, ,

Mengenal Kue Legendaris Dunia Yang Cuma Ada Saat Natal.

Penghujung bulan Desember akan segera tiba. Itu artinya akan ada banyak perayaan di musim liburan akhir tahun kali ini. Yang paling ramai? Apalagi kalau bukan perayaan Natal. Bagi umat kristiani di seluruh dunia, Hari Raya Natal itu adalah hari raya yang paling ditunggu-tunggu. Bahkan popularitasnya melebihi hari paskah.

Natal itu mengandung banyak potensi memori yang sulit untuk dilupakan. Nggak cuma tentang pohon natal, topi sinterklas, atau berburu tiket pesawat untuk mudik Natal. Natal itu juga tentang kebersamaan, kehangatan cinta kasih, dan pastinya kue natal!

Sobat Tiket, di seluruh penjuru dunia, perayaan Natal pasti dirayakan dengan cara yang berbeda. Namun yang pasti, dalam setiap perayaannya, kue natal nggak pernah absen untuk dihadirkan. Liburan akhir tahun dan perayaan natal memang rasanya kurang lengkap tanpa kue. Berikut ini adalah beberapa kue natal legendaris milik beberapa negara di dunia yang hanya ada saat Hari Raya Natal tiba.

1. Buche De Noel
Kue ini pada dasarnya adalah kue bolu yang digulung, dan dilapisi krim cokelat. Banyak orang yang mengenal kue ini sebagai Yulle Log karena bentuknya seperti batang kayu untuk perapian. Dari namanya saja, kita sudah tahu kalau kue atau roti ini memang identik dengan Natal (Noel).

buchedenoel
Via bettcrocker.com

Kue tradisional ini berasal dari Perancis dan mulai populer di awal tahun 1900-an. Terkadang, kue ini juga dibuat dengan bermacam variasi rasa. Selain cokelat, kue ini juga terkadang juga dilapisi dengan buah-buahan seperti jeruk, strawberry, dan cranberry.

2. Christopsomo
Yunani juga memiliki kue tradisional saat natal. christopsomo sendiri dalam bahasa Yunani berarti “Roti Kristus”. Berbeda dengan kue lainnya, christopsomo bersifat lebih sakral. Roti ini biasanya dibuat sebagai bentuk tradisi suci saat perayaan natal. Tradisi ini pun bahkan masih dilakukan oleh banyak warga Yunani sampai saat ini.

christopsomo
Sumber

Christopsomo ini pada dasarnya terbuat dari adonan tepung dengan berbagai macam isi seperti kacang pinus, anggur merah, buah kering, dan kacang-kacangan. Kesakralan roti ini bisa kamu lihat dari bagian atas roti yang berbentuk salib.

3. Panettone
Pernah makan roti yang adonannya diasamkan terlebih dahulu? Kalau belum, Sobat Tiket harus mencoba Panettone. Kue bolu tradisional asal kote mode, Milan, di Italia ini memiliki cita rasa dan bentuk yang khas. Selain bentuknya yang menyerupai kubah, roti ini juga memiliki adonan yang unik.

panetone
Sumber

Roti ini dibuat menggunakan adonan yang telah diasamkan terlebih dahulu. Adonan ini lebih dikenal dengan nama “Sourdough”. Untuk isi, roti yang pertama kali dibuat pada tahun 1490 ini tidak jauh berbeda dengan fruitcake lainnya, yaitu menggunakan buah-buahan kering.

4. Stollen
Mungkin beberapa dari kalian sudah akrab dengan kue natal asal Jerman ini. Stollen adalah sebuah kue yang dibuat dari adonan yang dicampur dengan manisan buah, kulit lemon, dan kacang almond. Adonan ini sebelumnya dicampur terlebih dahulu dengan rum, sehingga lebih wangi.

stollen
Sumber

Roti ini berbentuk oval, dengan taburan gula di atasnya. Roti ini juga cukup unik, karena jika disimpan lama, justru memiliki cita rasa yang lebih lezat dan harum. Sungguh pelengkap yang manis untuk merayakan natal dan liburan akhir tahun.

5. Julekage
Roti asal Skandinavia ini memang terkenal memiliki rasa dan aroma yang khas. Roti berjenis fruitcake ini merupakan camilan favorit warna Denmark. Julekage sendiri memiliki arti “Roti Yule”. Roti Yule sendiri merupakan kue tradisional yang biasa disajikan saat natal di beberapa negara Eropa dan Amerika.

julekage

Aroma harum kue ini berasal dari cardamom, dan kadang diganti menggunakan rempah seperti pala atau kayu manis. Julekage sangat lezat bila disantap saat fresh from the oven, apalagi dengan ditambah taburan gula halus di atasnya