, ,

Pergi Ke Gorontalo, Kurang Lengkap Kalau Belum Mencicipi Kuliner-Kuliner Ini

Gorontalo, propinsi di utara Pulau Sulawesi ini memang sedang menjadi buah bibir dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya ramai dibicarakan oleh para travel blogger saja, tapi hampir semua traveler. Ya, meskipun tidak sepopuler daerah-daerah lainnya di timur Indonesia, Gorontalo tetap menyimpan berbagai keindahan dan keramahan yang mampu melekat jauh di dasar memori kamu, Sobat Tiket.

Salah satu yang mungkin sulit kamu lupakan saat sedang pergi ke Gorontalo adalah makanannya. Benar banget, enggak cuma keindahan alam dan lautnya saja yang memikat, Gorontalo juga punya banyak kuliner khas yang mungkin sulit kamu temui di tempat lain. Pokoknya, usaha kamu untuk membeli tiket pesawat ke Gorontalo enggak bakal sia-sia setelah mencicipi kuliner khas ini. Dan yang pasti, pergi liburan ke Gorontalo enggak akan sempuran rasanya sebelum mencicipi kuliner khas ini.

1. Ayam Iloni
Kamu penggemar ayam bakar? Kalau begitu, kamu wajib banget mencicipi menu yang satu ini saat kamu berkunjung ke Gorontalo. Pada dasarnya, ayam iloni adalah sebuah menu ayam bakar yang proses memasaknya menggunakan teknik khusus khas Gorontalo.

ayamiloni
Sumber

Berbeda dengan ayam bakar pada umumnya, ayam bakar iloni ini dimasak dengan menggunakan santan terlebih dahulu sebelum dibakar. Hal tersebut yang kemudian menghasilkan citarasa yang khas dan sedikit lebih gurih dibanding ayam bakar pada umumnya.

2. Binte Biluhuta
Binte biluhuta adalah sebuah resep yang diturunkan secara turun temurun di Gorontalo. Binte biluhuta sendiri adalah sebuah nama yang diambil dari dua suku kata dalam bahasa Gorontalo. Binte dalam bahasa Gorontalo berarti jagung, dan biluhuta artinya siram atau disiram. Ya, secara harafiah, menu makanan ini adalah jagung yang disiram.

bintebiluhuta
Sumber

Menu makanan ini sangat khas di Gorontalo. Meskipun khas dan terdengar asing bagi warga di luar Gorontalo, namun menu makanan yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Gorontalo. Pada dasarnya, menu binte biluhuta ini mirip seperti sup jagung. Hanya saja, menu ini mempunya beberapa menu tambahan yang unik seperti parutan kelapa, taburan bawang dan jeruk nipis.

3. Ilabulo
Jika kamu familiar dan suka sekali dengan pepes ala sunda, maka bisa jadi kamu akan menyukai menu yang satu ini. Ya, sekilas menu ilabulo ini memang lumayan mirip dengan pepes sunda. Yang membedakan adalah bahan yang digunakan. Mulai dari bahan dasar, hingga rempah tambahan yang digunakan.

ilabulo_gitu
Sumber

Dalam bahasa gorontalo, ilabulo sendiri berarti sagu ati ampela. Yap, dua bahan tersebut adalah bahan kunci yang digunakan untuk membuat ilabulo. Bahan yang benar-benar tidak bisa digantikan. Sekali digantikan, maka rasa ilabulo tersebut akan berbeda. Selain itu, ilabulo juga dibuat denga menggunakan santan. Berbeda dengan pepes pada umumnya yang lebih menggunakan air.

4. Sashimi Tuna Bumbu Dabu
Loh, katanya menu kuliner khas Gorontalo, kok ada sashimi? Eits, tunggu dulu Sobat Tiket. Menu sashimi yang satu ini berbeda dengan sashimi khas negeri sakura. Memang, secara tampilan dan pengaruh, sashimi tuna khas Gorontalo ini terpengaruh banget sama sashimi khas Jepang. Namun, ada satu hal yang berbeda.

006_003_220_thumb
Sumber

Jika kamu menganggap sashimi ini memiliki rasa yang sama dengan sashimi khas Jepang, maka kamu salah besar. Sekilas, sashimi tuna ini memang sama-sama mentah. Namun yang berbeda terletak dalam cara penyajiannya. Jika sashimi khas Jepang disajikan dengan kecap asin, maka sashimi tuna khas Gorontalo disajikan dengan bumbu dabu-dabu. Sudah terbayang dong, kesegaran tercampur antara citarasa Jepang dan Indonesia Timur?

5. Kue Sabongi
Sama seperti kebanyakan daerah di Indonesia, Gorontalo juga punya camilan khas yang telah diwariskan secara turun –temurun. Buat kamu yang sedang pergi ke Gorontalo, enggak ada salahnya untuk mencicipi kue sabongi. Kue ini bisa dibilang sangat populer. Bahkan, hampir setiap rumah pasti bisa membuat kue yang satu ini.

sabongi
Sumber

Berbahan dasar pisang dan singkong, kue ini bisa dibilang cukup mudah dalam proses pembuatannya. Karena cara pembuatannya yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja, maka tidak heran jika kue ini sulit ditemukan di toko-toko roti. Namun, jika kamu benar-benar ingin mencicipi kue ini, kamu bisa memesannya secara pribadi.

Indonesia itu kaya akan citarasa kuliner. Mau coba kuliner khas lainnya di Indonesia? Pesan tiket perjalanannya di Tiket.com, bisa!