pembatalan tiket kereta

,

Perhatikan Hal-hal Berikut ini Sebelum Melakukan Pembatalan Tiket Kereta Api

Hore! Setelah sekian lama bekerja, akhirnya kamu bersama teman-teman tercinta akhirnya memutuskan untuk liburan bersama. Pastinya asik banget bisa pergi liburan bersama, apalagi dalam agenda liburan kali ini, kalian memutuskan untuk bepergian ke luar kota dengan menggunakan kereta api. Namun, rencana tinggalah rencana, ternyata karena satu dan lain hal, salah satu temanmu mendadak membatalkan perjalanan. Padahal, semua tiket kereta sudah terlanjur dibeli. Adakah dari Sobat Tiket yang mengalami hal ini? Ya, mencari cara melakukan pembatalan tiket kereta api di google memang bisa membantu. Tapi, apakah hanya itu yang perlu diperhatikan?

Bepergian ke luar kota menggunakan kereta, entah untuk liburan atau perjalanan bisnis, memang sungguh asik dan menyenangkan. Selain praktis dan cepat, naik kereta juga sekarang jauh lebih nyaman. Tapi, kalau mendadak harus batal pergi, tentunya kamu harus melakukan pembatalan tiket kereta api.

Lalu, hal apa saja yang peru diperhatikan dalam melakukan pembatalan tiket kereta api?

1. Kelengkapan Data Penumpang
Dalam melakukan refund tiket, atau pembatalan tiket kereta api, tentu saja data penumpang sangat diperlukan. Sama seperti saat melakukan pemesanan tiket kereta api, data penumpang yang sesuai dan tepat juga diperlukan saat melakukan pembatalan tiket kereta api. Hal itu untuk meminimalisir kesalahan sistem, atau juga penipuan yang merugikan banyak pihak. Intinya, kalau data penumpangnya tidak lengkap, bagaimana mungkin refund yang kamu inginkan akan sampai ke tanganmu?

2. Pengajuan Langsung ke PT.KAI
Membeli tiket kereta api memang bisa di mana saja, salah satunya adalah melaui online travel agency yang terpercaya seperti tiket.com. Tentu saja membeli tiket kereta api di tiket.com itu super aman, mudah dan sangat nyaman. Namun, meskipun begitu, Sobat Tiket perlu tahu bahwa setiap proses pembatalan tiket kereta apai dan proses refund, semuanya hanya bisa dilakukan lewat PT.KAI. Itu artinya, kamu harus mendatangi langsung stasiun keberangkatan kamu untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api atau refund. Tapi jangan khawatir, kalau kamu masih bingung akan hal ini, Customer Service tiket.com siap membantu kamu 24 jam nonstop, kok.

3. Total Biaya Refund Tidak Full
Sama seperti saat kamu memesan tiket pesawat, saat melakukan pengajuan refund tiket kereta api, atau pembatalan tiket kereta api, jumlah refund yang kamu dapatkan pastinya tidak full 100% kembali. Nilai refund ditentukan sesuai dengan waktu pengajuan pembatalan tiket kereta api yang kamu ajukan. Biasanya, kamu akan mendapatkan pengembalian atau refund sebesar 75%.

4. Surat Kuasa Jika Diwakilkan
Terkadang, jika dipesankan oleh orang lain, atau kamu sedang berhalangan untuk melakukan pembatalan, kita seringkali mengutus orang sebagai perwakilan. Untuk hal ini, tidak bisa sembarangan, kamu harus memenuhi beberapa prosedur, salah satunya adalah surat kuasa. Surat kuasa ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa kamu benar-benar mengutus orang tersebut sebagai wakil kamu untuk melakukan pembatalan tiket. Jangan sampai proses pembatalan ini tidak kamu ketahui.

5. Pengajuan Paling Lambat 30 Menit Sebelum Berangkat
Jika kalian bertanya, kapan sih paling lambat mengajukan permohonan pembatalan tiket kereta api? Jawabannya adalah 30 menit. Ya, untuk melakukan pembatalan tiket kereta yang kamu pesan, harus dilakukan paling lambat 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Setelah itu, maka tiket yang kamu pesan akan dinyatakan hangus.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat berbagai syarat tentang pembatalan tiket kereta di foto berikut ini.

Syarat dan ketentuan Pembatalan tiket kereta api.

Jadi, mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!

Naik kereta pasti makin nyaman, aman, dan mudah.