skytrain bandara soekarno-hatta

,

Hore! Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi

Kamu sering bepergian ke luar kota atau ke luar negeri dengan pesawat? Pastinya sudah familiar dan enggak asing lagi sama yang namanya bandara. Apalagi buat kamu yang berada di Jakarta, pasti sudah sering banget bolak-balik ke Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. Iya, bandara kebanggaan Indonesia ini memang kita tahu bersama sebagai bandara yang super sibuk. Bahkan mungkin yang paling sibuk di Indonesia. Tapi, tahukah kamu, selain punya banyak kesibukan, bandara Soekarno-Hatta kini punya banyak hal baru,loh. Selain punya terminal baru yang megah, dan system pelayanan pengantar koper yang lebih baik, kini bandara ini punya fasilitas Skytrain Bandara Soekarno-Hatta yang siap mengantarkanmu dari satu terminal ke terminal lainnya.

Iya, dahulu, berpindah dari satu terminal ke terminal itu adalah hal yang cukup merepotkan. Apalagi jika kita salah turun terminal ketika kita naik Bus Bandara atau Bus Damri. Menjadi agak repot karena transportasi yang tersedia tidak cukup banyak untuk melayani perjalanan antar terminal. Alhasil, kita harus menunggu cukup lama untuk sekadar berpindah terminal. Namun, sekarang hal itu sudah enggak ada lagi, karena kini ada Skytrain Bandara Soekarno-Hatta yang baru saja diresmikan oleh PT.Angkasa Pura II, pada hari Minggu (17 September) lalu.

Apa sih Skytrain itu?

Apakah kamu pernah berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ? Jika pernah, kamu pasti pernah melihat sebuah kereta monorail dengan lajur tinggi yang melintas mengelilingi kawasan Taman Mini. Ya, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta kurang lebih berbentuk seperti itu. Perlu diketahui juga, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta ini adalah kereta tanpa awak pertama yang mengantarkan para penumpang dari satu terminal ke terminal lainnya.

 

Untuk kecepatannya sendiri, Skytrain ini memiliki kecepatan maksimal hingga 60 Km/jam. Dengan kecepatan tersebut, kereta ini mampu mengantarkan para penumpang dari satu terminal ke terminal lainnya selama 3 menit. Ada satu hal yang cukup berbeda pula dari kereta ini. Selain dikendalikan tanpa masinis, kereta ini juga dilengkapi dengan sedikit kursi, sehingga mampu memuat lebih banyak penumpang. Kenapa sedikit banget kursinya? Karena menurut pihak pengelola bandara, yaitu PT. Angkasa Pura II, dengan jarak tempuh yang cukup singkat, maka penumpang tidak akan merasa lelah hingga perlu duduk.

 

Kapan saja jadwalnya?

Karena masih dalam percobaan, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta untuk saat ini hanya beroperasi untuk mengantarkan penumpang dari Terminal 3 ke Terminal 2. Untuk jam operasinya sendiri, Skytrain hanya beroperasi dari pukul 07.00 pagi, hingga pukul 19.00 malam. Bagaimana, Sobat Tiket? Ingin mencoba naik Skytrain nggak?