,

Sakralnya Waisak dan Indahnya Festival Lampion di Borobudur

Kita semua tentunya tahu bahwa telah lama Candi Borobudur menjadi pusat perayaan Hari Raya Waisak. Hari besar milik salah satu agama tua yang ada di negeri ini. Sebuah hari raya yang tentunya mengandung berjuta makna, kesucian, dan tingkat kesakralan ibadah yang tinggi. Tahun ini, ibadah perayaan Hari Raya Waisak jatuh pada hari Kamis 11 Mei 2017. Bukan saja kesakralan dan kesucian ibadah, Hari Raya Waisak juga identik dengan sebuah festival yang begitu indah. Festival 1000 Lampion, begitu orang biasa menyebutnya.

borobudur
Sumber

Ya, sesuai dengan namanya, pada setiap perayaan Hari Raya Waisak pasti selalu ada yang namanya festival 1000 Lampion, dimana kamu akan menikmati indahnya penyalaan 1000 lampion ke udara pada malam hari. Duh, saking indahnya bisa bikin kamu cepat-cepat ingin pergi ke Borobudur dan memesan hotel di sekitar Yogyakarta untuk menginap keesokan harinya.

biksu borobudur
Sumber
lampion edit
Sumber

Bagi kebanyakan orang, menerbangkan lampion adalah sebuah ungkapan atas harapan yang ingin dicapai di masa mendatang. Begitu juga dengan Festival 1000 Lampion di Candi Borobudur yang mengekspresikan tentang harapan dan keinginan di masa yang akan datang.
Sebenarnya, perayaan Hari Raya Trisuci Waisak sendiri sudah dilakukan sejak tanggal 30 April, dan kemudian dilanjutkan pada tanggal 6-11 Mei 2017. Festival 1000 Lampion sendiri adalah acara puncak dalam rentetan perayaan Hari Raya Trisuci Waisak tersebut. Maka dari itu, enggak heran deh jika festival ini selalu menjadi event yang sangat dinanti oleh khalayak umum dari seluruh penjuru Nusantara. Selain romantis, event ini juga bisa banget bikin kamu terharu biru.

Ikut Festivalnya Boleh Banget, Tapi Ganggu Ibadahnya Jangan!

hipwee-Screen-shot-2013-05-29-at-2.04.06-PM
Sumber

Meskipun ada banyak keceriaan dan hiburan pada Festival 1000 Lampion di Hari Raya Waisak, tetap saja kita harus mengingat bahwa perayaan ini tetaplah sebuah ibadah yang harus banget kita hormati bersama. Masih ingat kan, kejadian beberapa tahun lalu ketika banyak wisatawan kurang sopan mengganggu jalannya ibadah? Jangan sampai deh, hal itu terulang kembali. Bagaimanapun juga, kerukunan umat beragama harus tetap dijunjung tinggi.

Well, Sobat Tiket, selamat merayakan Hari Raya Trisuci Waisak yah, untuk kamu semua yang merayakan!

[fbcomments]