lokasi sunset di Yogyakarta

,

Mengejar Sunset Paling Hits di Yogyakarta

Ketika hari perlahan usai, senja pun mulai berlabuh, dan akhirnya kita menantikan saat dimana matahari beranjak pulang. Sunset selalu menjadi hal indah yang selalu jadi incaran para fotografer.  Tidak hanya ingin menangkap kemagisan dari cahaya-cahaya keemasan di cakrawala, tetapi juga momen penting yang bisa menjadi kenangan abadi di kepala kita.

Kalau kamu merupakan seorang pengejar sunset, datanglah ke kawasan Yogyakarta. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali spot yang bisa kamu gunakan sebagai lumbung untuk menangkan sunset yang menakjubkan itu. Berikut referensi yang bisa kamu datangi saat ini juga ketika berada di Yogyakarta.

1. Kalibiru
Kalibiru memang sudah dikenal dengan pemandangannya yang memukau. Di siang hari kamu akan menemukan pemandangan hijau khas pegunungan yang bisa dinikmati dari ketinggian. Kawasan ini juga kerap digunakan sebagai lokasi outing di mana banyak spot untuk menguji nyalimu dengan menaiki pohon, berjalan di atas tali atau meluncur dari ketinggian.

Kalibiru
Via @rinasubiyanto

 

Saat malam mulai datang, langit-langit di kawasan ini berubah jadi kuning keemasan. Kamu akan mendapatkan suasana magis seiring matahari mulai menghilang dan berganti malam. Saat senja datang, usahakan berada di atas pohon entah untuk sekadar menikmati suasana atau mengabadikannya lewat kamera.

2. Ratu Boko
Tempat kedua yang bisa kamu jadikan referensi dalam rencana perburuan sunset adalah Komplek Ratu Boko. Di bangunan yang konon dibuat pada abad ke-8 ini kamu bisa menikmati keindahan sunset yang lain dari yang lain. Di sini kamu bisa menikmati matahari yang terbenam melalui sebuah pigura yang sejatinya merupakan pintu gerbang ke kawasan kerajaan.

Ratu Boko
Via 

 

Dari pintu gerbang yang berbentuk kotak ini matahari akan bersinar dengan sangat terang secara perlahan-lahan. Kamu bisa menunggu dengan sabar hingga akhirnya sunset indah itu tiba di tengah-tengah pintu gerbang. Saat musim panas, biasanya Ratu Boko banyak dikunjungi fotografer yang ingin menyaksikan langsung sunset penuh pesona yang konon punya daya magis.

3. Pantai Parangtritis
Saat pagi atau siang hari, Pantai Parangtritis adalah lokasi yang tepat untuk bermain. Kamu bisa menjejaki pasir hitam di pantai, bermain dengan ombak meski jangan ke tengah, naik delman keliling pantai, dan berburu kuliner lokal yang sangat nikmat. Beranjak sore, kamu bisa menunggu hadirnya sunset yang bisa membuatmu betah berdiam diri hingga akhirnya gelap pun datang.

Parangtritis
Via 

 

Sunset di Pantai Parangtritis tidak dihalangi oleh pegunungan. Kamu bisa melihat langsung lembayung senja yang memukau di ufuk barat. Kalau langit tidak mendung, cahaya keemasan akan memenuhi langit hingga rasanya sayang kalau tidak diabadikan dengan lensa kamera hingga gelap tiba.

4. Bukit Parang Endog
Tidak jauh dari kawasan Parangtritis, kamu bisa menemukan sebuah kawasan perbukitan yang memiliki view langsung ke laut selatan. Dari atas bukit yang dulunya merupakan landasan paralayang ini kamu bisa duduk santai sambil menikmati detik-detik pergantian siang dan malam dengan nyaman sambil menangkapnya di dalam kamera.

Bukit Parang Endog
Via http://www.yukpiknik.com/wp-content/uploads/2015/02/bukit-parang-endog.jpg

 

Setiap sore, Bukti Parang Endog selalu dikunjungi oleh muda-mudi yang hobi fotografi. Mereka ingin mengabadikan setiap momen keindahan yang terlukis jelas di langit. Kalau kamu seorang sunset hunter, kawasan ini adalah daftar penting yang harus dikunjungi sesegera mungkin.

5. Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di perbukitan Gunungkidul. Di tempat ini kamu akan menemukan sebuah danauh buatan yang digunakan sebagai sarana rekreasi dan juga sebagai tempat pengairan dari kebun buah dan sayur yang terletak di sekitarnya.

Embung Nglanggeran
Via 

 

Sejak diresmikan oleh Hamengkubuwowno ke X di tahun 2013 silam, kawasan ini selalu saja ramai dikunjungi ketika sore hari. Puluhan orang rela menanti dengan sabar turunnya matahari dari langit hingga akhirnya menimbulkan cahaya keemasan yang sangat memukau. Di sini kamu bisa berburu foto atau sekadar diam menikmati keindahan melalui mata telanjang.

Inilah lima lokasi yang sangat direkomendasikan kalau kamu ingin mengejar sunset di Yogyakarta. Jadi lokasi mana dulu nih yang akan kamu kunjungi?