, ,

Spot Snorkeling di Malang yang Gak Kalah Keren dari Indonesia Timur

Selama ini kita mengenal Malang sebagai salah satu kota wisata terbaik di Jawa Timur. Di kawasan ini kita akan menemukan banyak sekali taman bermain seperti Jawa Timur Park, Museum Satwa, Museum Angkut, dan masih banyak lagi. Selain dikenal gudangnya wisata, ternyata Malang juga dikenal sebagai gudangnya wisata pantai lho Sobat Tiket.

Ketika kamu menjelajahi kawasan selatan Malang, deretan pantai yang menarik bisa kamu gunakan untuk beach hopping. Selain itu, di beberapa pantai yang arusnya lumayan tenang, kamu bisa melakukan snorkeling yang mengasyikkan. Nih, beberapa spot pantai di Malang yang keindahan bawah lautnya cukup mempesona.

1. Teluk Kletekan – Dampit, Malang
Tidak bisa dimungkiri lagi kalau keindahan Teluk Kletakan di Malang selalu bisa membuat banyak orang jadi terkesima. Di tempat ini, kamu bisa menemukan jernihnya air laut yang berwarna agak kehijau-hijauan dari kejauhan. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang berpasir, kawasan ini dipenuhi batu yang cukup besar hingga kamu harus berhati-hati ketika berjalan.

Teluk Kletekan
Via http://1.bp.blogspot.com/-X6z5vnqWzT4/VhHSaslrbiI/AAAAAAAAQ9A/p3lA6KOURwM/s1600/IMG_0510.JPG

 

Begitu masuk ke dalam air laut, kamu akan disuguhi dengan pemandangan bawah air yang memukau. Terumbu karang dan biota laut tampak sangat menakjubkan hingga rasanya betah berlama-lama untuk tinggal di sini. Oh ya, pantai ini masih sangat sepi hingga sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai ketenangan.

2. Pantai Tiga Warna – Sitiarjo, Malang
Berbeda dengan pantai lain yang bisa didatangi sewaktu-waktu. Pantai Tiga Warna yang terletak di Kecamatan Sitiarjo, Malang menerapkan sistem reservasi. Biasanya satu kelompok dengan maksimal 10 orang harus membayar sekitar Rp300.000,00. Uang itu akan digunakan sebagai sewa lahan dan tenda serta tiket masuk. Pembatasan ini dilakukan karena pantai ini masih masuk dalam kawasan hutan lindung dan agar kebersihannya selalu terjaga.

Jpeg

Via http://rentalmobilmalang.id/wp-content/uploads/2016/02/Challista-Trans-3.jpg

Di Pantai Tiga Warna kamu bisa melihat indahnya air laut dengan gradasi tiga warna. Semakin ke tengah warnanya semakin pekat dan terlihat indah. Di sini kamu bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang memukau. Air laut yang jernih membuat visibilitas air semakin tinggi hingga kamu bisa melihat keindahan yang ada di dalam sana.

3. Pantai Bolu-Bolu – Tirtoyudo, Malang
Pantai Bolu-Bolu terletak di Malang Selatan atau tepatnya di Kecamatan Tirtoyudo. Untuk bisa sampai di pantai ini, kamu harus datang terlebih dahulu di kawasan Pantai Lenggoksono. Dari sini kamu bisa menyewa kapal dengan harga sekitar Rp50.000,00 setiap orang dan perlengkapan snorkeling sekitar Rp25.000,00 sekali pakai untuk paket ke Lengoksono, Bolu-bolu, dan air terjun Banyu Anjlok.

Pantai Bolu-Bolu
Via https://afrizalfakhmy.files.wordpress.com/2015/03/img_1749.jpg

Dari kawasan Lenggoksono kamu akan dibawa menggunakan kapal menuju kawasan Bolu-bolu. Di sini kamu bisa menceburkan diri di dalam air dan memulai snorkeling. Kamu bisa menikmati indahnya bawah air selama kurang lebih 1-2 jam sebelum akhirnya berlanjut ke kawasan air terjun Banyu Anjlok yang sangat unik karena airnya langsung mengalir menyatu dengan pantai.

4. Sumber Sirah – Gondanglegi, Malang
Snorkeling memang selalu identik dengan penyelaman di kawasan laut untuk melihat pemandangan bawah airnya yang memukau. Namun, kalau kamu pergi ke kawasan Gondanglegi, Malang, snorkeling akan dilakukan di dalam kolam air tawar yang sangat jernih. Di sini kamu bisa melihat keindahan pemandangan bawah air yang unik dan susah ditemui di daerah lain.

Sumber Sirah
Via http://www.malang-guidance.com/wp-content/uploads/2015/04/Sumber-Sirah-Malang-MG.jpg

Di tempat ini kamu tidak akan mendapatkan terumbu karang, tapi mendapatkan tanaman Hydrilla yang tumbuh dengan sangat bebas. Selain itu ikan-ikan air tawar yang kecil-kecil juga kerap berseliweran di sekeliling penyelam. Oh ya, kalau kamu ingin datang ke sini pastikan menggunakan kendaraan pribadi dan datang di pagi atau sore hari di mana suasananya sudah sepi dan tidak ada terik matahari.

Inilah beberapa spot snorkeling di Malang yang menyimpan keindahan luar biasa dan tidak kalah dengan yang dimiliki Indonesia Timur. Jadi kapan nih datang dan menjelajahi tempat-tempat di atas?

[fbcomments]