sambil menginjak dasar laut yang dangkal. Tapi hati-hati yah, karena bisa saja kalian tidak sengaja menginjak dan merusak trumbu karang yang ada di sekitar pantai.

2. Pulau Raja
Pulau Raja adalah objek selanjutnya yang bisa kamu temui di Sawai. Sesuai namanya, pulau ini dahulu kala adalah tempat favorit para keluarga kerajaan untuk berlibur. Maka dari itu, nggak heran deh jika pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Di Pulau Raja ini, kamu bisa menemukan hamparan pantai pasir putih yang dikelilingi oleh hutan bakau. Ya, itu karena pulau ini memang sengaja dijadikan konservasi tanaman bakau di daerah Sawai.

3. Tebing Karst Sawai
Kapan lagi kamu bisa menemukan tebing yang kokoh, namun tetap anggun dan indah memanjakan mata. Di Tebing Karst, kamu bisa menemukan semuanya. Tebing Karst di Sawai ini juga menghadirkan bentang alam yang indah, dengan hiasan tanaman hijau yang menyelimuti tebing tersebut.

Tebing Karst
Tebing Karst Sawai. Via https://id.pinterest.com/pin/328270260310655926/

Kamu juga bisa menemukan gua yang ada di pertemuan tebing tersebut. Orang lokal biasa menyebutnya dengan Gua Apilima.

4. Sungai Salawai
Daerah Sawai memiliki wilayah hijau yang luas. Bukan saja karena lokasinya yang dekat dengan konservasi alam, tapi juga memang kearifan warga lokal nya. Sungai Salawai merupakan bukti betapa asrinya wilayah Sawai ini.

Sungai Salawai. Via https://ferzyaya.wordpress.com/page/3/
Sungai Salawai. Via https://ferzyaya.wordpress.com/page/3/

Salawai adalah sebuah sungai di wilayah Sawai yang di sekelilingnya ditumbuhi oleh tanaman bakau dan pohon sagu. Beberapa warga Sawai memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Sungai Salawai juga menjadi habitat bagi buaya payau.

Indah bukan? Nambah lagi deh alasan kamu untuk membuatmu terbang ke Maluku.