nurul bandung

Menikmati Kesenian Modern di Sudut Kota Bandung Bersama Nurul Wachdiyyah

Dengan segala keramahannya, Bandung punya banyak pesona yang seperti tidak pernah habis. Berada ratusan kilometer di selatan Kota Jakarta, ibu kota propinsi Jawa Barat ini memang punya banyak tempat wisata yang cantik. Mungkin kamu hanya berpikir bahwa Bandung hanya tempat untuk nongkrong, ngopi cantik di taman hutan, atau belanja di distro. Namun, faktanya Bandung punya lebih dari itu. Sebuah fakta indah yang mampu membuatmu tergoda untuk mencari tiket kereta atau sewa mobil ke Bandung.

Nurul Wachdiyyah, atau di blognya dikenal dengan nama Nurul Ulu, mengajak kita bermain ke beberapa tempat artsy di Bandung. Ternyata, selain punya alam yang cantik, kuliner yang beragam, dan toko fashion yang berderet, Bandung juga punya banyak tempat-tempat seni yang keren. Jadi, tempat-tempat artsy apa saja yah yang ada di Kota Bandung?

Sobat Tiket, berikut ini adalah beberapa tempat-tempat keren dan “nyeni” rekomendasi Nurul Wachdiyyah yang bisa kamu kunjungi di Kota Bandung.

1. Tobucil –Toko Buku Kecil
Toko buku, apa sih bagusnya? Mungkin awalnya beberapa dari Sobat Tiket ada yang bertanya demikian. Sudah toko buku, kecil pula. Eits, jangan pesimis dulu karena toko buku yang satu ini ada banyak hal menarik yang disajikan.

tobucil

Terletak di Jalan Panaitan 18, Bandung, Tobucil, dikenal sebagai toko buku yang legendaris. Bahkan toko buku ini sudah ada sejak awal tahun 2000-an. Selain ketemu sama buku, di sini kamu juga bisa melihat dan membeli barang-barang hasil buatan tangan para pengrajin lokal. Kalau kamu mau membuat prakarya kamu sendiri, Tobucil juga menyediakan berbagai materialnya, loh. Selain itu, Tobucil juga sering menyelenggarakan berbagai kelas yang menarik. Salah satunya adalah kelas fotografi, kelas menulis, dan bahkan kelas bikin lampion! Seru, kan? Info lengkapnya, bisa kamu cek di instagramnya di @tobucil.

2. Kineruku
Menurut Nurul, ini adalah tempat favoritnya nih, Sobat Tiket. Namanya Kineruku. Kineruku adalah sebuah toko buku yang sekaligus menjadi perpustakaan, cafe, dan toko barang bekas. Khusus untuk barang bekas, namanya Garasi Opa, lokasinya masih di dalam toko Kineruku juga. Selain punya buku yang lengkap, toko yang terletak di Jalan Hegarmanah 52 ini juga punya suasana yang adem dan jauh dari kebisingan.

kinerukuu

Di toko buku ini, ada banyak banget buku yang bisa kamu baca. Kebanyakan sih buku tentang seni dan sastra. Sambil baca buku favorit, kamu bisa memesan kopi dan eskrim, plus cemilan favorit. Kalau bosan, kamu bisa main-main ke toko barang bekas sambil foto-foto. Tapi jangan lupa minta izin dahulu yah sama yang punya toko kalau mau foto-foto.

3. Galeri NuArt / NuArt Sculpture Park
Dari sekian banyak tempat yang “nyeni” di Kota Bandung, Galeri NuArt ini bisa jadi adalah salah satu tempat paling “epic”. Ya, hal itu karena di sini ada banyak karya seni patung yang keren-keren. Selain itu, galeri ini juga punya lahan yang luas banget. Setidaknya, galeri ini punya tiga lantai ruang indoor dan juga outdoor.

Nuarts

Pernah mendengar patung Garuda Wisnukencana (GWK) di Bali, atau patung Jalesveva Jaymahe di Surabaya? Nah, di tempat ini Sobat Tiket bisa banget melihat patung sejenis. Adalah Nyoman Nuarta, sosok seniman dibalik patung-patung keren di tempat ini. Selain bisa menikmati keindahan seni rupa, tempat yang punya outdoor asri ini juga enak banget untuk sekadar duduk-duduk santai di sore hari.

4. Selasar Sunaryo
Terletak di Bandung Utara, tepatnya di Bukit Pakar Timur No. 100 Ciburial Cimenyan (Dago), ada sebuah galeri seni yang oke banget. Selain punya banyak karya seni yang ditampilkan, Selasar Sunaryo juga punya tempat yang adem. Ya, hal itu karena tempat ini hanay berbeda bukit dengan tebing keraton.

selasar

Di tempat ini, selain kamu bisa menemukan banyak instalasi seni yang menawan, kamu juga bisa nongkrong di kafe. Apalagi tempat ini dikenal punya kopi yang sedap. Selasar Sunaryo ini juga punya banyak spot yang “instagramable” banget,loh. Bahkan, tempat ini sering dijadikan lokasi untuk foto pre-wedding.

Itulah tadi beberapa tempat di Bandung rekomendasi dari Nurul Wachdiyyah. Oiya, selain 4 tempat ini, Bandung juga punya banyak lokasi artsy lainnya yang bisa kamu kunjungi seperti Omunium, Lawangwangi, Rumah Seni Sarasvati, dan banyak lainnya.

Mau tahu cerita lainnya tentang Bandung? Yuk, mampir ke blog miliknya. Klik di sini.

(Tulisan dan foto dalam artikel ini adalah hasil penulisan kembali dan bersumber dari artikel milik Nurul Wachdiyyah)

Comments

comments

Dimas KurniaDitulis Oleh:

Orangnya gampang diajak jalan-jalan.