tiket mudik lebaran

,

Selain Tiket Mudik, 5 Hal Ini Juga Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Berangkat

Enggak terasa yah, sekitar 2 pekan lagi kita akan bertemu dengan hari raya. Dan seperti biasa, di berbagai negara dengan penduduk muslim terbesar, termasuk Indonesia, hari raya Idul Fitri itu merupakan hari raya yang besar. Bahkan, gaung semarak hari raya ini sudah terdengar dari jauh hari. Tentu kamu masih ingat bagaimana beberapa bulan lalu ada begitu banyak orang berjuang untuk mendapatkan tiket mudik. Enggak cuma antre, banyak dari calon pemudik yang bahkan rela begadang di depan layar komputer untuk memastikan tiket mereka telah aman.

Momen hari raya Idul Fitri memang tidak pernah lepas dari yang namanya mudik. Hal itu karena luas wilayah Indonesia yang luas, serta banyaknya orang yang merantau jauh dari rumah. Bicara soal mudik ke kampung halaman, tentunya kamu perlu persiapan yang matang. Nah, Sobat Tiket, selain mempersiapkan tiket mudik, ternyata ada banyak persiapan lainnya yang harus kamu perhatikan saat mudik. Apa saja yah itu?

1. Persiapkan Mental
Perjalanan mudik itu berbeda dengan perjalanan jauh pada umumnya. Jika perjalanan biasa saja memerlukan persiapan mental dan spiritual seperti berdoa, begitu pula dengan perjalanan mudik.

Sumber

Seperti yang kita tahu, yang namanya mudik lebaran itu pasti padat banget. Ada puluhan ribu orang bahkan mungkin jutaan orang pergi mudik secara bersama-sama. Selain padat, pasti akan melelahkan juga. Bukan hanya soal keselematan, kalau kamu enggak siap mental, stamina pun pasti akan cepat habis.

2. Barang Bawaan
Entah mudik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, yang namanya barang bawaan itu tetap menjadi faktor yang harus diperhatikan. Selain enggak nyaman, membawa banyak barang bawaan itu juga mubazir dan menghambat pergerakan kamu selama perjalanan.

 

via GIPHY

 

Bukan cuma itu, membawa barang berlebihan juga mengganggu orang lain, loh. Maka dari itu, sebelum berangkat mudik, ada baiknya kita memerhatikan barang bawaan. Bawa barang yang penting-penting aja.

3. Kelayakan Kendaraan
Yang namanya pergi mudik ke kampung halaman itu pasti erat banget sama yang namanya kelayakan kendaraan. Terutama bagi kamu yang hendak mudik dengan kendaraan pribadi.

Via Unsplash

Untuk kamu yang hendak mudik dengan kendaraan pribadi, ada baiknya memerhatikan tingkat kelayakan kendaraan seperti kualitas rem, mesin, karburator, dan lain-lain. Percaya deh, mogok di tengah kemacetan arus mudik itu enggak enak. Apalagi kalau macetnya di tengah kampung.

4. Kebutuhan Logistik
Okay, tiket mudik sudah di tangan. Hati pun sudah tenang untuk perjalanan mudik tahun ini. Namun, lamanya waktu perjalanan pasti akan membuatmu cukup bosan dan pastinya, lapar!

Via Unsplash

Maka dari itu, kebutuhan logistik seperti camilan dan makanan pun harus kamu perhatikan supaya enggak kelaparan di tengah jalan. Apalagi, biasanya di hari-hari besar, harga makanan di jalan itu lumayan mahal.

5. Uang Tambahan
Dalam segala hal, termasuk perjalanan mudik, mempersiapkan rencana cadangan bukanlah sesuatu yang berlebihan. Bukan pula sesuatu yang aneh. Ya, bukankah ada banyak hal yang sering terjadi diluar kendali kita?

 

via GIPHY

Untuk itu, membawa uang tambahan setidaknya cukup membantu kamu dalam keadaan darurat. Misalnya, ketika kamu kehabisan bensin di jalan, atau kamu butuh membeli sesuatu di tempat yang tidak bisa menerima transaksi digital. Tapi, ingat yah, ini untuk jaga-jaga saja, dan tetap jangan membawa uang yang terlalu berlebihan.

Jadi, sudah siap mudik di lebaran kali ini, Sobat Tiket?

[fbcomments]