Spot Surfing Indonesia

,

5 Spot Surfing di Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Penat seakan sudah merasuki sekujur tubuh. Deadline dan segala drama dalam dunia kerja seperti sudah menumpuk sesak dalam pikiran. Well, itu berarti kamu perlu liburan tuh! Sedikit waktu liburan sambil meregangkan pikiran bisa jadi solusi terbaik untuk kembali memberikan yang terbaik untuk pekerjaanmu. Nah, jika kamu bingung mau liburan ke mana dan melakukan apa, nyobain surfing kayaknya oke banget nih Sobat Tiket.

Ngomongin soal surfing, Indonesia yang punya begitu banyak pantai, pastinya juga punya banyak spot surfing yang kece banget. Enggak perlu banyak basa-basi. Kalau kamu ingin mengisi liburan dengan berkeliling Indonesia sambil surfing, berikut ini adalah 5 spot surfing di Indonesia yang wajib kamu coba.

1. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai ini biasa dikenal oleh peselancar mancanegara sebagai G-Land. Entah berawal dari mana, tapi ada beberapa alasan kenapa pantai ini disebut G-Land. Ada yang bilang bahwa G-Land itu diambil dari nama Desa Grajagan, tempat pantai ini berada. Ada pula yang bilang bahwa G-Land diambil dari kata “Green” yang menggambarkan betapa asrinya kawasan ini.

 

C O A C H Dropping the hammer! Photo: @wsouw #GLand #surfcoaching #performancecoach #indonesia

A post shared by Next Level Surf Coaching (@nextlevelsurfcoaching) on

Namun, terlepas dari apapun alasan dibalik nama G-Land, pantai ini punya ombak yang menawan dan seru banget untuk diajak surfing. Enggak heran deh kalau banyak turis luar negeri yang jatuh hati sama pantai ini.

2. Pulau Nias, Sumatera Utara

Terletak di bagian barat Sumatera Utara, Nias terkenal memiliki banyak kebudayaan yang memukau. Tetapi, Nias bukan hanya soal kekayaan budaya dan keramahan orang lokal saja. Nias juga punya pantai dengan arus ombak yang keren.

 

Jika kamu suka surfing, cobalah mampir ke Pulau Nias, tepatnya di Pantai Sorake dan Lagundri.  Sebagai informasi, ketinggian ombak  di Pulau Nias ini bisa mencapai 15 kaki. Nias memiliki dua spot surfing yang dikenal oleh surfer mancanegara sebagai “The Point” dan “Indicator”, yang tidak henti menciptakan ombak keren sepanjang tahun.

3. Nusa Penida & Nusa Lembongan, Bali

Secara geografis, letak kedua pulau ini memang terpisah dari Pulau Bali, namun suasana Bali yang kental cukup terasa hingga ke tempat ini. Dikenal memiliki banyak spot pantai dan tebing yang indah, Nusa Penida & Nusa Lembongan ternyata juga menarik minat banyak surfer internasional.

Surfing Bali
Sumber

Selain ombak yang menawan, para surfer profesional biasanya menghabiskan waktu di kedua pulau ini dengan berselancar sendirian.

4. Pulau Mentawai, Sumatera Barat

Terletak di lepas pantai Padang, Kepulauan Mentawai memang punya banyak tempat wisata yang indah dan bisa banget kamu kunjungi. Yang lebih keren lagi, kabarnya Kepulauan Mentawai juga punya banyak spot surfing yang luar biasa.Kabarnya, total sekitar 400 spot surfing dengan berbagai tingkat kesulitan dimiliki oleh kepulauan ini.

mentawai surfing
Sumber

Di antara 400 spot tersebut, 49 spot adalah spot favorit bagi para peselancar internasional. Pulau Sipora menjadi spot yang menjadi sorotan. Pulau Sipora bahkan sempat masuk dalam daftar 20 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel.

5. Nihiwatu, Sumba Barat

Beralih ke Nusa Tenggara, tepatnya di Sumba Barat, ada spot surfing yang enggak kalah keren. Adalah Pulau Nihiwatu, pantai eksotis dengan penuh dengan keindahan serta keramahan buday lokal yang membuatmu beta.

 

Ready for some Vitamin Sea 🌊… #Surf #Love #nihiwatu #occysleft #sumba

A post shared by Desi D (@desid) on

Dikenal dengan julukan “Left God Waves”, Pulau Nihiwatu menyajikan keunikan ombak dan pengalaman surfing yang tak terlupakan. Bahkan pihak resort di pulau ini hanya mengijinkan maksimal 10 orang surfer dalam sehari. Hal itu demi menjaga privasi dan kenyamanan para surfer di tempat ini.